Cara Memilih Jasa Pengiriman di Shopee Terbaru 2022, Sudah Tahu?

Posted on

Shopee merupakan salah satu marketplace yang digemari oleh banyak orang karena memberikan kemudahan dalam melakukan pembelian berbagai macam kebutuhan secara online.

Sebagai pengguna setia, anda tentunya harus mengetahui bagaimanakah cara memilih jasa pengiriman di Shopee tersebut. Hal itu bukan tanpa alasan karena terkadang sebagian besar dari pengguna kurang suka dengan jasa pilihan.

Sebenarnya untuk aturan terbaru, pihak Shopee memang akan memilihkan jasa ekspedisi setelah anda melakukan pesanan. Tetapi jangan khawatir! Karena ternyata pengguna masih bisa mengubah jasa kirim yang akan digunakan buat mengirimkan pesanan tersebut.

Nah, jangan khawatir untuk melakukannya sendiri sebenarnya tidaklah sulit.

Cara Memilih Jasa Pengiriman di Shopee Terbaru 2022

Sekilas Jasa Kirim di Shopee

Sebenarnya cara memilih layanan pengiriman memang masih disediakan oleh pihak Shopee. Tetapi ternyata didalamnya terdapat sedikit perubahan yang harus diketahui oleh para pengguna.

Dimana nantinya pihak mereka akan langsung memilihkan jasa secara otomatis sehingga anda bisa lebih hemat dalam berbelanja.

Adapun pemilihan jasa secara otomatis tersebut ternyata terdapat beberapa alasan didalamnya. Menurut Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handika Jahja mengatakan bahwa perubahan tersebut memang membuat tampilan baru pada sistem fitur pemilihan jasa kirim.

Aturan ini berlaku agar semua perusahaan ekspedisi memiliki kesempatan sama untuk mengantarkan pesanan.

Adapun cara memilih jasa tersebut di Shopee ternyata diganti dengan layanan instant, same day, next day, regular, hemat hingga kargo. Disinilah anda bisa memilih manakah layanan yang akan dikirim tersebut dengan mudah.

Namun, walaupun jasa kirimnya secara otomatis dipilihkan, tetapi anda tetap bisa merubahnya dan pembeli bisa langsung memilih jasa kirim yang disukai sekaligus sesuai dengan kebutuhan.

Ini tentu sangat penting terutama bagi anda dimana sudah terbiasa menggunakan satu jasa ekspedisi saja.

Penerapan fitur untuk bisa memilih jasa pengiriman tersebut ternyata juga akan membantu para konsumen agar bisa lebih hemat sebesar 105 untuk berbagai macam pilihan favorit.

Namun untuk bisa merubahnya, maka pastikan apabila status pesanan masih sedang dikemas serta belum muncul resi pengiriman yang sudah diproses.

Nah, apabila ternyata didalam pesanan sedang dikemas sudah terdapat resi maka anda dijamin tidak akan pernah bisa mengubah jasa ekspedisi tersebut.

Tipe Layanan Pengiriman di Shopee

Agar tidak sampai salah dalam memilih opsi pengiriman, maka anda harus memahami bagaimanakah tipe layanan yang didukung diatas. Untuk lebih jelasnya berikut ini tipe-tipe layanan untuk pengiriman dari Shopee.

Regular

Untuk tipe regular ini sendiri terdiri dari J & T Express, SiCepat Reg, Anteraja, JNE Reguler, Ninja Express, ID Express, Pos Kilat kHusus, Shopee Express Standart.

Hemat

J&T Economy dan SiCepat Halu

Instant

GrabExpress Instan, Gosend Instan serta Shopee Express Instan

Next Day

JNE YES

Kargo

JNE Trucking

Samaday

Gosend Sam Day, GrabExpress Same Daya dan Shopee Express Same Day.

Cara Memilih Layanan Pengiriman di Shopee

Walaupun fitur layanan ekspedisi di Shopee mempunyai tampilan dan tipe pengiriman berbeda dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ternyata masih bisa merubahnya lho.

Tetapi, anda memang diharuskan untuk memilih tipe layanan apakah regular, hemat, instan ataukah lainnya.

Pengubahan kurir inilah bisa dilakukan apabila pembeli kurang cocok dengan kurir yang dipilihkan secara otomatis oleh pihak Shopee. Untuk melakukannya, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya adalah

Masuk ke Aplikasi Shopee

Pertama, anda bisa langsung masuk ke aplikasi Shopee dengan menggunakan akun yang digunakan buat order. Setelah itu, masuk ke dalam akun dengan memilih menu Saya yang terletak di pojok kanan bawah.

Halaman Pesanan Saya

Sudah masuk ke menu saya, maka selanjutnya bisa langsung masuk ke halaman pesanan saya. Pastikan anda juga telah menyelesaikan pembayaran atas orderan yang anda lakukan tersebut. selanjutnya ikuti langkah berikut.

  1. Masuk ke menu dikemas di halaman pesanan saja.
  2. Apabila sudah diklik, maka anda bisa memilih orderan mana yang akan diubah kurir pengirimannya.
  3. Masuk Ke Rincian Pesan

Setelah memilih orderan yang bersangkutan, anda bisa langsung memilih rincian pesanan dengan masuk ke informasi pengiriman. Disinilah anda bisa klik ubah pada informasi pengiriman.

Terdapat beberapa pilihan kurir yang dapat dipilih seperti J&T express, JNE Reguler, SiCepat Reg, Ninja Express, ID Express dan Shopee Express Standar. Pilihan pengiriman inipun juga tergantung dengan pihak seller menyediakan layanan apa sajakah.

Jika sudah memilih jasa kurirnya, maka jangan lupa untuk menekan konfirmasi agar perubahan bisa segera disimpan oleh pihak sistem bersangkutan.

Anda bisa langsung melihat perubahan tersebut pada informasi pengiriman. Perlu diingat bahwa perubahan tersebut hanya bisa dilakukan satu kali saja.

Tips Dalam Melakukan Perubahan Kurir

Bagaimana mudah bukan dalam melakukan perubahan layanan kurir diatas? Walaupun cara diatas cukup mudah tetapi anda juga harus mengetahui beberapa hal penting sebelum melakukan perubahan tersebut.

Untuk memahaminya lebih lanjut, maka anda dapat menyimak beberapa tips berikut.

Pastikan Memperhatikan Waktu merubah

Dengan memilih jasa kirim yang diinginkan oleh pembeli maka akan memberikan keuntungan tersendiri. Terlebih lagi untuk melakukannya ternyata tidaklah sulit bahkan terbilang sangat mudah.

Sebab anda hanya perlu masuk ke halaman rincian pesanan dan memilih jasa kurir pilihan.

Tetapi perlu diingat bahwa terdapat pembatasan waktu untuk bisa melakukan perubahan tersebut. Yakni dalam kurun waktu 1 jam setelah pihak pembeli menyelesaikan pembayaran sekaligus pesanan berubah menjadi sedang dikemas.

Status Order Sedang Dikemas

Perlu diingat bahwa anda masih bisa melakukan perubahan jasa kirim apabila barang pesanan di Shopee masih dalam status sedang dikemas. Tetapi apabila penjual sudah mengirimkannya maka anda tidak akan pernah bisa memilih atau merubah jasa kurir yang diinginkan tersebut.

Pastikan Nomor Resi Belum Muncul

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila perubahan kurir sendiri bisa dilakukan apabila pihak seller belum mengirimkan orderan atau pesanan masih berada di status dikirim. Itu artinya pihak penjual belum memproses orderannya sehingga nomor resi belum muncul.

Itulah mengapa agar proses perubahan tersebut dapat dilakukan maka pastikan apabila tidak ada resi yang muncul didalamnya. Jika sudah ada, maka dijamin tidak akan pernah bisa melakukannya.

Sesuai Aturan Penjual

Sebagai catatan penting, anda sendiri bisa mengubah dan memilih kurir sesuai dengan aturan dari pihak penjual. Dimana pembeli biasanya hanya bisa memilih kurir yang sudah diaktifkan oleh pihak penjual. Tidak semua penjual ternyata juga menyediakan layanan jasa kirim lengkap.

Sebagai contohnya apabila anda ingin memilih J&T express tetapi pihak mereka hanya menyediakan layanan dari SiCepat Reg, maka anda tidak akan pernah bisa mengubahnya.

Shopee sendiri menjadi salah satu marketplace favorit bagi banyak orang karena menyediakan berbagai layanan dan fasilitas penting. Termasuk untuk merubah jasa ekspedisi yang diinginkan. Bagaimana mudah buka cara memilih jasa pengiriman di Shopee diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.