Inilah Cara Merubah Speaker Pasif Menjadi Aktif yang Mudah

Posted on

Apakah kamu memiliki speaker pasif? Dan sekarang sedang mencari tahu cara merubah speaker pasif menjadi aktif? Nah, bagi yang sedang mencari informasi tersebut, maka langsung saja deh simak ulasan tentang caranya berikut ini, ya!

Mengenal Speaker Pasif dan Speaker Aktif

Cara Merubah Speaker Pasif Menjadi Aktif
Song background vector created by starline – www.freepik.com

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya speaker. Speaker sendiri merupakan alat sistem audio yang memiliki peran sebagai pengubah sinyal audio menjadi suara. Dengan speaker suara dapat terdengar lebih jelas dan keras.

Sekarang ini ada banyak sekali jenis dan variasi speaker, termasuk speaker pasif. Apakah r kamu tahu apa itu speaker pasif?

Nah, sebelum kamu mengetahui cara merubah speaker pasif menjadi aktif, maka tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang perbedaan speaker pasif dan aktif, ya.

1. Speaker Aktif

Speaker Aktif

Perlu diketahui terlebih dahulu jika speaker memiliki berbagai komponen penyusun untuk menghasilkan suara. Komponen tersebut adalah amplifier, driver, satelit, dan masih banyak lagi. komponen inilah yang membedakan antara speaker pasif dan aktif.

Speaker aktif sendiri sebenarnya adalah dua gabungan antar perangkat yang memang ada dalam satu unit yaitu antar Amplifier dan Speaker. Speaker aktif sendiri memiliki inbuilt amplifier yang akan beroperasi jika ada aliran listrik sebagai sumber tenaga yang mengalirinya. Pada dasarnya, speaker aktif merupakan sebuah perangkat audio yang memang sudah lengkap serta mampu berfungsi secara mandiri karena speaker ini sudah memiliki berbagai komponen penyusunnya.

Amplifier ini memang sudah ada di dalam speaker, dan sudah memiliki woofer, subwoofer, dan tweeter. Kamu hanya perlu mengaliri speaker aktif dengan listrik saja agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Speaker Pasif

Speaker Pasif

Jika tadi sudah tahu tentang speaker aktif, maka sekarang waktunya mengetahui apa itu speaker pasif.

Nah, Speaker Pasif sendiri merupakan speaker yang tidak memiliki pengeras suara atau amplifier. Jadi jika ingin menggunakan speaker ini, maka memang harus memasang sendiri atau secara mandiri amplifiernya, ya. Memang kenapa jika tidak memiliki amplifier?

Namanya amplifier adalah digunakan untuk mengeraskan suara, jadi jika tidak amplifier tambahan, speaker ini tidak akan untuk menghasilkan kualitas audio yang baik, ini dikarenakan speakernya minimnya penguat sinyal yang diperlakukan sebagai penguat sinyal audio ke suara.

Jadi intinya speaker pasif memang harus disetting atau dirakit oleh kamu secara mandiri, kamu harus memasang amplifier dan komponen lainnya. Biasanya untuk jenis speaker pasif digunakan untuk setting tertentu, seperti untuk bioskop atau home teater.

Penggunanya memang sangat direkomendasikan untuk sound System yang besar dengan jangkauan yang lebih luas. Sebab dengan speaker pasif yang dirakit sendiri, maka kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan.

Dari pengertian di atas tentunya kamu sudah tahu secara umum perbedaan speaker pasif dengan aktif, ya.

Contoh Jenis Speaker Aktif dan Pasif

Agar makin paham dengan perbedaan, maka kamu harus mengerti jenis atau variasi dari kedua jenis speaker ini.

Baik keduanya memang sangat mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari. Untuk contoh speaker aktif sendiri adalah speaker yang ada di ponsel atau smartphone, laptop, mini sound, dan sebagainya.

Kemudian untuk speaker pasif contohnya adalah speaker yang kamu temukan di sound System besar, di home teater, bioskop, dan sebagainya.

Untuk supplai daya, speaker aktif biasnya juga dapat mendapatkan daya dari baterai. Untuk speaker yang pasif supply dari daya listrik eksternal. Lalu bagaimana cara merubah speaker pasif menjadi aktif?

Cara Merubah Speaker Pasif Menjadi Aktif dengan Mudah

Mungkin kamu termasuk yang sering menggunakan speaker untuk kegiatan sehari-hari, misal kegiatan yang paling simpel menggunakan speaker adalah mendengar musik. Bagi yang enggak mau repot-repot membuat speaker sendiri, maka speaker aktif bisa menjadi pilihan.

Tapi jika memang ingin memiliki speaker yang dilengkapi dengan setting sesuai keinginan, jelas speaker pasif bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi bagaimana cara merubah speaker pasif menjadi aktif. Nah, sebelum membuatnya silakan untuk penuhi bahan pembuatnya seperti berikut ini.

  • Bahan Pembuatan Speaker
  • Box Speaker lengkap
  • Speaker 10 atau 12 Inc
  • Kabel Steker
  • Kit Power Amplifier Stereo Speaker aktif yaitu OCL 150 watt stereo)
  • Trafo 5 Amp
  • Kiprox
  • Lalu siapkan juga Elco 6800 uf/50V
  • Kabel Serabut Tunggal, kabel Skerm
  • Audio Input dan jauga output panel
  • Sekring
  • Sklar On/Off
  • Baut

Bahan Pendukung

Lalu siapakah juga bahan pendukung lainnya seperti

  • Bor
  • Gunting
  • Lem bakar
  • Pinset
  • Solder dan Timah
  • Multitester / Avometer
  • Obeng
  • Tang Potong
  • Dan palu atau Martil

Setelah bahan sudah dimiliki atau disiapkan semuanya, langsung saja berikut ini adalah caranya

Membuat Rangkaian Supply Energi

Pertama adalah perlu membuat rangkaian untuk supply energi yang akan masuk ke speaker sehingga speaker bisa menghasilkan suara.

Untuk rangkaian supply ini disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Perlu diketahui jika tenaga supply-nya terlalu rendah maka akan menghasilkan kinerja yang kurang maksimal. Nah, jika terlalu tinggi akan dikhawatirkan bisa melebihi batas dari Vmax transistor dan komponen aktif.

Memasang Speaker Kit

Langkah selanjutnya yang dilakukan untuk cara merubah speaker pasif menjadi aktif adalah memasang rangkaian speaker kit.

Perlu kamu ketahui juga, jika di dalam kit biasanya sudah tercantum di layar sutra PCB polaritas volt. Nah, di tahapan ini pastikan agar polaritas tegangan tidak terbalik, ya. Jika terbalik atau salah maka bisa memberikan akibat yang fatal baik untuk amplifer kit maupun power supply-nya.

Setalah dipasangkan dengan benar, kamu bisa masukkan input yang digunakan untuk tes sirkuit, lalu silakan untuk tempatkan sirkuit pada kotak speaker. Perlu untuk memasukkan saluran inputnya tidak bersebelahan dengan sirkuit Power Supply, ya. Hal ini dilakukan agar menghindari riak tegangan yang mana dapat mengakibatkan buzzing pada penguat outputnya.

Memasang Speaker

Langkah selanjutnya memasang Speaker ini merupakan langkah akhir. Tapi sebelum pasang speaker, kamu harus memastikan bahwa semua komponen bisa bekerja dengan baik di dalam kotak atau box speaker.

Jika sudah dipastikan semuanya berjalan dengan baik, maka silakan lakukanlah instal speaker ke dalam kotak, serta usahakan kontur kotak kuat atau tidak ada banyak kebocoran di ruang speaker tersebut.

Itulah cara merubah speaker pasif menjadi aktif secara umum. Bagi yang paham elektronik pastinya sudah paham bagaimana cara merangkainya. Memang ada baiknya untuk yang sudah berpengalaman yang pasang speaker, terlebih lagi ini berkaitan dengan kelistrikan, jadi harus yang sudah berpengalaman dan harus penuh kehati-hatian.

Jika memang belum terlalu paham dari cara merubah speaker pasif menjadi aktif yang sudah dijelaskan di atas, maka mungkin lebih baik bisa mencari video seputar cara rubah speaker pasif ke aktif.

Karena berbentuk gambar pastinya mudah dipahami, jadi akan mudah merakit speaker pasif. Mungkin itu saja pembahasan kali ini seputar cara ubah speaker pasif ke aktif, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.