Berbagai Cara Reset HP Vivo Dengan Mudah

Posted on

Di Indonesia memang makin banyak sekali merk smartphone dari China, salah satunya adalah Vivo. Ya, merk satu ini memang cukup populer di Indonesia, mungkin saja anda adalah penggunaan smartphone ini.

Karena sebagian pengguna tentunya anda cukup sering mencari berbagai informasi yang berkaitan dengan Vivo. Nah, informasi yang cukup sering dicari oleh pengguna ponsel pintar ini adalah cara reset hp Vivo.

Apakah anda juga mencari informasi tersebut? Jika iya, maka sudah menemukan artikel yang tepat. Ya, pada artikel ini akan memberikan informasi seputar cara untuk reset ponsel Vivo.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, maka silakan untuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut.

Cara reset hp Vivo

Apa itu Reset HP?

Bisa saja masih ada yang cukup bingung dengan reset dan restart. Memang keduanya hampir terdengar cukup mirip. Tapi tetap saja baik reset dan restart adalah dua hal yang berbeda.

Nah, reset sendiri merupakan cara yang tidak sekadar untuk menghapus data pada ponsel, tapi juga merupakan cara yang digunakan agar smartphone atau ponsel bisa memiliki keadaan seperti pertama kali beli atau tampilan dan pengaturannya seperti pengaturan pabrik.

Dengan reset maka semua file pada smartphone akan terhapus secara otomatis, dan yang tersisa adalah software yang memang dipasang oleh pabrik. Lantas apa itu restart?

Restart merupakan sebuah proses memuat ulang sebuah perangkat seperti smartphone, proses ini dilakukan agar perangkat tersebut bisa menyala kembali seperti sebelumnya. Jika me-restart maka ponsel akan otomatis mati dan menyala beberapa saat kemudian.

Tak sekadar itu, ada juga perbedaan lain antara dua hal tersebut.

Jika reset maka semua data bisa hilang sehingga ada baiknya untuk mengamankan data terlebih dahulu atau backup data, sedangkan restart tidak akan menghilangkan data sama sekali, jadi tak perlu melakukan pengamanan data terlebih dahulu.

Selain itu, restart juga cukup mudah dilakukan, biasanya tinggal menekan tombol power, kemudian pilih “Restart”, dan prosesnya pun dimulai. Lantas bagaimana cara reset HP Vivo?

Cara Mudah Reset HP Vivo

Langkah reset hp Vivo

Ada beberapa cara dapat dilakukan untuk melakukan reset Hp Vivo. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa caranya yang dapat dilakukan.

1. Reset Menggunakan Tombol

Pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan tombol pada smartphone. Ini menjadi cara yang cukup mudah untuk dilakukan. Langsung saja berikut ini adalah beberapa langkah-langkanya.

  1. Langkah pertama adalah untuk bisa mematikan ponsel
  2. Jika sudah, bisa tekan Volume Up, Home, dan Power secara bersamaan
  3. Selanjutnya, tinggal menunggu saja hingga muncul logo Vivo pada layar
  4. Langkah selanjutnya anda bisa menggunakan tombol Volume Down untuk mendapatkan navigasi, lalu pilihlah Wipe Data/Factory Reset.
  5. Kemudian, pilih tombol Power agar dapat melakukan konfirmasi pilihannya
  6. Selanjutnya silakan pilih “Hapus semua data pengguna” dan kemudian tekan tombol power untuk melakukan verifikasi
  7. Setelah proses reset berjalan, akan muncul opsi “Reboot system now” dan tekan tombol daya agar ponsel bisa untuk melakukan reset otomatis.

2. Menggunakan Menu Setting

Selain menggunakan tombol, anda juga dapat menggunakan menu setting. Untuk menggunakan menu setting pun cukup mudah dilakukan. Untuk caranya bisa langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama tentunya perlu untuk mengakses menu Settings atau Pengaturan yang ada di smartphone. Sebelum itu pastikan terlebih dahulu baterai tidak kurang dari 50 persen agar perangkat tidak mati saat proses reset berjalan
  2. Kedua, scroll sampai menemukan opsi yaitu “More Settings” atau “Pengaturan Lainnya” jika sudah menemukannya silakan pilih “Backup and Reset” (Cadangkan dan Reset)
  3. Perlu diketahui juga bahwa intuk ponsel Vivo, ada beberapa opsi yang akan tersedia saat mengembalikannya ke pengaturan pabrik, salah satunya ada pilihan untuk “Hapus semua data” atau Erase all data. Jika ingin menghapus semua bisa pilih opsi tersebut
  4. Lanjutkan dengan memberi tanda centang di bagian “Format phone storage” selanjutnya bisa klik tombol “Clear Now”
  5. Hp pintar atau smartphone anda pun akan restart secara otomatis.
  6. Nah, proses reset yang selesai dan berhasil atau sukses ditandai dengan adanya layar home di layar.

3. Reset Menggunakan Google Find My Davice

Langkah selanjutnya ini bisa dilakukan untuk melakukan reset smartphone dari jarak jauh. Ya, ini bisa dilakukan jika smartphone anda dicuri atau hilang.

Agar rahasia dalam smartphone tidak terbongkar, maka bisa reset dengan menggunakan Google Find My Davice. Untuk lebih jelasnya mengenai caranya bisa menggunakan beberapa cara atau langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah silakan untuk bisa membuka link Google Find My Device lewat komputer dan masuk menggunakan akun Google yang biasa digunakan.
  2. Setelah itu, anda akan dibawa masuk ke Android device manager, pada halaman ini pilihlah “Opse Secure & erase device”
  3. Tap atau klik opsi “Erase device”, nantinya semua data dari ponsel akan terhapus

4. Menggunakan Panggilan Dial

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan panggilan dial. Tapi untuk cara yang satu ini tidak bisa digunakan untuk semua versi hp Vivo. Jadi sebelum menggunakan cara ini ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu apakah Vivo anda bisa menggunakan cara ini atau tidak.

Meksipun demikian, cara satu ini tergolong praktis, jadi dimintai oleh banyak orang. Nah, jika memang ingin menggunakan cara ini, maka silakan untuk melakukan panggilan dial dengan menekan * # * # 7780 # * # *.

Itulah beberapa cara yang dao dilakukan untuk reset HP Vivo anda. Silakan pilih saja cara yang menurut anda paling mudah dilakukan. Perlu diketahui juga jika ada beberapa kegunaan atau manfaat, dan juga kerugian dari reset HP.

Apakah anda sudah mengetahui tentang manfaat dan kerugian dari reset smartphone atau HP?

Manfaat dan Kerugian dari Reset Smartphone

Sebagai pengguna Vivo jelas anda tak bisa asal melakukan factory reset atau reset kembali ke pengaturan pabrik. Ini dilakukan memang karena ada alasan tertentu, misal tiba-tiba lupa password smartphone, atau sebagainya.

Nah, anda pun harus mengetahui beberapa kelebihan dan kerugian dari factory reset.

Untuk kelebihannya sendiri ada cukup banyak, seperti:

  • Berguna untuk menghapus virus atau malware berbahaya di smartphone.
  • Bisa membuat performa smartphone semakin optimal sehingga smartphone tidak akan nge-lag atau macet-macet saat digunakan.
  • Bersihkan file tidak berguna lebih mudah dan cepat.
  • Bisa digunakan untuk membuat memori atau penyimpanan telepon menjadi lebih longgar.

Karena beberapa kelebihan tersebut memang banyak orang memilih untuk melakukan factory reset, terlebih lagi jika akan menjual kembali smartphonenya. Tapi sebelum melakukan factory reset, ada baiknya juga untuk mengetahui kerugiannya.

Ya, selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan atau kerugian jika melakukan factory reset.

Beberapa kerugian yang bisa terjadi antara lain adalah bisa saja menyebabkan masalah pada software, kemudian dapat menyebabkan aplikasi eror, dan pastinya akan membuat data smartphone hilang permanen.

Jadi itulah beberapa manfaat dan juga kekurangan dari reset smartphone Vivo. Jadi bagaimana apakah anda masih tertarik untuk me-reset HP Vivo anda? Jika memang sudah yakin, tentunya bisa langsung saja untuk melakukan beberapa cara reset Hp Vivo di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *