4 Cara Reset HP Vivo Y91 dengan Mudah!

Posted on

Vivo meluncurkan HP terbarunya pada akhir 2018 lalu dengan harga dibawah 3 jutaann. Keunggulan ditawarkan sangat menarik dengan keunggulan dari baterai dan peforma.

Jika anda adalah pengguna HP Y91 maka anda pasti puas dengan peformanya. Inilah yang menjadi daya tarik pembeli HP Y91 ini.

Namun seiring dengan waktu pasti HP Y91 akan mengalami sejumlah masalah seperti hang, tak dapat melakukan dan menerima panggilan, aplikasi sering terhenti dan lain sebagainya. Ini adalah hal yang wajar terutama jika HP Y91 anda terinstal banyak apilikasi serta mempunyai intensitas penggunaan yang sangat sering.

Jika hal itu terjadi, jangan buru-buru membawa ke tukang service sebab ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi itu semua yaitu adalah dengan melakukan reset.

Reset juga dilakukan saat pengguna lupa PIN atau password pembuka layar kunci (lockscreen).

Jika anda mengalami kendala diatas dan ingin melakukan reset untuk HP Y91 anda maka anda bisa membaca artikel ini sampai habis.

4 Cara Reset HP Vivo Y91 dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Reset berasal dari kata reset factory yang secara harfiah berarti reset pabrik. Reset akan membuat ponsel kembali ke setelan awal yang dilakukan oleh pabrik. Karena itulah disebut dengan reset factory.

Secara umum terdapat dua jenis reset yaitu hard reset dan soft reset. Hard reset berarti menghapus seluruh data yang ada di ponsel termasuk aplikasi, video, dokumen, musik, foto dan lainnya.

Oleh sebab itu disarankan untuk melakukan backup atau pencadangan data dengan memindahkan data anda ke perangkat lain seperti flashdisk, komputer, hardisk, atau di layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.

Cara Reset HP Vivo Y91 Melalui Pengaturan

Langkah reset hp Vivo

Ini adalah cara termudah yang bisa anda lakukan. Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  1. Pertama, masuk ke bagian Settings.
  2. Setelah itu klik More settings.
  3. Gulir ke bagian bawah dan anda akan melihat bagian Backup & Reset. Klik Backup & Reset.
  4. Pilih opsi Erase all data.
  5. Gulir kembali dan pilih Format phone storage.
  6. Klik tombol Clear Now (Reset Phone).
  7. Terakhir masukan PIN atau pola.

Selain cara diatas, masih ada cara lainnya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengakses Recovery Mode.

Cara Reset HP Y91 Melalui Recovery Mode

Cara Reset HP Y91 Melalui Recovery Mode

Cara reset HP Y91 melalui recovery mode ini biasanya dilakukan saat seseorang lupa PIN atau sandi pembuka HP. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Matikan HP Y91 anda.
  2. Tekan tombol power dan volume up.
  3. Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut setelah muncul logo Vivo pada layar. Selanjutnya HP akan masuk ke recovery mode dimana navigasi harus menggunakan tombol fisik.
  4. Pilih Hapus semua data pengguna lalu konfirmasi.
  5. Setelah itu ponsel akan mulai melakukan reset.
  6. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Cara reset HP Vivo dengan Kode Dial

Yang unik dari HP Vivo adalah pengguna dapat melakukan reset dengan cara yang sangat mudah, praktis, dan cepat hanya dengan menggunakan kode dial.

Adapun caranya adalah dengan menekan tombol # #7780## .

Cara Reset HP Y91 dengan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Google Find My Mobile. Dengan aplikasi ini anda dapat melakukan reset HP Y91 anda.

Sebenarnya aplikasi Google Find My Device ini dibuat untuk membantu seseorang yang kehilangan HP baik karena kecerobohan dalam meletakan di dalam rumah atau antisipasi kemungkinan terburuk saat HP Y91 dicuri.

Saat HP Y91 dicuri maka artinya pencuri juga mencuri data yang ada di HP. Guna mencegah kehilangan data yang ada di HP, Google Find My Device dilengkapi dengan fitur reset agar semua data dapat hilang sehingga data tercegah dari pencurian.

Inilah yang nantinya kita manfaatkan untuk melakukan reset. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama buka Google Find My Device yang dapat anda akses melalui komputer anda.
  2. Setelah itu buka Android Device Manager.
  3. Pilih Open Secure & Erase Device.
  4. Tunggu hingga proses penghapusan selesai dilakukan.

Manfaat Reset HP Y91

Bagi pengguna HP Y91 yang melakukan reset karena terjadi masalah di ponselnya, ternyata tak hanya dapat memperbaiki ponsel yang bermasalah, reset juga dapat berefek baik bagi ponsel. Berikut ini beberapa manfaat melakukan reset HP Y91:

  1. Reset dapat Menghapus Virus dan Malware

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Salah satu manfaat besar yang dapat diperoleh dengan melakukan reset adalah dapat menghilangkan virus dan malware yang menyerang. Virus dan malware kerap menyelinap dalam aplikasi yang kita instal, website yang kita kunjungi, dan game yang kita mainkan.

Virus dan malware sangat berbahaya bagi kelangsungan HP Y91 karena dapat menurunkan peforma, meruak baterai, dan merusak sitem secara keseluruhan.

Keberadaan virus dan malware kerap tak disadari oleh pemilik ponsel. Oleh sebab itu sangat mungkin ponsel yang anda gunakan memiliki virus di dalamnya.

Dan dengan melakukan reset anda telah melakukan langkah penghapusan virus dan malware secara efektif.

  1. Reset dapat Meningkatkan Peforma HP Y91

Meningkatkan Peforma Android

Sebagian orang melakukan reset agar peforma HP Y91 nya menjadi semakin andal. Hal ini sangat wajar sebab data yang ada di ponsel akan dihapus selama reset berlangsung dan akibatnya peforma HP Y91 akan semakin baik.

Setiap aplikasi yang anda instal, website yang anda kunjungi, adan plikasi yang anda gunakan akan mengumpulkan data untuk diproses. Sebagian proses ini tak berlangsung di server melainkan di ponsel anda. Demikian juga data, sebagian data tak disimpan dalam server namun dalam memori HP anda dan inilah yang menurnkan peforma.

Resiko Melakukan Reset pada HP Y91

Dibalik kelebihan yang telah disebutkan diatas, ternyata ada juga kerugian melakukan reset HP Y91. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menjadikan reset sebagai opsi terakhir jika cara lain dalam melakukan reset HP Y91 tak dapat dilakukan.

Selain itu jangan lakukan reset terlalu sering karena akan menyebabkan masalah besar nantinya. Adapun resiko yang bisa terjadi adalah:

  1. Masalah Pada Software

Resiko pertama yang bisa terjadi adalah terjadi masalah pada sisi software yang bisa saja mengalami masalah yang cukup serius. Ini adalah dilema yang sering dihadapi oleh pengguna HP Y91.

  1. Menghapus Semua Aplikasi, File, dan Pengaturan

Beberapa aplikasi telah sangat menunjang serta telah mengumpulkan begitu banyak data. Melakukan reset akan menghapus semua data ini sehingga nantinya anda tak akan dapat mengakses aplikasi yang sama dengan cara yang sama.

Sebagian besar aplikasi menyediakan backup ke layanan cloud yang bisa anda lakukan. Namun masalah lainnya adalah kehilangan data yang mungkin tak sadar belum dibackup sebelum reset.

Selain itu pengaturan akan kembali ke pegaturan pabrik sehingga setelah reset kita harus melakukan pengaturan yang sesuai dengan keinginan kita lagi dan ini cukup merepotkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.