Cara Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon iP2770 Dan Mp287

Cara Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon – Ada beberapa masalah yang sering dialami oleh para pengguna printer. Namun umumnya terjadi hanya pada tinta, cartridge dan juga tank pembuangan yang bisa diatasi sendiri tanpa harus dibawa ke tukang service. Namun karena perangkat elektronik jadi banyak yang belum tahu seperti apa cara mengatasinya atau takut kenapa kenapa kalau di perbaiki sendiri. Tenang saja, karena pdscustom.com dengan senang hati akan memberikan berbagai tutorial dan tips seputar perangkat elektronik khususnya printer.

Kalau sebelumnya sudah membahas tentang mengatasi masa bantalan printer berakhir, kali ini kami akan membahas tentang error 5100 pada printer canon. Permasalahan ini banyak dialami oleh pengguna printer canon seri ip27770, ip2700, ip1980, Mp287, Mp258 dan beberapa seri lainya. Kasus seperti ini biasanya terjadi karena printer tidak mendeteksi cartridge. Ketika menyuntikan tinta atau membersihkan cartridge ada kemungkinan posisinya kurang benar. Atau ada kotoran yang menempel sehingga sensor tidak bisa membaca

CARA mengatasi error 5100 printer canon
CARA mengatasi error 5100 printer canon

Beberapa indikasi error 5100 yang terjadi pada canon ip2770 antara lain:

  • Muncul notif error 5100 (telah terjadi kesalahan pencetak, matkan pecetak dan kemudian hidupkan lagi) pada layar monitor komputer.
  • Kedua lampu yakni lampu power dan resume berkedip secara bergantian.
  • Tidak bisa digunakan untuk mencetak

Cara Mengatasi Error 5100 Printer Canon ip2770

Beberapa penyebab lain error 5100 diantaranya ada selang infus yan menggangu pergerakan cartridge. Terdapat kerusakan komponen seperti gear box mekanik patah. Bisa juga disebabkan adanya benda asing yang masuk ke sistem printer sehingga menggangu kinerja dari printer. Dan juga permasalahan pada cartridge seperti yang ditulis diawal tadi. Adapun cara penyelesainya adalah sebagai berikut

  1. Dalam keadaan off/ mati silahkan buka penutup dengan menarik ke atas
  2. Periksa apakah pergerakan dari cartridge terganggu oleh selang infus. Jika iya rapikan selang infus. Kamu bisa menggeser cartridge dengan tangan untuk melihat pergerakanya
  3. Amati secara fisik apakah ada komponen yang patah atau ada benda asing yang nyelip.
  4. Copot cartridge lalu bersihkan dengan tisu kering atau penghapus karet. Bersihkan dari kotoran atau tinta yang mengering, terutama di bagian chipnya.
  5. Pasang kembali cartridge dan pastikan posisinya sudah benar. Sebab jika tidak pas membuat cartridge tidak terdeteksi dan menyebabkan error 5100.

Sekiranya itu tadi cara mengatasi error 5100 printer canon ip2770.Ya setidaknya bisa kalian coba dulu, jika tak berhasil barulah dibawa ke tukang service. Atau jika ada solusi lainya bisa ditambahkan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *