Cara Mengatasi Masalah Alamat Tidak Sah Shopee

Posted on

Shopee merupakan salah satu marketplace online paling populer saat ini. Pengguna dari aplikasi tersebut bahkan sudah mencapai 9 juta pengguna lebih. Jumlah tersebut tentu dapat menjadi gambaran betapa populernya aplikasi tersebut di Indonesia.

Terlepas dari hal itu, rupanya masih terdapat beberapa kendala yang dialami pengguna. Salah satunya adalah masalah alamat tidak sah Shopee. Masalah seperti itu tentu dapat terjadi dikarenakan berbagai macam hal.

Seperti kita ketahui, dalam pengisian alamat tujuan, terdapat beberapa hal ketentuan yang harus diperhatikan. Apabila terdapat hal yang tidak sesuai, maka akan menyebabkan masalah dalam pengisian alamat.

Nah, untuk lebih jelas lagi tentang masalah ini, Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Permasalahan Penambahan Alamat di Shopee

Permasalahan Penambahan Alamat di Shopee

Berbagai macam permasalahan memang kerap kali dialami oleh para pengguna. Namun, semua itu terjadi karena memang terdapat kesalahan dalam memasukan alamat tujuan.

Berikut ini adalah beberapa kendala yang dialami oleh pengguna terkait dengan penambahan alamat pengiriman:

  • Alamat tidak dianggap sah
  • Tidak dapat menambahkan alamat
  • Kode pos yang dimasukkan tidak sesuai
  • Alamat penerima tidak dapat diganti
  • Kode pos yang digunakan tidak terdaftar di aplikasi
  • Dan berbagai masalah lainnya.

Dari semua masalah tersebut, salah satu yang paling sering dialami adalah alamat yang dianggap tidak sah. Padahal, pihak pembeli merasa sudah memasukkan alamat sesuai dengan KTP mereka.

Pastinya, hal ini membuat mereka merasa kebingungan dan tidak tahu apa yang salah dari alamat tersebut. Bahkan, setelah dimasukkan berkali-kali, aplikasi tetap tidak menganggapnya sah.

Hal ini tentu wajib menjadi perhatian serius dari pihak developer karena menyangkut dengan kenyamanan para pengguna aplikasi. Apabila proses pengisian informasi pengiriman lebih mudah dilakukan pasti para user akan merasa lebih nyaman saat menggunakan Shopee.

Kemudahan dalam mengganti lokasi ini juga bisa semakin memudahkan para drop shipper dalam mengerjakan pesanan pembeli.

Cara Menambahkan dan Mengganti Alamat di Aplikasi Shopee

Terlepas dari masalah penambahan alamat yang sering dialami, sebenarnya dari pihak Shopee telah mempunyai mekanisme input lokasi yang cukup mudah. Bahkan, Anda bisa melakukan hal tersebut baik melalui aplikasi maupun langsung lewat website.

Bagi yang ingin mengetahui cara mudah mengganti lokasi tersebut, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, bukalah aplikasi Shopee
  • Pilih Menu “Saya”
  • Pilihlah menu “Setting”
  • Selanjutnya, pilih “Alamat Saya”
  • Kemudian, scroll down dan cari menu “Tambah Alamat Baru”
  • Aktifkan Google Maps untuk mendapatkan alamat terkini
  • Jika sudah, isilah nama
  • Masukkan juga nomor telepon dengan tepat
  • Masukkan provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan
  • Isikan juga kode pos lokasi
  • Setelah itu, masukkanlah alamat lengkap sesuai dengan KTP. Anda juga bisa memasukkan lokasi lain yang lebih mudah dijangkau ekspedisi. Perhatikan bahwa detail input lokasi jangan melebihi 90 karakter.

Seperti itulah saja cara untuk menambahkan atau mengisi lokasi tujuan di Shopee. Kuncinya adalah dalam mengisi lokasi jangan melebihi 90 karakter. Jika lebih, maka akan membuat aplikasi menganggapnya tidak sah.

Cara Mengatasi Alamat Tidak Sah di Aplikasi Shopee Beserta Penyebabnya

Cara Mengatasi Alamat Tidak Sah di Aplikasi Shopee Beserta Penyebabnya

Belanja menggunakan aplikasi Shopee memang sangat menggiurkan. Apalagi di dalam marketplace tersebut terdapat banyak sekali voucher yang diberikan.

Anda dapat memperoleh voucher cashback, gratis ongkos kirim, voucher potongan harga, dan berbagai macam penawaran menarik lainnya. Ditambah lagi setiap bulan pasti ada event menarik yang diberikan oleh pihak Shopee.

Melihat fakta tersebut, tidak mengherankan apabila banyak orang memilih untuk berbelanja melalui aplikasi tersebut. Hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh para penjual untuk meningkatkan penghasilannya.

Tentu untuk meraih hal itu para penjual juga wajib untuk menggunakan strategi serta promosi menarik agar para pelanggan tertarik belanja di tokonya.

Nah, terkait dengan masalah yang kerap dialami oleh para penjual maupun pembeli terkait dengan input alamat tentunya Anda harus tahu solusi serta penyebabnya.

Dengan begitu, pada saat membeli atau menjual barang di marketplace tersebut Anda tidak mengalami masalah. Berikut ini ada beberapa solusi mengatasi masalah input lokasi tidak sah di aplikasi Shopee.

1. Karakter Lebih dari 90

Salah satu penyebab utama mengapa lokasi dianggap tidak sah adalah karakter penulisan yang digunakan pengguna melebihi 90 karakter. Padahal, dari pihak aplikasi sudah menyatakan bahwa untuk kolom tersebut hanya dapat diisi maksimal 90 karakter saja.

Apabila para pengguna memasukkan karakter lebih dari 90, maka secara otomatis aplikasi akan menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Alhasil, lokasi dianggap tidak sah dan gagal di simpan.

Jadi, saat terjadi masalah lokasi tidak sah, Anda dapat mengecek apakah karakter yang digunakan telah sesuai dengan aturan atau belum.

Jika memang masalah terdapat pada jumlah karakter tersebut, maka solusinya adalah tinggal sesuaikan saja karakternya sesuai ketentuan. Dengan begitu, lokasi akan dapat dibaca dan kemudian tersimpan oleh sistem aplikasi.

2. Log Out Aplikasi

Apabila solusi pertama sudah dilakukan dan ternyata masih gagal juga, maka Anda bisa mencoba cara kedua ini. Caranya, Anda tinggal log out saja dari aplikasi sebelum mengisikan lokasi.

Setelah melakukan log out, Anda dapat masuk kembali ke aplikasi. Namun, sebelum itu pastikan Anda sudah menghapus data cache Shopee terlebih dahulu.

Setelah masuk kembali ke aplikasi, segera coba lagi untuk memasukkan lokasinya. Jangan lupa untuk memperhatikan jumlah karakternya agar sistem dapat mendeteksinya.

3. Update Data

Salah satu penyebab lainnya yang membuat proses input lokasi tidak sah adalah karena memang aplikasi Anda belum menggunakan update terbaru. Oleh karena itulah masih terdapat banyak bug atau error yang muncul saat digunakan.

Apabila memang versi aplikasi yang digunakan masih belum update, maka lebih baik segera upgrade.

Setelah proses update dilakukan, segeralah mencoba kembali untuk memasukkan data lokasi ke aplikasi. Apabila memang masalahnya adalah aplikasi belum update data, maka seharusnya tidak akan ada masalah lagi saat Anda memasukkan data lokasi.

4. Uninstall Shopee

Solusi lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah lokasi tidak sah adalah dengan menguninstall aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengunduh kembali dan menginstalnya ke smartphone.

Jika sudah, segera login lagi ke akun Anda dan coba masukkan kembali alamatnya.

5. Hubungi Customer Service

Cara mengatasi masalah lokasi tidak dianggap sah oleh aplikasi adalah dengan menghubungi customer service. Cara ini bisa dibilang yang paling efektif.

Anda dapat menghubungi CS dalam 24 jam melalui, email, akun Facebook, Twitter, Instagram, ataupun live chat. Namun, jika ingin segera mendapatkan respons serta solusi, menghubungi lewat live chat dan telepon langsung adalah pilihan terbaik.

Itulah tadi pembahasan mengenai penyebab serta solusi mengatasi masalah alamat tidak sah Shopee. Berdasarkan ulasan di atas, terdapat beberapa cara yang bisa digunakan.

Namun, jika ingin mengatasi masalah tersebut dengan segera, menghubungi customer service adalah pilihan paling tepat. Dengan menghubungi CS, Anda dapat langsung menyampaikan masalah dan mendapatkan solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *