Cara Mengatasi Printer Epson Tidak Keluar Tinta Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Printer Epson Tidak Keluar Tinta – Memang Epson sudah tidak diragukan lagi akan kualitasnya. Akan tetapi dalam setiap penggunaanya tetap saja tidak lepas dari error. Misalnya printer tidak terdeteksi, printer tidak bisa menarik kertas, hingga printer tidak keluar tinta saat digunakan. Masalah masalah tersebut terjadi seiring dengan pemakaian yang terlalu intens atau sebaliknya printer justru jarang digunakan.

Pada saat mengalami error printer epson tidak keluar tinta, seringkali tidak ada gejala gejala yang terjadi. Lampu indikator tidak berkedip/ blinking dan perangkat dalam keadaan ready to print. Akan tetapi saat digunakan untuk mencetak dokumen, hasilnya bergaris, putus putus atau bahkan tidak ada tintanya sama sekali. Sebelum melangkah lebih lanjut, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakuka Nozzle Check. Dengan pengecekan ini kita akan tahu catridge apa yang bermasalah apakah catridge hhitam atau warna.

printer tidak keluar tinta
printer tidak keluar tinta

Jika masalah tidak serius, artinya printer masih bisa keluar hanya saja putus putus umumnya bisa teratasi dengan melakukan head cleaning. Print head seringkali kotor setelah digunakan berkali kali sehingga menghambat distribusi tinta. Al hasil printoutnya jadi putus putus atau bergaris. Penyebab tinta printer tidak keluar lainya adalah terdapat angin didalam sistem. Jika ini terjadi, tinta yang keluar bercampur dengan udara sehingga hasil print putus putus. Yang lebih parah lagi yang keluar hanya angin saja. Penyebab terakhir adalah head yang sudah rusak akibat pemakaian yang terlalu intens. Lantas bagaimana cara mengatasinya? berikut langkah langkah yang bisa kalian lakukan

Cara Mengatasi Printer Tidak Keluar Tinta

1. Head Cleaning

Berikut step by step melakukan head cleaning pada windows 10

  • Nyalakan printer dan koneksikan dengan komputer
  • Buka Control panel pilih hardware and sound lalu pilih device and printers
  • Selanjutnya pilih seri printer epson
  • Klik kanan, pilih printer properties
  • Pada jendela properties, pilih preference dan klik maintenance
  • Klik pada opsi Head leaning
  • Start dan tunggu sampai proses selesai.

    cara mengatasi printer epson tidak keluar tinta
    cara mengatasi printer epson tidak keluar tinta

2. Lakukan Printer Troubleshooter

  • klik kolom search deat logo start, ketikan “troubleshoot”
  • Klik pada troubleshoot setting
  • Pilih printer, klik run the troubleshooter
  • Tunggu sampai selesai, dan ikuti perintahnya

    penyebab tinta printer tidak keluar
    penyebab tinta printer tidak keluar

3. Pengecekan fisik
Pada printer yang menggunakan sistem infus lakukan pengecekan fisik. Cek pada tabung tinta, volume dan kondisi tinta dalam tabung, dan lakukan pengecekan pada selang infus. Pastikan semua dalam kondisi baik baik saja.

4. Mengeluarkan udara dalam sistem
Salah satu penyebab printer epson tidak keluar tinta adalah adanya rongga udara dalam sistem. Hal ini sering terjadi akibat terlambat melakukan pengisian tinta. Untuk itu sebaiknya isi tinta sebelum habis. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Jika terdapat udara dalam sistem, tentu saja harus kita sedot dan keluarkan. Untuk tutorial mengeluaran udara dari printer akan kita bahas pada artikel tersendiri

5. Membersihkan sumbatan pada head
Tinta tinta yang mengering, bisa menyebabkan penyumbatan pada head print. Hasilnya lubang nozzle printer jadi tertutupi yang secara otomatis mempengarui hasil cetakan. Umumnya kondisi seperti ini terjadi pada printer yang jarang digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan printer setidaknya dua kali dalam seminggu.

Adapun cara membersihkan head print adalah dengan menggunakan cairan head cleaner. Kamu isa menggunakan bantuan suntikan bekas untuk memasukanya. Untuk tutorialnya, nanti akan dibahas pada artikel tersendiri.

6. Head rusak
Kebalikan dari kasus nomor 5, pada kasus head rusak biasanya disebabkan karena pemakaian yang terlalu berat. Pemakaian yang sangat intens menyebabkan hea panas dan berakhir pada keruakan. Oleh sebab itu baiknya jika ingin mencetak dalam jumlah banyak beri jeda jangan langsung sekaligus. Biarkan head dingin dulu lalu gunakan kembali. Jika sudah terlanjur, satu satunya cara mengatasinya adalah dengan mengganti baru.

Demikian tadi cara mengatasi printer epson tidak keluar tinta. Semoga dengan artikel ini bisa membantu terutama bagi anda yang sedang mengalami masalah serupa. Selain itu dengan mengetahui beberapa penyebab tinta printer tidak mau keluar diatas bisa membuat anda lebih teliti dan hati hati dalam penggunaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *