Cara Mengatasi MS Word Tidak Bisa Print (There is not printer installed)

Akhir akhir ini saya sedang fokus mengulas tentang problem atau masalah yang kerap dialami pengguna printer. Mulai dari print tidak terdeteksi, tinta printer tidak keluar, dan lain sebagainya. Nah untuk kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara mengatasi MS word tidak bisa print. Padahal komputer sudah mendeteksi printer ready to print. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? mari kita simak penyebab dan solusi mengatasinya.

Sudah menjadi rahasia umum, Microsoft Word merupakan software wajib yang harus terinstal dalam perangkat komputer. Baik itu di bidang instansi/perkantoran maupun dalam dunia pendidikan tak lepas dari yang namanya Ms Word. Sebab segala macam dokumen umumnya memang diketik di ms word sebelum nantinya dicetak.

mengatasi ms word tidak bisa print
mengatasi ms word tidak bisa print

Namun terkadang pengguna juga mengalami kendala pada saat mau mencetak dokumen. Salah satunya adalah Ms Word tidak bisa print yang biasanya ditunjukan dengan notif There is not printer installed.  Lantas bagaimana cara mengatasinya? sebelum melangah lebih lanjut sebaiknya cek dulu koneksi antara printer dan perangakat komputer. Mulai dari kondisi kabel, port USB an juga pastikan printer sudah ON. Jika semua sudah ready namun tetap tak bisa digunakan, ikuti langkah dibawah:

Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Print

  1. Pastikan driver terinstal
    Driver printer yang eror ataupun belum terinstal menyebabkan printer tidak terdeteksi oleh komputer. Oleh karena itu muncul notif there is not printer installed saat mau digunakan untuk mencetak dari ms.word. Jika belum terinstal, silahkan download terlebih dahulu sesuai dengan seri printer masing masing.
  2. Buka dari Run As Administrator
    Buka file dokumen yang akan dicetak dengan cara klik kanan. Lalu pilih run as administrator. Dengan cara ini kamu membuka dokumen sebagai admin sehingga bisa mendapatkan full akses. Umumnya masalah tidak bisa print dari ms word teratasi dengan cara ini.
  3. Pastikan versi word sudah sesuai dengan OS
    Jika masalah tak kunjung teratasi, silahkan cek apakah software microsoft office yang terinstal sesuai dengan sistem operasi. Misalnya saja OS dengan 64 bit maka harus menginstal Microsoft office yang kompatibel dengan OS tersebut.
  4. Buka services.msc
    Melalui perintah run silahkan ketikan services.msc. Kemudian cari file bernama print spooler. Pastikan startup type sudah otomatis (automatic) serta bagian status dalam keadaan running.
  5. Instal Ulang Ms Word
    Langkah terakhir yang bisa dilakuakn untuk mengatasi ms word tidak bisa print aalah dengan menginstal ulang software ms.word. Mungkin saja ada error atau terserang virus sehingga tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen.

Demikian tadi ulasan mengenai cara mengatasi tidak bisa print pada ms word. Selain melakukan langkah langkah diatas, pastikan juga kondisi printer tidak bermasalah. Untuk mengetesnya kamu bisa menggunakan fitur scan copy apakah printer bisa mencetak atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *