Wajib Tahu Cara Periksa Kode PLN

Posted on

Saat ini, lebih banyak pelanggan PLN memilih model listrik prabayar dibanding pascabayar. Listrik prabayar adalah salah satu layanan dari PLN dengan menggunakan sistem token atau pulsa listrik.

Listrik prabayar mengharuskan pengguna mengisi pulsa listrik agar bisa menggunakan listrik. Pulsa listrik bisa dibeli dengan bermacam-macam nominal seperti 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, dll. Namun, listrik prabayar bukan tanpa masalah. Salah satu masalah yang kerap terjadi berkaitan dengan periksa kode PLN.

Penggunaan listrik prabayar sudah popular sejak beberapa tahun terakhir. Pelan tapi pasti, penggunaan listrik prabayar semakin menjamur di masyarakat. Listri prabayar memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah memungkinkan pengguna memonitor penggunaan listrik sehingga bisa membatasinya. Artinya, pengguna dapat memantau pengeluaran listrik setiap bulan.

Di sisi lain, meter listrik prabayar sering menuai kritik. Tak jarang kita sering menjumpai meteran listrik bermasalah. Misalnya adalah muncul tulisan PERIKSA pada meteran listrik prabayar.

Apakah kalian pernah mengalaminya juga? Bagi yang tak tahu, mungkin kalian akan panik. Masalah seperti ini muncul tidak ada kaitannya dengan token listrik yang habis. Tapi, munculnya tulisan PERIKSA pada meteran listrik adalah karena adanya masalah dengan instalasi listrik yang belum pas. Itulah kenapa kalian harus mempelajari penyebab masalah ini.

Penyebab Munculnya Kode PERIKSA pada Meteran PLN Prabayar

Ada beberapa penyebab yang mungkin berkaitan dengan munculnya tilsan PERIKSA di kWh Meter listrik prabayar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas kabel

Penyebab yang sering mengakibatkan munculnya tulisan PERIKSA di kWh Meter adalah kualitas kabel di bawah standar. Standar kabel instalasi listrik primer yaitu 1,5 mm. Kalau ukuran kabel yang digunakan di bawah itu, dapat mengakibatkan error di meteran listrik, seperti munculnya kode PERIKSA.

  1. Pemasangan ground

Masalah ini jug mungkin terjadi berkaitan dengan pemasangan ground. Jika terjadi kesalahan dalam pemasangan ground listrik, bisa saja muncul tulisan PERIKSA pada meteran listrik. Untuk itu, pasanglah ground sebelum memasang meter kWh untuk menghindari terjadinya error ini.

  1. Listrik bocor

Ukuran kabel tidak standar, kabel terkelupas, atau sambungan kabel longgar juga dapat mengakibatkan error pada meter kWh listrik prabayar.

  1. Tegangan listrik tidak stabil

Jika kondisi tegangan listrik naik-turun dan terjadi gangguan jaringan, maka potensi munculnya error tulisan PERIKSA pada meteran listrik akan semakin besar.

  1. Tombol temper

Biasanya, meteran listrik prabayar hadir dengan tombol keamanan untuk melindunginya dari gangguan dari luar. Tombol keamanan ini berfungsi untuk mengamankan meteran dari orang lain yang coba membuka meteran. Jika cover dibuka, tombol temper akan otomatis menyala & muncul tulisan PERIKSA pada meteran listrik. Kasus inilah yang paling sering terjadi.

Cara Mengatasi Munculnya Tulisan PERIKSA pada Meteran Listrik Prabayar

Mengatasi masalah meteran listrik harus sesuai dengan penyebabnya. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Telat Isi Token

Token listrik jangan sampai kehabisan. Jika kehabisan & telat isi, maka bisa menimbulkan masalah di meteran listrik. Untuk mengatasinya, kalian harus segera menghubungi PLN sesuai dengan wilayah. Setelah itu, pihak PLN akan memberi sebuah kode reset Tamper melalui telepon atau SMS. Pihak PLN biasanya akan memandu langsung cara memasukkan kode reset tersebut hingga meteran listrik Kembali normal.

  1. Instalasi Listrik Bermasalah

Jika error periksa kode PLN tejadi karena masalah instalasi listrik, ada cara cepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengecek kode error. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama, matikan MCB di kWh meter listrik!
  2. Setelah itu, tekan 08 lalu Enter!
  3. Kemudian, kode akan muncul pada kWh meter. Perlu diketahui kode (4-5-6) menunjukkan bahwa ada masalah pada Instalasi Listrik di rumah kalian.
  4. Sekarang, tekan 09 dan Enter! Kalau muncul kode, artinya kWh atau instalasi sangat bermasalah sebab jika MCF dimatikan (off), kWh masih tetap berjalan sehingga membuat token sangat boros.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan Langkah berikut ini:

  1. Pertama, periksa kabel instalasi listrik apa ada yang jadi satu antara ground dan netral.
  2. Selanjutnya, periksalah isolasi kabel netral apa ada yang terkelupas. Kalau ada, segera ganti atau isolasi ulang supaya tidak terjadi kontak dengan tembok.
  3. Lalu, periksa tiap sambungan di T-dos apa ada sambungan yang tidak rapat sehingga ngefong.
  4. Jika semua telah dirasa aman, segeralah hubungi PLN melalui telepon untuk minta kode reset tamper.
  5. Masalah Alat Elektronik

Kalau alat elektronik menjadi penyebab munculnya tulisan PERIKSA pada kWh meter listrik, Langkah-langkah berikut bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun, pastikan dulu bahwa instalasi listrik di rumah sudah aman & benar.

  1. Minta kode reset tamper ke pihak PLN melalui telepon.
  2. Matikan semua alat elektronik & cabut semua pada stop kontak.
  3. Setelah itu, nyalakan alat elektroniknya satu per satu.

Umumnya, yang kerap kali menjadi penyebab kode PERIKSA di kWh meter adalah pompa air.

Kode-kode Meteran PLN

Meski berbeda-beda merk-nya, kode meteran PLN tetap sama. Jadi, kalian harus mengetahui kode-kode tersebut. Berikut daftar kode beserta penjelasannya:

  • 0 Enter, untuk melakukan restart meteran (jika ada PERIKSA/GAGAL)
  • 69 Enter, untuk mengetahui counter jumlah berapa kali mati
  • 59 Enter, untuk melihat jumlah kWh pengisian terakhir
  • 54 Enter, untuk mengecek kode token terakhir
  • 47 Enter, untuk melihat data yang sedang terpakai
  • 44 Enter, untuk mengetahui ampere yang sedang terpakai
  • 41 Enter, untuk mengecek voltasa listrik
  • 9 Enter, untuk mengetahui data yang dipakai atau digunakan
  • 7 Enter, untuk melihat batas kWh
  • 123XX Enter, untuk merubah delay alarm (contoh: 12315 untuk 15 menit)
  • 78 Enter, untuk mengecek delay alarm dalam menit
  • 456XX Enter, untuk ubah batas minimal alarm (contoh: 45610 untuk sisa 10 kWh akan berbunyi)
  • 79 Enter, untuk mengecek batas minimal alarm
  • 75 Enter, untuk mengecek ID meter PLN prabayar
  • 3 Enter, untuk melihat total kWh listrik yang telah lalu.

Dari penjelasan tentang kode-kode tersebut di atas, kalian bisa mengecek kWh meter yang error PERIKSA/GAGAL. Berdasarkan kode tertera di atas, kalian dapat menggunakan kode 0 (null) Enter untuk melakukan reset kWh listrik.

Kalau berhasil, maka tampilan akan berubah menjadi angka 00. Namun, kalau sudah dilakukan tapi error PERIKSA tetap tidak hilang dari tampilan kWh meter, segeralah hubungi PLN untuk mendapatkan panduan cara mengatasinya.

Nomor Telpon PLN

Untuk bisa menghubungi PLN, tentu saja kalian harus tahu nomor telpon PLN. Kalian bisa mendapatkan pelayanan PLN dengan sangat mudah, termasuk untuk masalah periksa kode PLN, cukup menelpon Customer Service PLN melalui 123.

Namun, nomor ini harus diikuti kode wilayah dan tiap-tiap wilayah punya kode yang berbeda-beda. Misalnya, kode wilayah Surabaya/Jawa Timur adalah 013 sehingga kalian bisa menghubungi CS-nya dengan menekan 031 123. Contoh lain adalah 021 yang merupakan kode wilayah untuk Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *