Cara Mengubah Tulisan di HP Agar Lebih Menarik

Posted on

Kadang, tampilan HP membuat kalian merasa bosan sebab hanya menampilkan sesuatu yang biasa. Salah satu contoh kasusnya adalah tampilan font yang biasa-biasa saja. Semakin canggihnya teknologi, semakin luas pula kita bisa melakukan sesuatu pada smartphone. Itulah kenapa banyak orang mencari cara mengubah tulisan di HP.

Kustomisasi tulisan atau font ini akan memberi tampilan yang lebih fresh & menarik sebab tiap slide yang dilihat dapat menampilkan font baru yang sesuai dengan keinginan kalian masing-masing. Tentu saja, bermain smartphone akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Apapun smartphone kalian, kalian bisa melakukannya. Tapi, tentu saja caranya berbeda-beda.

Bagi kalian pengguna smartphone Vivo, Samsung, Xiaomi, Oppo, atau merk terkenal lainnya, pasti di dalamnya telah ada beberapa pilihan font yang tersedia. Tapi, kalau kalian kuran suka dengan style yang ada, atau ingin suasana baru, kalian bisa mengganti font-nya. Penggantian font tulisan pada HP smartphone bisa tanpa maupun dengan aplikasi. Keduanya pasti memiliki kelebihan masing-masing. Kita juga akan membahas semuanya di sini.

Mengubah Font pada HP Samsung

Mari kita mulai dari HP Samsung. Merk ini sudah punya banyak jenis font yang bisa kalian gunakan lewat menu pengaturan. Font-font yang tersedia juga lucu & tentu saja menarik, tak kalah dengan jenis-jenis font yang ditawarkan pada aplikasi tambahan untuk merubah font/tulisan. Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Buka Menu dan Masuk ke Pengaturan atau Setting!
  2. Setelah masuk, scroll ke bawah dan pilih Display!
  3. Pada menu Display, klik pilihan Font and Style!
  4. Dari opsi Font Style yang tersedia, pilihlah yang sesuai selera kalian. Bahkan, kalian juga bisa menyesuaikan font size dan pilihan lainnya.

Sekarang, dengan font baru, tampilan smartphone Samsung kalian pasti semakin menarik. Kalian juga bisa menggantinya lagi kapan saja sesuai keinginan.

Mengubah Font di HP Xiaomi

Lain Samsung lain Xiaomi. Saat ini, Xiaomi semakin popular di masyarakat Indonesia karena menawarkan smartphone murah nan canggih. Kalian juga bisa mengganti tulisan atau font pada smartphone Xiami dengan Langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langsung saja masuk ke aplikasi Theme atau Tema. Ini adalah aplikasi bawaan dari android Xiaomi.
  2. Di kolom pencarian, silahkan ketik Font atau Free, lalu klik ikon mencari!
  3. Setelah itu, kalian bisa melihat hasil pencariannya. Silahkan scroll ke bawah dan klik View All untuk melihat semua opsi yang ada.
  4. Setelah menemukan font yang cocok, klik Download for Free!
  5. Tunggu hingga proses download selesan, kemudian klik Apply atau Terapkan!
  6. Lalu, jika ada permintaan reboot, maka silahkan Reboot atau Restart HP dulu.

Setelah menyala kembali, tulisan atau font pada android Xiaomi kalian sudah berubah sesuai dengan font yang kalian pilih tadi.

Mengubah Font di HP Oppo

Begitu pun dengan Oppo, smartphone mereka juga punya settingan sendiri untuk ubah font, tentu saja tanpa aplikasi tambahan. Jika kalian pengguna smartphone Oppo, cara mengubah tulisan di HP kalian dapat dilakukan dengan mengikuti Langkah-langkah di bawah ini:

  1. Bukalah Menu terlebih dahulu dan masuk ke Settings!
  2. Pada halaman Settings, pilih Display & brightness!
  3. Klik opsi Font untuk mengganti tulisan.
  4. Kalian akan dialihkan ke halaman Individual Setting.
  5. Di halaman tersebut, kalian bisa memilih font yang kalian inginkan dengan meng-klik Pilih Font.
  6. Terakhir, tap tombol Apply!

Setelah menunggu beberapa saat, proses Apply akan selesai. Font yang sudah dipilih tadi pun akan otomatis diterapkan di HP kalian.

Mengubah Font pada HP Vivo

Untuk mengubah font pada android Vivo sehingga tulisan menjadi lebih bagus & menarik, ternyata bukan hal yang sulit. Berikut Langkah-langkah mudahnya:

  1. Buka menu Settings di android Vivo kalian!
  2. Setelah itu, klik Display & Brightness pada pilihan yang ditampilkan.
  3. Klik menu Font Style untuk mengubah tulisan pada HP Vivo kalian!
  4. Kalian akan melihat beberapa pilihan gaya tulisan di sana. Setelah melihat-lihat dan memilih, tekan Apply!

Secara otomatis, font tersebut akan diterapkan pada HP android Vivo kalian. Mengubah font secara berkala tidak akan mempengaruhi RAM maupun penyimpanan. Jadi, HP tidak akan lemot dan tetap aman.

Mengubah Font di HP dengan Aplikasi

Selain dari pengaturan bawaan di HP, ada juga cara lain untuk mengubah font pada smartphone. Namun, di sini kalian membutuhkan aplikasi tambahan. Memang, menginstal aplikasi akan mengurangi penyimpanan & RAM. Tapi, hasil yang diberikan tak akan mengecewakan. Ada beberapa aplikasi untuk mengubah font HP. Diantara yang paling rekomended adalah sebagai berikut:

  1. HiFont

Aplikasi pihak ketiga ini menawarkan banyak opsi gaya tulisan. Untuk menggunakannya, pastikan kalian download aplikasinya terlebih dahulu lewat Play Store, kemudian install di HP kalian. Lalu:

  • Buka aplikasi dan pilih jenis font yang kalian suka. Jika sudah menentukan pilihan, tekan tombol Download!
  • Setelah itu, terapkan font tersebut dengan memilih Use!

Font akan berubah secara otomatis. Bagi pengguna android Samsung, kalian dapat menggunakan aplikasi ini tanpa root. Lain halnya dengan merk smartphone lain, aplikasi ini mengharuskan kalian melakukan root lebih dulu.

  1. iFont

Dulunya Bernama zFont, kini berubah menjadi iFont. Mengganti tulisan HP menggunakan aplikasi ini sangat mudah.

  • Download iFont di Google Play Store & install!
  • Buka aplikasinya dan cari font yang kalian suka!
  • Setelah memilih, klik font tersebut dan kemudian download.
  • Klik Set untuk mengaplikasikannya, lalu tekan OK.
  • Beralih ke halaman Setting Font, klik Done jika penyetingan selesai.
  1. Apex Launcher

Satu lagi aplikasi yang bisa kalian coba, yaitu Apex Launcher. Aplikasi ini dikhususkan untuk kalian para pengguna android Xiaomi. Sama seperti aplikasi lainnya, kalian bisa mendownloadnya di Google Play Store. Setelah mendownload, install aplikasi ini ke HP kalian. Kemudian:

  • Masuk ke aplikasi Apex Launcher.
  • Setelah itu, pilih Settings.
  • Kemudian, ganti gaya tulisan dengan meng-klik AppDrawer.
  • Selanjutnya, pilih Drawer Layout & Icons.
  • Langkah setelahnya, pilih Label Font!
  • Sekarang, kalian bisa memilih font yang kalian suka.
  • Jika sudah menentukan pilihan, klik Apply!

Cukup mudah bukan? Meski begitu, masih banyak pengguna smartphone yang tidak tahu caranya. Pasalnya, beda merk smartphone memiliki settingan yang berbeda untuk mengubah tulisan atau font pada HP. Mengubah font HP tanpa aplikasi mungkin lebih simple dan hemat ruang penyimpanan & RAM. Tapi di sisi lain, menggunakan aplikasi pihak ketiga memberikan pilihan yang lebih banyak dibandingkan opsi font bawaan HP.

Setelah mengetahui cara mengubah tulisan di HP untuk berbagai merk, kini pilihan ada di tangan kalian. Baik dengan ataupun tanpa aplikasi, pastikan untuk melakukannya dengan benar. Dengan font baru yang lebih fresh, hari-harimu akan lebih menyenangkan Bersama smartphone di tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *