Pengertian, Fungsi Dan Cara Power Ink Flushing Printer Epson

Power Ink Flushing merupakan sebuah fitur yang dimiliki epson seri L210 keatas. Sementara untuk seri L110 ke bawah belum memiliki fitur ini namun hanya ada power cleaning. Fitur ini bisa kalian gunakan ketika menjumpai beberapa masalah pada printer seperti hasil bergaris, atau justru tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Seperti apa cara melakukanya? yuk simak ulasanya berikut ini:

Tidak selamanya printer yang kita gunakan akan menghasilkan cetakan sempurna. Sekalipun itu merk epson, tetap saja tak lepas dari yang namanya masalah. Pemakaian yang lama dan sudah digunakan ratusan bahkan ribuan cetakan menimbulkan beberapa masalah. Misalnya saja seperti cetakan bergaris, putus putus atau bahkan sampai tidak keluar tinta. Masalah seperti ini umumnya disebabkan oleh kondisi tinta yang tidak bisa keluar secara sempurna. Penyebabnya bermacam macam bisa karena tinta yang mengering, masuk angin atau justru kondisi tinta yang sudah habis.

Jika mengalamai masalah demikian, jangan buru buru membawanya ketukang service. Sebab kamu bisa melakukan cleaning printer epson sendiri dirumah. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur Power Ink Flushing. Namun sebelumnya silahkan lakukan pengecekan secara fisik dulu apakah kondisi tinta masih atau sudah habis. Bagi yang baru menggunakan printer epson, mungkin masih belum begitu mengerti apa itu power ink flushing pada printer epson? Untuk itu coba saya jelaskan dulu.

Jadi power ink flushing adalah fitur pada printer epson untuk melakukan proses cleaning atau pembersihan head printer 3x lebih kuat dibanding head cleaning biasa. Dengan demikian tinta yang macet/mengering dan juga gelembung udara yang mungkin masuk dalam sistem bisa dikeluarkan secara paksa. Namun perlu diingat menggunakan fitur ini akan membuang tinta cukup banyak dan juga jangan sering dilakukan karena membuat catridge melemah jika terlalu sering.

Cara Melakukan Power Ink Flushing Printer Epson

Pertama tama silahkan hubungkan dulu printer dengan perangkat komputer, lalu hidupkan printer. Jika sudah ikuti langkah langkah berikut:

  • Buka tray icon di pojok kanan layar
  • Klik tanda printer lalu pilih printer setting.

    cara cleaning printer epson
    cara cleaning printer epson
  • Klik pada maintenance, lalu muncul beberapa fitur seperti nozle check, head cleaning, dll
    cara power ink flushing printer epson
  • Pilih power cleaning
  • Tunggu sampai proses selesai

Setelah melakukan power cleaning, sebaiknya diamkan printer selama 12 jam (dalam kondisi off). Baru setelah itu gunakan untuk ngeprint.

Demikian tadi cara cleaning printer epson dengan mudah. Power ink flushing bisa menjadi solusi mengatasi hasil cetakan bergaris atau kualitas cetakan menurun pada printer epson. Jadi jangan buru buru langsung dibawa ketukang service kalau bisa diatasi sendiri dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *