Cara Mengisi Baterai Iphone Dengan Baik Dan Benar

Posted on

Baterai iPhone memang sering mengalami masalah bagi penggunanya, mulai dari keluhan baterainya yang mudah rusak, persentase baterai yang error, kesehatan baterai drop dan baterai yang terkenal boros. Sebenarnya keluhan ini muncul kebanyakan karena kesalahan dari pengguna itu sendiri, kebiasan-kebiasan buruk pengguna seperti mengisi daya baterai tidak teratur, sembarangan dan seenaknya sendiri. Terlebih jika pengguna menggunakan aksesoris handphone yang tidak original. Untuk itu, agar baterai tidak cepat rusak. Para pengguna harus mengerti bagaimana cara mengisi baterai iphone yang benar agar masalah seperti ini tidak sering terulang. Berikut ini beberapa tips mengisi baterai iPhone dengan baik, yaitu :

Sebelum mempraktekan cara mengisi baterai iphone yang benar, mengisi daya kamu perlu memperhatikan berapa persentase sisa baterai yang masih. Jika bisa jangan mengisi daya baterai di bawah 20 %, sebetulnya tetap diperbolehkan tetapi hal ini tidak baik bagi kesehatan baterai iPhone itu sendiri. Ketika anda mengecas dibawah 20% maka baterai akan bekerja lebih karena harus menerima arus listrik yang lebih tinggi, hal ini menyebabkan baterai akan lebih cepat panas. Apabila hal ini sering anda lakukan, maka masa pakai baterai lama-kelamaan akan berkurang.

Sebaiknya iPhone dicas ketika persentase baterainya diantara 21%-30%, ini adalah waktu yang dianggap pas untuk mengisi daya. Jangan sampai mengisi daya ketika sudah mendapat notifikasi baterai lemah. Yang tidak kalah penting adalah isi daya ketika suhu iPhone tidak panas atau normal, apabila baterai sudah akan habis dan iPhone panas, lebih baik diamkan 5 sampai 10 menit terlebih dahulu. Hindari juga mengisi daya ketika persentase baterai antara 40%-80%, hal ini karena ini waktu terbaik untuk digunakan atau difungsikan.

Gunakan aksesoris (adapter dan kabel) yang original dari Apple

Jika anda membeli iPhone secara resmi di iBox atau Erafone, anda akan mendapat adapter dan kabel bawaan iPhone. Adapter dan kabel yang original ini sangat penting karena menjadi salah satu cara untuk agar baterai iPhone tetap tahan lama. Jika terpaksa tidak ada adapter yang asli maka anda bisa menggunakan adapter yang lain jangan memaksakan dengan yang tidak asli. Selain itu, kamu juga bisa mengggunakan adapter iPad dengan memperhatikan aturan yaitu jumlah ampere dan volt yang diberikan oleh kepala charger iPad.

Jika yang bermasalah adalah kabel, sebenarnya ada banyak opsi dari pihak ketiga banyak menjual aksesoris untuk iPhone yang berkualitas dan mendapatkan sertifikat Mfi (Made for iPhone/iPad/iPod). Produk non-resmi untuk apple, tapi sudah menerima sertifikat dari perusahaan apple dimana apple sendiri menyarankan untuk menggunakan kabel yang bersertifikat Mfi. Berikut ini beberapa brand yang mengeluarkan produk yang bersertifikasi Mfi dan mengeluarkan produk unggulan untuk kebutuhan iPhone anda :

  • Beasus
  • Anker
  • Aukey
  • Mcdodo
  • Ugreen
  • Remax
  • Vivan

 

Membuka casing sebelum mengisi daya baterai

Jika iPhone anda menggunakan casing, maka sebaiknya lepaskan dulu casingnya sebelum mengisi daya. Jika tidak dilepas, maka akan berdampak pada meningkatnya suhu panas pada iPhone, hal ini akan menyumbat sirkulasi udara atau lebih buruknya tidak ada sirkulasi udara sama sekali. Perlu diingat musuh baterai adalah suhu panas.

Hidupkan mode pesawat

Hal ini efektif untuk menghindari suhu panas berlebih karena adanya aktivitas yang sedang berjalan, selain itu pengisian baterai akan lebih cepat dan mencegah partikel baterai tidak cepat bocor dan rusak.

Lakukan pengisian hingga 100%

Hal ini measih menjadi pro dan kontra apakah baik mengisi daya hingga 100 %, namun sesuai aturan dimana anda dapat mengisi daya hingga full 100 % dengan catatan ketika baterai sudah penuh harus segera dicabut dan jangan lebih dari 30 menit.

Untuk langkah-langkah mengisi daya iPhone sendiri, dapat dilakukan sesuai langkah-langkah dibawah ini :

  1. Sambungkan kepala cas dengan kabel
  2. Colokkan ke stop kontak
  3. Colokan kabel lightning ke hp iphone
  4. Tunggu hingga baterai terisi penuh
  5. Cabut ketika baterai sudah penuh

Mengapa kabel perlu dicolokkan terakhir, hal ini bertujuan agar iPhone tidak menerima kejutan arus listrik karena hal ini sangat berpengaruh untuk berbagai perangkat elektronik.

Selain cara mengecas iphone dengan benar terdapat beberapa hal yang perlu anda hindari juga ketika sedang mengisi daya, seperti :

  1. Mengisi daya pada port usb laptop karena arus masuk yang masuk sangat lemah.
  2. Sering mengisi daya menggunakan power bank yang dapat memperpendek usia pakai baterai
  3. Mengisi daya dengan wirelles charging karena memberikan suhu panas yang berbeda
  4. Mengfungsikan iphone ketikas sedang dicas
  5. Lupa mencabut iPhone ketika baterai sudah 100%

Itulah beberapa cara mengisi baterai iphone yang benar dengan baik dan benar agar baterai tetap awet. Semoga daoat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *