Cara Mengatasi Telegram Lemot & Tidak Bisa Di Buka

Lagi pusing mengatasi telegram yang lemot atau bahkan tidak bisa dibuka? Padahal sedang ada pembahasan penting di group. Seringkali kita menyalahkan ponsel/ smartphone kita ketika hal tersebut terjadi. Padahal ada beberapa penyebab lain yang mungkin tidak kamu sadari. Untuk itu silahkan simak ulasan berikut, agar aplikasi telegram bisa lancar kembali.

Telegram memang telah menjelma menjadi aplikasi chat terpopuler saat ini. Bahkan di play store sudah menempati urutan pertama di kategori communication, berada di atas whatsapp. Tercatat sudah lebih dari 400 juta pengguna aktiv yang tersebar di seluruh dunia.

cara mengatasi telegram lemot
cara mengatasi telegram lemot

Hal itu memang tak lepas dari sejumlah kelebihan telegram ketimbang whatsapp. Mulai dari kapasitas grup hingga keberadaan channel di telegram. Dengan bergabung di channel tersebut kita bisa menemukan berbagai macam film, software, aplikasi dan lain sebagainya. Yap,aplikasi besutan Pavel Durov ini memang memiliki kemampuan untuk mengunggah file hingga 1,5 Gb. Selain memberi kelebihan, hal itu juga menjadi boomerang bagi pengguna yang tidak jeli.

Terlalu banyak bergabung dengan channel atau grup kerap kali membuatnya jadi lemot. Apalagi untuk hp kentang kentang, terutama dengan RAM 2 Gb kebawah. Jika sudah terlalu berat, bisa jadi telegram tidak bisa dibuka. Berikut beberapa penyebab lain yang juga perlu kamu ketahui

Penyebab Telegram Lemot

1. Aplikasi Belum Di Update

Setiap developer kerap kali memberikan pembaharuan untuk memperbaiki bug dan kekurangan di versi sebelumnya. Jika kamu membiarkanya, tanpa melakukan update aplikasi, bisa memembuatnya jadi lemot

2. Terlalu banyak chat yang tersimpan

Jika spek ponselmu pas pasan, jangan terlalu banyak menyimpan pesan. Apalagi yang didalamnya memuat file file berukuran besar. Ketika hal tersebut terjadi, maka butuh waktu yang lebih lama untuk loading ketika kamu membukanya.

3. Terlalu Banyak Cache

Ini juga menjadi salah satu penyebab telegram lemot. terlalu banyak cache membuat kapasitas memori terpangkas. Untuk itu rajin rajinlah untuk membersihkan cache

4. Penyimpanan internal penuh

File file seperti image, audio hingga video kerap membuat memori ponsel penuh. Jika hal tersebut terjadi membuat ponsel jadi lemot, termasuk ketika membuka telegram. Jadi selalu cek sisa kapasitas memori internal, dan jangan biarkan sampai penuh.

5. Fitur auto download

Beberapa aplikasi chat seperti whatsapp dan telegra, memiliki fitur auto download ketika seseorang mengirimkan file baik secara pribadi ataupun di group. Selain memakan kapasitas memori, hal itu juga membuat kuota internet jadi boros. Untuk itu kamu bisa memilih opsi untuk menonaktifkan fitur yang satu ini.

6. Terlalu Banyak Bergabung Channel/ group

Seperti yang dijelaskan diawal tadi, terlalu banyak bergabung di group atau channel membuat beban telegram bertambah. Apalagi jika didalamnya memuat file file yang berukuran besar.

Cara Mengatasi Telegram Lemot

Dari penjelasan diatas, tentu kalian sudah bisa mengira ngira apa yang harus di lakukan. Berikut penjelesan selengkapnya

  • Pastikan aplikasi yang kamu instal adalah versi terbaru. Masuk ke play store> my aplication > jika ada tulisan update silahkan klik saja. Jika tidak ada maka kemungkinan sudah versi yang paling baru.
  • Silahkan hapus chat yang tidak penting. Caranya cukup mudah, cukup klik titik tiga di kiri atas lalu klik clear chat
  • Hapus cache dengan cara masuk ke menu setting/pengaturan> aplikasi > telegram> hapus cache.
  • Cek sisa kapasitas memori internal smartphone. Jika kurang dari 500 mb sebaiknya hapus beberapa file yang tidak penting.
  • Masuk ke menu setting telegram lalu matikan fitur auto download
  • Jangan terlalu banyak bergabung dengan grup/channel. Lebih baik jika tidak begitu penting keluar saja.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi telegram lemot. Semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu dan bisa lancar kembali seperti semula. Jika kamu memiliki pengalaman lain dalam mengatasinya, bisa ditambahkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *