Cara Mengisi Tinta Printer Canon MP237, MP280, IP2770

Cara mengisi tinta printer canon Mp237 – Sebagai pengguna printer baik yang menggunakan sistem infus atau tidak, rasanya wajib untuk belajar bagaimana cara mengisi tinta. Sebab jika digunakan terus menerus tentu saja, tinta yang terdapat dalam printer akan habis. Repot juga kalau harus membawa perangkat printer ke tukang service ketika tinta habis. Apalagi jika printer kamu tidak menggunakan infus, sehingga pemakaianyapun lebih singkat.

Beberapa orang menganggap, mengisi tinta printer canon itu mudah. Memang sih mudah karena tinggal menyuntikan tinta ke cartrdige. Namun karena kurang teliti dan hati hati akhirnya printer bermasalah. Misalnya saja seperti tinta tidak keluar, hasil print jadi bergatis atau bahkan sampai cartridge tidak terdeteksi.

cara mengisi tinta printer canon mp237
cara mengisi tinta printer canon mp237

Sebenarnya ada cara praktis ketika tinta habis, yakni tinggal beli cartridge baru. Namun tentunya kamu harus merogoh kocek antara Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. Dari pada untuk beli cartridge mending beli tinta baru plus suntikan untuk memasukan ke dalam cartridge. Bisa lebih hemat dan tentunya ada kepuasan tersendiri jika mengisi tinta printer ini dilakukan sendiri dirumah.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon Mp237 Suntik

Sebelum memulai siapkan dulu bahan dan alatnya diantara tinta refill, suntikan, tisu kering dan paku. Refillnya bisa banyak ditemukan dipasaran dengan harga sekitar Rp 30 ribuan. Yang paling penting lihat saja keteranganya, biasanya tercantum seri printer yang bisa diisi dengan tinta tersebut. Sedangkan paku digunakan untuk membuat lubang pada cartridge untuk memasukan tinta. Adapun caranya adalah sebagai berikut (untuk Canon MP237, MP280, IP2770)

  1. Buka tutup printer ke atas
  2. Posisikan printer ke tengah tengah
  3. Perhatikan tandanya, C untuk cartridge warna sedangkan B untuk cartridge black/hitam

    perhatikan tanda B dan C
    perhatikan tanda B dan C
  4. Kemudian buka cover cartridge tersebut, lalu angkat cartridge secara perlahan.

    tarik ke atas covernya dan ambil cartridge
    tarik ke atas covernya dan ambil cartridge
  5. Buka atau kelupas striker yang menempel (jangan sampai lepas sepenuhnya, karena nanti ditempel lagi)
  6. Disana terdapat lubang udara, gunakan paku agar lubangna bisa lebih besar.
  7. Suntikan tinta melalui lubang tersebut. Khusus tinta hitam masukan sebanyak 10 ml.

    cara menyuntik tinta ke cartridge
    cara menyuntik tinta ke cartridge
  8. Sedangkan pada cartridge warna suntikan sebanyak 5 ml saja. Adapun lubang untuk tinta warna adalah yang paling atas merah, kemudian bawah dari kiri ke kanan adalah biru dan kuning.
  9. Dalam mengisi tinta, jangan sampai menyentuh chip cartridge, bagian belakang yang berwarna kuning. Jika tersentuh dan kotor apalagi terkena tinta bisa menyebabkan cartridge tidak terdeteksi.
  10. Jika sudah bersihkan dengan tisu kering
  11. Pasang kembali seperti semula.
  12. JIka kamu mengisi tinta ketika printer sudah blinking, maka kemungkinan ketika di refill, printer masih blinking. Solusinya adalah dengan di reset. Caranya cukup mudah yakni tekan saja tombol reset selama kurang lebih 15 detik (sampai lampu indikator hidup semua)

Baca juga: Mengatasi Lampu Canon Mp237 Berkedip

Cara Refill Tinta Canon Mp237 Infus

Jika printer kamu sudah menggunakan infus sebenarnya lebih mudah. Sebab kamu tak perlu melepas cartridge, cukup memasukan tinta ke tank penampung saja. Lakukan isi ulang ketika tinta sudah mau habis (jangan sampai habis). Permasalahnya seringkali terlambat dalam mengisi tinta sehingga printer menjadi “masuk angin”. Alhasil meski sudah diisi kembali tinta printer tidak mau keluar, atau hasil print bergaris.

Hal itu disebabkan adanya udara didalam sistem, sehingga yang keluar dari cartridge hanya udara saja. Yang lebih parah, ada tinta yang mengering sehingga menggangu tinta cair yang akan keluar. Jika cuma udara, sebenarnya digunakan secara terus menerus akan keluar dengan sendirinya. Namun jika tersumbat, maka bisa dibersihkan dulu dengan air panas.

Demikian tadi cara mengisi tinta printer canon mp237. Cukup mudah bukan? namun memang dibutuhkan ke hati hatian agar printer tidak bermasalah setelah di refill. Pastikan cartridge bersih terutama pada bagian chip, dan pasanglah dengan posisi yang sempurna seperti sediakala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *