Cara Order Shopee Food, Mudah Anti Ribet!

Posted on

Shopee menjadi salah satu marketplace yang sangat popular di Tanah Air. Keberadaannya sendiri sudah menawarkan berbagai macam jenis layanan seperti ShopeeFood.

Adapun cara order Shopee Food sendiri sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Hanya saja masih banyak orang bingung dalam melakukannya.

Seperti sudah diketahui, selama ini pengguna mungkin akan berpikir apabila marketplace tersebut hanya menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, kosmetik, elektronik dan lainnya bukan?

Nah, ternyata didalamnya, anda juga bisa memesan layanan pesan antar makanan dengan mudah berkat adanya layanan Shopee Food.

Apa Itu Shopee Food

Apa Itu Shopee Food?

Walaupun sudah tidak asing lagi buat sebagian besar orang, tetapi keberadaan ShopeeFood mungkin masih terdengar cukup asing bukan? Nah, ini adalah layanan pesan antar makanan online dimana dimiliki oleh pihak Shopee.

Layanan tersebut juga mempunyai kemiripan dengan GrabFood ataupun GoFood. Hanya saja, masih terintegrasi langsung dengan aplikasi Shopee Utama.

Kendati masih terbilang baru karena dirilis pada tahun 2020 kemarin, tetapi pengguna dari layanan ini pun semakin banyak.

Dengan adanya service itulah diharapkan akan memberikan kemudahan bagi para pengguna Shopee ketika akan memutuskan buat memesan makanan.

Sayangnya, ShopeeFood sendiri memang baru bisa dinikmati di beberapa kota besar saja seperti Jakarta. Tetapi jangan khawatir, karena jumlah penggunanya semakin banyak, maka kemungkinan besar akan berkembang secara merata.

Bagaimana Cara Kerja dari Layanan Tersebut

Selain mengetahui sekilas mengenai ShopeeFood tersebut, anda juga harus memahami bagaimanakah cara kerjanya. Adapun cara kerjanya sendiri juga sama seperti dengan aplikasi pesan antar lainnya yang sudah ada di Tanah Air.

Selain itu, juga terdapat merchant, driver ataupun konsumen.

Agar konsumen semakin paham dengan layanan satu ini, maka perlu mengetahui sedikit alur dari cara kerja ShopeeFood tersebut.

  1. Pertama, konsumen bisa langsung melakukan order via Shopee Food dengan cara memilih toko atau merchant yang sudah tersedia. Konsumen bisa memilih menu, metode pembayaran dan lainnya
  2. Berikutnya, apabila sudah menyelesaikan orderan, maka pihak merchant akan langsung menyiapkan makanannya
  3. Kemudian driver akan langsung menuju ke merchant bersangkutan untuk mengambil orderan tersebut.
  4. Orderan tadi akan langsung diantar ke alamat tujuan. Apabila pembeli memilih pembayaran sistem COD, maka harus melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah di aplikasi.

Cara Memesan Makanan di Shopee Food

Bagaimana Cara Order Shopee Food

Tak bisa dipungkiri apabila popularitas dari layanan Shopee inipun semakin menanjak naik dari waktu ke waktu. Bahkan bisa disandingkan dengan aplikasi pesan antar yang sudah ada sebelumnya.

Dan sampai disini, konsumen pastinya ingin sesekali memesan makanan via aplikasi marketplace tersebut bukan, tetapi masih bingung dalam melakukannya.

Sebenarnya untuk melakukan order tidaklah sulit untuk dilakukan, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Diantaranya adalah sudah mempunyai akun Shopee dan memasang aplikasinya di Smartphone sehingga akan memberikan kemudahan dalam order.

Jika sudah, anda bisa langsung melanjutkan proses berikut ini untuk melakukan pemesanan makanan.

Buka Aplikasi

Setelah pembeli sudah berhasil menginstall aplikasi, maka dapat segera membukanya dan login menggunakan akun yang sudah terdaftar sebelumnya.

Kemudian akan muncul kolom pencarian di halaman utama, disinilah, anda dapat segera mengetikkan ShopeeFood. Jika sudah maka pengguna akan menemukan pilihan menu ShopeeFood, pembeli bisa memilihnya.

Pilih Alamat dan Cari Merchant

Setelah membuka layanannya, maka Shopee akan mencari alamat dan pastikan mengaktifkan lokasi di smartphone sehingga hasilnya akan jauh lebih akurat.

Tunggu beberapa saat maka akan langsung ditampilkan merchant atau toko yang dekat dengan lokasi pembeli.

Apabila konsumen hendak melakukan pencarian, maka bisa langsung mengetikkan merchant ataupun makanannya. Apabila sudah menemukan toko yang tepat maka bisa segera mengkliknya.

Mulai Memilih Menu

Jika sudah masuk ke dalam merchant yang diinginkan, anda dapat memilih makanan ataupun minumannya. Jangan lupa melakukan klaim voucher buat menghemat biaya pengeluaran untuk berbelanja nantinya.

Untuk melakukan klaim sendiri cukup mudah, yakni dengan menekan tombol klaim dan selamat voucher sudah bisa digunakan. Apabila sudah menemukan pilihan makanan tepat, maka bisa segera klik checkout.

Melakukan Konfirmasi Orderan

Langkah berikutnya, pengguna akan dialihkan ke halaman konfirmasi pesanan atau order. Disinilah, terdapat beberapa hal yang akan ditampilkan mulai dari alamat, jumlah order hingga metode pembayarannya.

Pastikan pembeli mengecek bagian alamat dan jumlah pesanannya dengan benar. Apabila sudah, jangan lupa melakukan klaim voucher untuk menghemat biaya pengeluaran. Berikutnya, anda akan diminta untuk memilih metode pembayarannya.

Pilih Metode Pembayaran dan Checkout

Shopee sendiri ternyata hanya menyediakan 2 metode pembayaran yakni Shopeepay atau COD. Apabila pembeli tidak mempunyai saldo Shopeepay, maka bisa langsung menggunakan COD.

Berikutnya, anda bisa langsung melanjutkan proses checkout. Disinilah, konsumen sudah menyelesaikan orderan dan tinggal menunggu driver mengantarkan pesanan ke alamat rumah.

Tips Lebih Hemat Pesan di ShopeeFood

Melakukan order di layanan Shopee ini sendiri sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Terlebih lagi bagi seseorang yang jarang masak, tentu memesan makanan bisa menjadi pilihan paling recommended.

Tetapi apabila terus menerus memesan makanan secara online, maka akan membuat dompet semakin kering bukan?

Oleh sebab itulah jika ingin berbelanja di Shopee Food maka harus mengetahui dahulu bagaimanakah tips untuk berhemat tersebut. Caranya sendiri tidaklah sulit dilakukan, konsumen bisa langsung memperhatikan beberapa tips berikut.

Jangan Lupa Bandingkan Harga

Perlu diingat bahwa di Shopee Food sendiri, pengguna tidak hanya akan menemukan 1 toko saja melainkan ada banyak. Sebagai contohnya adalah kategori minuman kekinian, pastinya anda akan menemukan banyak toko yang menyediakannya bukan.

Itulah mengapa sebelum anda memutuskan untuk membelinya, maka jangan sampai lupa agar melakukan perbandingan terlebih dahulu dari toko satu ke lainnya.

Tetapi jangan lupa agar tetap memperhatikan kualitas makanannya. Jangan hanya asal murah tetapi ternyata kualitasnya cukup buruk.

Membeli Ketika Sedang Promo

Anda pastinya tidak ingin bukan apabila dompet kering dengan cepat akibat menggunakan layanan diatas? jika ya, maka bisa mengakalinya dengan memanfaatkan promo.

Membeli makanan atau minuman yang sedang promo jelas akan lebih menguntungkan karena membuat anda bisa hemat pengeluaran.

Terlebih lagi, Shopee ternyata cukup rajin dalam mengadakan promo menarik ataupun diskon dalam jumlah besar. Itulah mengapa agar semakin hemat, maka jangan sampai lupa buat memanfaatkan promo.

Gunakan Voucher

Terakhir, anda juga tidak boleh lupa untuk menggunakan voucher. Adapun voucher yang diberikan juga cukup beragam mulai dari gratis ongkir hingga cashback.

Walaupun terbilang sepele, tetapi keberadaannya bisa memangkas biaya pengeluaran dengan baik.

Memesan makanan atau minuman secara online memang sudah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak mempunyai waktu untuk memasak. Mudah bukan cara order Shopee Food diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.