Cara Mudah Mengatasi Masa Pakai Bantalan Printer Telah Berakhir

Masa Pakai Bantalan Printer Telah Berakhir adalah masalah yang sering dialami bagi pengguna printer Epson. Tentu saja hal tersebut membuat jengkel, apalagi jika sedang dikejar deadline. Tak sedikit yang bingung, dan bertanya tanya apa itu bantalan printer epson? dan dimanakah letaknya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulasnya secara detail dan solusi untuk mengatasinya.

Bagi anda pengguna printer epson, atau sedang menangani error pada printer epson, gak ada salahnya untuk membaca pembahasan kali ini. Selain tinta dan cartridge, ada satu komponen lagi yang harus dilakukan pengecekan. Komponen yang dimaksut adalah penampung tinta residu (biasanya dilengkapi dengan busa penyerap). Tentu saja penampung ini berfungsi untuk menampung tinta yang tidak terpakai. Sebagai contoh misalnya ketika head cleaning, tidak ada tinta yang menetes keluar bukan? Tinta tersebut dibuang di tank penampung.

Ketika penampung tersebut sudah penuh, maka printer akan memberikan sinyal yakni berupa lampu indikator yang blinking. Selain itu di layar komputer yang terkoneksi dengan printer biasanya juga akan menampilkan notif waste ink full atau masa pakai bantalan printer telah berakhir. Kini kalian sudah paham bukan apa yang dimaksud dengan bantalan printer? sekarang lanjut untuk solusi penangananya

Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Printer Telah Berakhir 100% Berhasil

Sebelumnya siapkan dulu beberapa peralatan seperti obeng plus, ember atau wadah lain untuk tempat sementara bantalan printer, air hangat dan air dingin.

  • Lepas baut tank pembuangan dengan obeng plus. Lokasinya berada di bagian belakang printer

    buka baut penutup
    buka baut penutup
  • Jika¬† sudah lepas, balik / berdirikan printer. Lalu angkat penutup bantalan beserta bantalan printenrya yang sudah penuh tinta.

    cara melepas bantalan tinta printer epson
    cara melepas bantalan tinta printer epson
  • Ambil bantalan/ busa satu persatu (pada beberapa seri tidak bisa dilepas)
  • Cuci bantalan dengan air hangat dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan sampai bersih

    mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir
    mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir
  • Jemur dibawah matahari sampai kering.
  • Pasang kembali seperti semula

Sampai disini bantalan tinta yang penuh sebenarnya sudah teratasi. Hanya saja printer seringkali masih blinking. Untuk itu perlu direset atau setel ulang kembali. Untuk cara resetnya semua tipe hampir sama, yang membedakan adalah software resetternya. Berikut beberpa resetter yang sudah pernah kami berikan.

Gimana mudah bukan? solusi dari permasalahan ini sama ketika kamu mengalami masalah waste ink full. Inti permasalahanya terletak pada tank tinta pembuangan. Jadi gak perlu lagi deh dibawa ke tukang service dan mengeluarkan biaya mahal. Cukup lakukan saja trik diatas. Tenang saja meski busanya dicuci dan sudah tak seperti baru lagi nggak ada pengaruhnya ke hasil cetakan. Karena busa tersebut hanya menyerap sisa sisa tinta yang tak terpakai saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *