Cara Reset HP OPPO paling Mudah Dilakukan

Posted on

Oppo memang saat ini menjadi salah satu merk smartphone android yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Seperti kebanyakan smartphone pada umunya, pengguna Oppo pun dapat membuat smartphone semakin aman dengan cara menguncinya.

Ya, ada beberapa opsi penguncinya yang ditawarkan, salah satu kunci dengan kata sandi atau dengan kode.

Metode penguncian tersebut memang banyak diminati para pengguna Oppo, tapi terkadang seseorang bisa lupa kode atau sandi mereka. Jika lupa tentunya pengguna tak akan bisa mengakses atau menggunakan smartphonenya.

Lantas apa yang harus dilakukan? Biasanya jika lupa kode penguncian, banyak penggunanya yang melakukan reset Hp. Lalu bagaimana cara reset Hp Oppo? Bagi yang belum mengetahuinya, bisa untuk langsung simak ulasan lengkapnya seperti berikut.

Cara Reset Hp Oppo dengan Simpel

Cara Reset HP Oppo Untuk Semua Tipe Jika Lupa Password

Hp memang sekarang ini menjadi alat yang sangat penting, terlebih smartphone sebab penggunaannya tak sekadar untuk melakukan panggilan telepon atau SMS.

Ada berbagai kegiatan dapat dilakukan di smartphone, seperti menerima atau kirim email, membuat laporan pekerja, melakukan editing foto dan video, berjualan online, dan bahkan melakukan transaksi keuangan.

Karena hal tersebut, saat smartphone tidak dapat dibuka karena lupa password, jelas akan membuat anda panik. Nah, HP Oppo sendiri memang cukup banyak memiliki tipe atau varian.

Tapi hampir semua tipe smartphone ini dapat direset dengan cara yang hampir sama, sehingga anda tak perlu terlalu pusing memikirkan cara reset. Langsung saja inilah cara mudah lakukan reset HP jika lupa password.

Dengan Metode Forget Password

Cara satu ini termasuk cukup mudah untuk dilakukan dan kemungkinan besar bisa berhasil. Jika anda memang lupa password atau pola kunci anda, maka bisa melakukan reset password.

Caranya cukup mudah, tinggal klik Forget Password yang akan muncul jika salah beberapa kali memasukan kata sandi atau pola. Setelah klik, maka akan diarahkan ke halaman akun Gmail.

Anda akan diminta untuk memasukkan akun Gmail atau email yang digunakan untuk smartphone tersebut, masukan email dan password email dengan benar, anda pun nantinya akan diminta untuk membuat password baru, sehingga password lama akan direset secara otomatis.

Dengan Factory Reset

Cara selanjutnya ini bisa dilakukan jika memang lupa dengan password dan alamat email yang terhubung dengan HP Oppo tersebut. Karena lupa, tentunya anda tidak akan bisa melakukan cara sebelumnya, maka dari itu silakan untuk menggunakan metode Factory Reset.

Cara satu ini pun termasuk mudah, jadi tinggal tekan saja tombol volume bawah dan power secara bersamaan, tekan dan tahan kurang lebih 5 detik. Nantinya layar smartphone akan menunjukan halaman recovery mode

Pada halaman ini silahkan pilih opsi Factory Data Reset, kemudian pilih Delete All Users. Tunggu sampai semua proses terselesaikan dan setelah itu silahkan untuk memilih Reboot System Now untuk restart HP OPPO kamu.

Tapi perlu diketahui cara satu ini akan membuat Hp seperti baru alias semau data yang tersimpan akan hilang, karena hal ini memang penting untuk selalu melakukan backup data.

Itulah beberapa cara reset Hp Oppo jika memang anda lupa password atau pola penguncian smartphone. Bagaimana mudah sekali dilakukan bukan?

Langkah untuk Reset HP Oppo Dengan Mudah

Langkah untuk Reset HP Oppo Dengan Mudah

Jika cara di atas adalah cara yang dilakukan jika smartphone sudah terkunci dan tidak bisa dibuka dikarenakan lupa password, maka cara berikutnya ini dilakukan jika memang anda dengan sengaja akan melakukan reset HP.

Biasanya ada berbagai alasan seseorang melakukan reset Hp, salah satunya adalah karena akan menjual ponsel pintar tersebut.

Ya, agar ponsel seperti baru dan data yang ada di ponsel bisa terhapus dengan cepat maka salah satu caranya adalah dengan reset ponsel. Untuk beberapa caranya adalah sebagai berikut.

Cara Reset Menggunakan Menu Setting

Cara dapat dilakukan adalah menggunakan atau memanfaatkan menu setting pada smartphone. Cara satu ini juga termasuk mudah dilakukan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini ada beberapa cara atau langkah dapat dilakukan.

  1. Pertama silakan untuk buka menu Settings atau Pengaturan
  2. Kemudian, setelah masuk ke menunya anda bisa untuk temukan opsi “Additional Settings” yang berada di bawah, klik untuk pilih opsi tersebut
  3. Selanjutnya bisa pilih dan klik opsi “Backup dan Reset”
  4. Nanti akan ada dua pilihan yang bisa dipilih
  5. Jika ingin melakukan proses mereset ponsel, namun tetap ingin menyimpan beberapa datanya seperti foto dan musik, silakan untuk pilih pilihan pertama, yaitu “Erase Phone Storage”
  6. Tapi jika memang ingin mereset dan menghapus semua data tanpa tersisa agar smartphone seperti baru, pilih yang kedua, yaitu “Remove All Contents and Settings/Reset Phone”
  7. Setelah sudah memilih, tinggal tunggu saja sampai prosesnya selesai dan Hp sudah siap untuk digunakan kembali.

Itulah beberapa cara dapat dilakukan untuk mereset HP yang bisa dilakukan. Jika memang butuh reset HP, maka silakan lakukan salah satu cara di atas.

Manfaat Dari Factory Reset

Manfaat Dari Factory Reset

Fungsi paling umum diketahui dari fitur Factory Reset pada smartphone adalah untuk mengembalikan ponsel agar memiliki keadaan seperti dari pabrik, dan berguna juga untuk membersihkan data yang tak diinginkan atau ingin dihapus.

Tapi fungsinya tak sekadar itu saja. Ya, masih ada beberapa fungsi lain dari Factory Reset. Apa sajakah fungsinya? Langsung saja inilah beberapa fungsinya.

1. Mangatasi Android yang Lemot

Seiring penggunaannya, ponsel pintar anda jelas akan terasa makin berat atau lemot ketika digunakan. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah anda dapat mereset Hp dengan Factory Reset.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika dengan ini smartphone bisa memiliki kondisi baru seperti dari pabrik. Itu berarti pengaturan ponsel pun akan kembali seperti pengaturan pabrik.

Nah, setelah melakukan factory reset, maka smartphone Oppo akan bersih dari cache, bookmark, history, temporary files, dan lainnya, dengan demikian performa smartphone bisa lebih cepat dan tanpa lemot.

2. Membersihkan Malware dan Virus

Fungsi selanjutnya adalah dapat membersihkan malware dan juga virus yang ada di smartphone. Malware dan virus memang harus segera dibersihkan, sebab keduanya dapat merusak sistem smartphone sehingga smartphone tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Membersihkan malware dan virus memang dapat dilakukan dengan menggunakan anti virus, tapi bisa juga menggunakan pembersih factory reset.

Itulah beberapa fungsi dari factory reset. Jika memang ingin reset smartphone maka bisa melakukan beberapa langkah di atas, lakukan dengan benar agar tidak terjadi kerusakan pada smartphone anda.

Jika dilakukan dengan benar dan dengan teliti, maka tentunya tak perlu meminta bantuan orang lain apalagi teknisi HP, tapi jika ragu maka silakan meminta bantuan kepada orang yang sudah pernah mencoba. Semoga informasinya bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *