6 Cara Mengatasi Kuota Utama Indosat Tidak Bisa Dipakai

Posted on

Permasalahan pada paket data Indosat memang tidak bisa terhindarkan dari beberapa penyebab tertentu. Kamu bisa menggunakan cara mengatasi kuota utama Indosat tidak bisa dipakai saat mengalami hal tersebut.

Penyebab Kuota Utama Indosat Tidak Bisa Digunakan

Kenali terlebih dahulu permasalahan untuk penyebab dari kuota utama ini tidak bisa digunakan. Biasanya hal tersebut dikarenakan kondisi seperti di bawah ini:

  • Pengguna provider sedang ada di luar kota sehingga Indosat tidak bisa digunakan, hal ini jika kuota utama yang digunakan aktivasi kuota lokasi.
  • Masa aktif paket data internet habis dan tidak terjadi perpanjangan secara otomatis.
  • Kuota utama Indosat sudah habis namun masih dalam masa aktif.
  • Nomor Indosat yang digunakan tidak bisa digunakan atau SIM Card sedang rusak.
  • Pengaturan untuk jaringan tidak tepat dan tidak sesuai dengan kondisi di lokasi.

Penyebabnya harus diketahui terlebih dahulu sehingga pengguna bisa menemukan solusi untuk cara mengatasinya dengan tepat. Dari beberapa poin yang sudah disebutkan di atas maka kamu bisa melakukan analisa kecil sendiri bukan?

Cara Mengatasi Kuota Utama Indosat Tidak Bisa Dipakai

Selanjutnya, yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba mengatasi permasalahan dari kuota utama Indosat tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika berhasil maka kamu bisa mengakses internet seperti sebelumnya.

Yuk, lihat beberapa cara yang bisa digunakan agar permasalahan ini tidak terjadi lagi. Kamu bisa melakukannya sendiri, seperti di bawah ini:

  1. Mencoba Mode Pesawat

Aktifkan-Mode-Pesawat

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba mode pesawat. Hal ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan jaringan yang sedang error sehingga koneksi pada kuota utama tidak berjalan dengan baik.

Cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat pada pengaturan ponsel, untuk lebih jelasnya bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Hidupkan smartphone kamu dengan cara klik Power.
  • Kemudian, jika terkunci bisa dibuka terlebih dahulu sehingga bisa masuk ke smartphone.
  • Lalu, tarik bagian atas untuk navigasi cepat.
  • Temukan gambar pesawat, klik hingga berwarna biru yang menandakan aktif.

Dengan begitu maka mode pesawat sudah aktif dan bisa digunakan untuk refresh jaringan. Untuk sementara saat mode ini digunakan maka smartphone tidak akan mendapatkan sinyal apapun.

Setelah beberapa saat sekitar 3 menit, kamu bisa menonaktifkan kembali dengan cara yang sama. Hanya saja, untuk kali ini pastikan bahwa pengaturan tersebut berwarna abu-abu. Jaringan yang baru akan berjalan lagi dengan mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Cara mengatasi kuota utama Indosat tidak bisa dipakai ini dirasa cukup efektif dilakukan. Pengguna sering menggunakan langkah ini untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik lagi.

  1. Adanya Kuota Lokal

Manfaat Transfer Pulsa Indosat

Sebenarnya, pada kuota utama Indosat ini juga terdapat bagian untuk kuota lokal. Pasalnya, untuk kuota lokal ini hanya bisa digunakan pada wilayah tertentu yang merupakan tempat aktivasi paket data ini. Oleh sebab itu saat berada di luar kota maka kuota tidak bisa digunakan.

Contohnya saja, untuk kuota lokal yang dibeli dan diaktivasi di Jawa Timur berarti hanya bisa digunakan pada lokal tersebut. Sehingga saat kamu pergi ke luar provinsi maka tidak akan bisa digunakan untuk akses internet.

Cara mengatasi ini berarti kamu harus membeli kuota baru lagi agar bisa mengakses internet di luar provinsi. Dan jika sudah membeli kuota utama maka kuota lokal tidak akan berkurang. Pastikan sebelum menggunakan internet mengecek kuota terlebih dahulu sehingga pulsa tidak akan berkurang.

  1. Mengatasi Jaringan Internet

nomor pusat SMS Indosat - sinyal buruk

Cara yang bisa dibilang cukup efektif untuk mengatasi permasalahan kuota tidak bisa digunakan adalah dengan mengecek jaringan internet. Hal ini, terdapat pada menu Pengaturan di smartphone. Cukup mudah untuk melakukannya dengan cara:

  • Masuk ke menu Pengaturan yang ada pada smartphone kamu.
  • Kemudian, langkah selanjutnya bisa memilih pada opsi Jaringan Selular.
  • Pada pilihan tersebut akan ada banyak opsi dan pilihlah Akses Point.
  • Saat Akses Point sudah terbuka maka bisa klik Tambah.
  • Setelah itu, barulah kamu bisa menuliskan indosatgprs pada APN.
  • Dan untuk isian di bawahnya bisa dikosongkan saja.
  • Saat sudah selesai maka bisa klik Simpan.
  • Selanjutnya, pilihlah APN yang sudah kamu buat sebelumnya.

Nah, pada cara ini cukup tricky dan mungkin akan mempengaruhi pada jaringan di kartu seluler kamu. Oleh sebab itu, lakukan dengan hati-hati dan harus cermat agar meminimalisir kesalahan.

Selain sebagai cara mengatasi kuota utama Indosat tidak bisa dipakai, juga bisa digunakan untuk menambah kecepatan jaringan seluler tersebut.

  1. Memindah Mode Jaringan

Ubah Jaringan 4G ke Otomatis

Bisa saja penyebab dari tidak bisa digunakannya kuota utama adalah dengan salahnya mode jaringan. Jadi, kamu bisa memindah mode jaringan terlebih dahulu untuk memaksimalkannya. Dibandingkan kamu harus menggunakan jaringan 4G ada baiknya untuk memilih LTE Only.

Pada jaringan LTE Only biasanya akan lebih optimal karena tidak seluruh wilayah terdapat sinyal 4G. Selain itu, jika sudah dipilih pada LTE Only maka sinyal akan terfokus pada jaringan yang maksimal. Kamu bisa mendapatkan sinyal yang lebih cepat.

Dan juga, karena Indosat adalah GPRS dan saat ini sudah masuk ke dalam jaringan 4G maka kurang tepat jika memilih mode jaringan selain LTE Only. Pastikan kamu bisa memindah mode jaringan ini pada menu Pengaturan karena berbeda untuk setiap merk handphone.

  1. Melihat Kondisi SIM Card

Memastikan SIM Card Rusak
teknologi.id

Selanjutnya, jika sinyal tidak muncul maka bisa terjadi karena kondisi SIM Card sehingga kuota utama tidak bisa digunakan. Nah, untuk cara ini kamu harus melihat secara fisik pada SIM Card yang terpasang pada smartphone.

Lihatlah untuk kuningan yang ada di sana, apakah dalam kondisi baik atau kondisinya sudah buruk. Jika kondisi SIM Card ini buruk maka bisa dilihat pada kuningan yang sudah mulai mengelupas.

Hal ini biasanya diakibatkan oleh SIM Card yang sering dibongkar pasang. Bisa saja faktor ini yang mempengaruhi pada kuota tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Saat SIM Card buruk maka bisa mengunjungi gerai Indosat untuk pergantian kartu.

Maka, kamu akan mendapatkan kartu yang baru dengan kondisi yang baik. Namun, bukan berarti nomor kamu berubah ya! Karena nomor akan tetap sama hanya saja SIM Cardnya yang diganti.

  1. Menghubungi Call Center

Pilihan Paket Nelpon Indosat 1000 Rupiah
arunapasman.com

Saat kamu sudah melalui langkah di atas namun masih belum menemukan cara yang tepat maka mungkin saja terjadi permasalahan pada provider. Kamu bisa menanyakannya melalui call center. Dengan begitu bisa mendapatkan informasi terkini dan solusi yang tepat.

Untuk call center Indosat yang bisa dihubungi pada nomor 186 dan menariknya kamu bisa menghubunginya secara gratis. Call center akan membantu dengan segera untuk permasalahan ini dan cukup berikan informasi mengenai nomor handphone dan konfirmasi masalah.

Cara mengatasi kuota utama Indosat tidak bisa dipakai bisa dicoba mulai dari yang paling atas dan terakhir menggunakan bantuan call center. Kamu bisa memaksimalkan kondisi di tempat kamu agar bisa melakukan akses internet yang diinginkan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.