7 Cara Mengatasi Webpage Not Available Pada HP Android 2022

Posted on

Pernahkah kamu mengalami masalah pada browser HP Android, dimana ketika ingin membuka sebuah situs ternyata tidak bisa dan tidak tersedia? Jangan panik dulu, ada cara mengatasi webpage not available bisa dilakukan ketika hal tersebut terjadi. Mau tahu bagaimana caranya?

Kenapa Situs Internet Tidak Bisa Dibuka?

Cara Mengatasi Webpage Not Available

Ada beberapa alasan, mengapa sebuah situs atau bahkan semua situs yang diketik di halaman browser ternyata not available. Sama halnya dengan cara mengatasi page not found yang juga sering terjadi pada HP Android.

Bisa saja karena beberapa hal umum berikut ini, yang mungkin tanpa disadari pernah kamu lakukan atau sedang terjadi pada HP Androidmu.

  • Proteksi Sistem Perangkat

Ketika jaringan yang digunakan sebuah situs tidak aman, berpotensi mengirimkan malware atau virus pada HP Android maka bisa saja sistem keamanan dari perangkat ponsel tersebut melakukan proteksi.

Caranya, dengan memblokir situs sehingga tidak tersedia untuk dibuka oleh browser yang digunakan. Oleh karena itulah, muncul notifikasi webpage not available. Tapi, masalah ini biasanya hanya terjadi ketika ponsel sudah dibentengi dengan antivirus tambahan atau maksimalitas dari anti malware dari sistem perangkat.

  • Jaringan Internet Tidak Stabil

Ketika jaringan internet tidak stabil, kemungkinan tidak terbukanya halaman sebuah situs dengan sempurna sangat besar terjadi. Jika jaringan internet low maka proses membuka situs akan terganggu, lalu saat sudah stabil maka sistem HP akan mencoba membuka situs itu kembali.

Nah, jika sudah berulang kali tidak kunjung dapat dibuka maka kemungkinan muncul notifikasi webpage not available sangat besar.

  • DNS Sedang Bermasalah

DNS Sedang Bermasalah
Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay

Domain Name System (DNS), sangat berhubungan dengan interaksi antara pengguna dengan perangkat Android. Ketika interaksi tidak berjalan lancar, misalnya perintah yang diberikan pengguna HP lewat menu atau lainnya tidak bisa dilakukan oleh perangkat Android.

Maka, dampaknya bisa juga membuat internet jadi bermasalah dan situs yang diinginkan tidak dapat terbuka seperti biasa. Pada kondisi ini, kamu juga perlu cara mengatasi website not found yang tepat.

Sebagai penghubung antara IP address dan URL, bisa saja ketika DNS sedang bermasalah maka koneksi antara kedua komponen virtual internet tersebut tidak terjalin dengan baik. Dimana situs tidak bisa diidentifikasi oleh sistem perangkat, lalu berujung pada tidak tersedianya sebuah situs untuk dibuka oleh pengguna Android melalui perangkat mereka.

  • IP Akses Mengalami Pemblokiran

Pemblokiran yang terjadi bisa disebabkan adanya kecurigaan atas aktivitas di HP yang tidak baik. Sehingga, saat pemblokiran IP Akses otomatis membuat jaringan internet menjadi terganggu dan pengguna perangkat tidak bisa membuka halaman-halaman sebuah situs.

Alhasil harus dilakukan berbagai cara mengatasi webpage not available, supaya bisa diakses kembali.

  • Domain Situs Kadaluarsa

Domain merupakan komponen penting yang dimiliki sebuah situs. Untuk mendapatkannya, pemilik situs harus mendaftar terlebih dahulu. Kemudian baru dapat menggunakan sebuah domain yang tepat.

Proses mendaftar tersebut, akan dibarengi dengan diberikannya kontrak penggunaan domain untuk waktu tertentu. Jika pemilik situs tidak melakukan daftar ulang ketika waktu penggunaan domain sudah habis, maka konsekuensinya adalah situs tidak bisa diakses untuk sementara dan notifikasi bahwa situs tidak bisa diakses akan muncul otomatis.

Lalu, jika pemilik situs membiarkan domain yang dipakai sudah kadaluarsa tentu siapapun yang mencoba mengakses situs tersebut tidak akan berhasil.

  • Hosting Bermasalah

Hosting Bermasalah

Sama halnya dengan domain, hosting juga merupakan instrumen penting dalam membangun sebuah website. Ketika hosting sedang mengalami masalah, otomatis sebuah situs tidak bisa dibuka sampai masalah hosting dapat diselesaikan.

  • Situs Sedang Banyak Pengunjung

Pada beberapa situs, ketika pengunjung sedang membludak bisa saja terjadi masalah koneksi. Dimana kamu yang harus antri untuk membuka situs tersebut, harus rela mendapatkan notifikasi bahwa situs sedang tidak tersedia.

Ibarat sebuah toko, ketika pengunjung penuh bisa saja pemilik toko menutupnya sementara sampai kondisi hectic yang terjadi selesai. Sehingga pengunjung lainnya harus rela antri di luar.

  • Situs Di Hack Oleh Pihak Lain

Saat ini para hacker yang ingin melakukan hal tidak baik pada sebuah situs internet, bisa saja melakukan upaya agar tidak ada orang lain bisa masuk ke laman tersebut. Salah satunya adalah dengan menonaktifkan situs sehingga teridentifikasi tidak tersedia.

7 Cara Mengatasi Webpage Not Available Pada HP Android

Ada beberapa cara mengatasi webpage not available bisa dilakukan, sesuai dengan penyebabnya masing-masing. Coba cek penyebabnya, lalu pilih cara yang tepat berikut ini.

  • Cek Koneksi Internet

Periksa Koneksi Internet

Ini adalah cara pertama yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengecek koneksi internet . tentunya dengan membuka pengaturan dan melihat koneksi internet yang ada.

Biasanya secara kasat mata sudah bisa terlihat, misalnya ketika kamu menggunakan koneksi Wifi maka ketika tanda sinyal di sisi kanan atau kiri atas halaman utama HP tidak muncul, artinya koneksi tidak berjalan lancar.

Sedangkan jika menggunakan kuota internet sendiri, maka ketika koneksi tidak stabil ditandai dengan tanda silang di sisi kiri atas jaringan internet yang biasanya memiliki logo 4G.

  • Keluar Dari Browser

Jika ternyata internet stabil namun situs tetap tidak bisa terbuka, maka cara berikutnya adalah coba keluar dulu dari halaman browser tersebut. Kemudian non aktifkan internet, lalu aktifkan kembali.

Selanjutnya buka kembali browser tersebut, biasanya sudah bisa dibuka. Ketika masalahnya adalah lag sistem ketika mencoba membuka halaman situs tersebut.

  • Uninstall Browser

Ada juga langkah yang bisa dilakukan, yaitu dengan menghapus terlebih dahulu browser yang dipakai untuk membuka situs tertentu. Sebelum dihapus, kamu bisa membersihkan cache dari browser tersebut sehingga tidak ada file browser yang tertinggal.

Jika sudah melakukan uninstall, coba lakukan install ulang browser tersebut dan buka kembali situs yang diinginkan.

  • Gunakan Browser Lain

Untuk mengetahui apakah benar situs yang kamu mau buka tersebut bermasalah atau tidak, bisa juga dengan mencoba membukanya pada browser lain. Caranya, unduh dulu browser tambahan yang kamu inginkan kemudian aktifkan dan coba buka situs disana dengan langkah yang tersedia.

Kalau memang tetap tidak bisa dibuka, maka memang benar kalau yang bermasalah adalah situs tersebut dan bukan browser atau jaringan internet pada perangkat Android.

  • Restart HP

restart hp

Melakukan restart HP Android, merupakan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan. Bisa saja, akar masalah berada pada sistem koneksi pada HP yang tidak terhubung akibat hal tertentu. Sehingga butuh upaya mengembalikan pengaturan seperti saat baru aktif.

  • Matikan Aplikasi Antivirus

Sejumlah situs teridentifikasi sebagai situs mencurigakan bagi sebagian besar antivirus kekinian, yang disediakan untuk perangkat HP Android. Bisa saja, situs yang ingin kamu buka tersebut terdeteksi malware oleh antivirus yang kamu pakai.

Oleh karena itu, jika memang tetap ingin mencoba membuka situs tersebut maka langkah berikutnya bisa dilakukan adalah menonaktifkan sementara antivirus. Lalu coba buka situs tersebut melalui browser perangkat.

Semoga informasi diatas, tentang bagaimana cara mengatasi webpage not available bisa menjadi solusi bagi kamu yang memang dibuat bingung kenapa sebuah situs tidak bisa dibuka melalui browser, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.