Pertolongan Pertama Saat Iphone Kehabisan Baterai

Posted on

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya Iphone sebagai produk unggulan perusahaan Amerika yaitu Apple, menjadi gadget yang mendunia dan laris manis dalam pasar teknologi global. Hal ini terbukti dengan banyaknya user jenis gawai ini baik di Indonesia dan di seluruh belahan dunia. Iphone dipilih sebagai pilihan untuk memudahkan aktivitas berkegiatan sehari-hari.

Namun, masalah sering muncul ketika konsumsi Iphone yang kita gunakan berlebihan dan kadang tidak memperhatikan waktu sehingga dayanya terus berkurang dan kadang tidak bersisa. Tidak jarang banyak pengguna gawai ini mengalami kejadian tiba-tiba kehabisan daya baterai. Kejadian kehabisan baterai ini kadang menjadi masalah serius bagi beberapa pengguna, karena kadang walaupun sudah di tekan tombol “on” berulang-kali dan di isi daya yang cukuo lama namun perangkat tetao tidak mau menyala. Ciri utamanya adalah stuck pada logo baterai dan perangkat tidak mengisi daya sama sekali. Lalu bagaimana cara menghidupkan iphone yang kehabisan baterai ini?

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan Iphone mati secara tiba-tiba, namun kebanyakan adalah produk dengan garansi distributor karena beberapa sparepart yang telah diganti dan aksesoris HP yang palsu atau tidak original. Berikut ini beberapa langkah bagaimana menghidupkan iphone yang kehabisan baterai yang bisa anda lakukan:

Mengisi ulang baterai dengan menggunakan charger original

Jika anda mengalami kehabisan baterai, maka cara menghidupkan iphone yang kehabisan bateraikali yang harus anda lakukan adalah mengisi daya ulang pada Iphone anda. Apapun jenis Iphone anda baik seri 5, seri 6, maupun seri ke-7 mengalami kehabisa baterai, maka ketika di charge indikator baterai akan berwarna merah. Setelah di charger tunggu sebentar selama beberapa menit hingga daya terisi dan Iphone akan menyala dengan sendirinya.

Sambungkan ke Perangkat Komputer/PC yang mempunyai aplikasi iTunes

Apabila perangkat anda sudah di charge namun tetap belum menyala maka anda bisa menghubungkan iPhone dengan PC yang memiliki aplikasi iTunes. iTunes akan bekerja mendeteksi jika ponsel canggih anda bermasalah. Jika ternyata tidak ada masalah, maka anda hanya perlu menunggu beberapa waktu hingga proses pengisian daya cukup hingga bisa digunakan kembali untuk menghidupkan sistem iPhone anda.

Reebot iPhone anda

Jika kedua cara diatas tidak berhasil anda dapat mereebot perangkat dengan cara menekan tombol home dan power secara bersamaan selama kisaran 10-20 second. Selang beberapa waktu, logo Apple segera muncul di layar anda. Lepaskan kedua tombol tersebut jika loho sudah terlihat. Jika iPhone anda adalah seri 7 hingga X/XR/XS/XS MAX 11/12 anda bisa menekan tombol volume dan power bersamaan selama 10 detik. Melakukan reebot berguna apabila penyebab perangkat tidak bisa menyala adalah iOs crash dan tidak ada tanda apapu ketika dilakukan pengecasan.

Aksesoris iPhone tidak original (KW), kabel data dan adapeter KW

iPhone dengan garansi distributor biasanya mempunyai masalah terkait ini, jika hal ini terjadi segera stop pengecasan dan periksa apakah adapter yang kamu miliki original atau tidak. Produk iPhone dengan garansi distributor sensitif terhadap aksesoris yang tidak original, hal ini dikarenakan arus yang ada tidak stabil sehingga menyebabkan kerusakan pada port charging atau hal yang paling serius adalah masalah mesinnya. Namun jika anda tidak memiliki adapter yang original anda dapat menciba hal berikut ini:

  • Coba mengisi daya menggunakan laptop, biasanya arus dari laptop lebih stabil. Tidak masalah jika kabel yang digunakan tidak original. Lakukan pengecasan selama 30 menit untuk melihat apakah perangkat dapat menyala atau tidak.
  • Periksa apakah terdapat logo baterai dan petir dengan cara menekan power sekali. Jika tidak ada maka segera ganti kabel dengan kabel yang lain.
  • Saat iPhone sudah bisa menyala, biarkan tetap mengisi sampai baterai penuh.

Panaskan iPhone yang mati total karena baterai habis dengan hairdryer

Menurut beberapa pengguna menghangatkan bagian belakang dengan hairdryer dapat memperbaiki iPhone yang mati karena baterai habis. Anda dapat melakukan dengan cara :

  • Cabut iPhone dari pengisian daya dan coba hangatlan bagian belakang dengan hairdyer
  • Lakukan selama kurang lebih 2 menit dengan jarak antara 15-20 cm
  • Setelah itu, coba isi daya kembali dan tunggu samoai logi menyala.

Masalah iPhone mati karena habis baterai ini memang sering dialami oleh pengguna yang iPhonenya dengan garansi distributor, Karena aksesoris yang digunakan KW. Walaupun tidak menutup kemungkinan garansi resmi juga mempunyai masalah seperti ini , namun penyelesaiannya dapat dilakukan dengan lebih mudah seperti merestart perangkat. Sebagai saran segeralah mengganti dengan yang original terutama asksesoris untuk mengisi daya. Apabila beberapa caramenghidupkan iphone yang kehabisan baterai tersebut sudah dilakukan namun tetap tidak mau menyala. Langkah yang paling tepat adalah membawa ke service center terdekat untuk diperbaiki. Untuk menghindari kerusakan, lebih baik jika segera mengisi daya ketika baterai sudah menunjukkan tersisa 20 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *