Penyebab dan Cara Mengatasi Paket Indosat Tidak Bisa Digunakan

Posted on

Menjadi salah satu provider besar di Indonesia, Indosat memiliki berbagai macam tawaran paket untuk para penggunanya. Meskipun begitu, tidak jarang paket Indosat tidak bisa digunakan karena beberapa penyebab. Kenali penyebabnya terlebih dahulu dan kemudian lakukan solusi yang tepat.

Penyebab Paket Indosat Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Paket Indosat Tidak Bisa Digunakan

Berbagai macam kondisi bisa saja terjadi sehingga membuat paket yang sudah dibeli mengalami kendala. Nah, kamu perlu tahu apa sih penyebab dari kendala tersebut?

1.     Kondisi SIM Card Rusak

Pertama adalah kondisi SIM Card yang terpasang pada smartphone kamu. Periksalah terlebih dahulu untuk SIM Card apakah dalam kondisi baik atau terjadi kerusakan.

Pasalnya, jika SIM Card ini rusak maka tidak bisa digunakan dengan baik. Untuk kerusakannya bisa ditandakan dengan kuningan yang terlepas. Dan ini adalah salah satu faktor yang bisa membuat paket tidak bisa digunakan.

2.     Pindah Mode Jaringan

nomor pusat SMS Indosat - sinyal buruk

Penyebab selanjutnya juga bisa terjadi karena sinyal yang kurang kuat. Ini dikhususkan untuk paket internet karena saat ini yang dibutuhkan lebih kepada sinyal 4G LTE.

Kamu harus memastikan bahwa jaringan yang digunakan adalah 4G LTE sehingga akan mendapat sinyal yang maksimal. Saat pengaturan masih belum pindah mode ke 4G maka bisa dipindahkan terlebih dahulu.

3.     SIM Card Belum Teregistrasi

Saat ini jika kamu ingin menggunakan ponsel seluler dengan lancar maka harus mendaftarkan SIM Card terlebih dahulu. Jika SIM Card belum teregistrasi maka bisa saja untuk penggunaan paket Indosat tidak bisa digunakan dengan baik.

Memang untuk registrasi ini wajib dilakukan mengingat peraturan pemerintah yang harus mengirimkan NIK dan Nomor KK untuk kepentingan registrasi. Jika sudah berhasil registrasi maka kartu akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

4.     Terjadi Gangguan di Server Provider

Provider Indosat adalah provider biasa yang bisa saja mengalami error dan gangguan. Namun, hal ini hanya bisa ditunggu dan permasalahan yang tidak dapat diselesaikan dengan cepat.

Saat ini untuk Indosat sendiri sebenarnya sudah melakukan sebuah maintenance server yang baik untuk menghindari adanya error. Provider ini sendiri sudah melakukan perbaikan dan penambahan fitur terbaik sehingga kenyamanan pengguna bisa dirasakan.

Pada penyebab yang bisa terjadi kapan saja tersebut bisa kamu segera atasi, namun jika permasalahan di server maka bisa meminta bantuan pada customer service. Yuk, cari solusi yang tepat sehingga mampu mendapatkan penanganan yang baik.

Cara Mengatasi Paket Indosat Tidak Bisa Digunakan

Saat kamu sudah memahami apa saja yang menjadi penyebab paket tidak bisa digunakan maka selanjutnya dapat mengatasi permasalahan tersebut. Cobalah cara di bawah ini agar bisa terselesaikan, yaitu:

1.     Melalui Menu Pengaturan

Cara Mengatasi Paket Indosat Tidak Bisa Digunakan
dataponsel.net

Pada menu pengaturan ini bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jaringan. Jika ingin menggunakan caranya maka bisa melihat pada langkah-lqngkah di bawah ini:

  • Masuk ke dalam menu Pengaturan yang terdapat pada smartphone kamu.
  • Kemudian, lanjutkan dengan memilih opsi Jaringan Seluler.
  • Selanjutnya, cobalah untuk memilih menu Akses Point sehingga bisa berhasil masuk ke dalam jaringan seluler tersebut.
  • Kemudian, pada kotak Akses Point bisa klik Tambah, lalu isikan pada APN yaitu indosatgprs.
  • Lalu, untuk isian selanjutnya bisa dikosongkan saja, klik Simpan dan untuk APN bisa dipilih pada pilihan yang sudah dibuat sebelumnya.

Saat kamu mengikuti langkah di atas maka bisa mendapatkan jaringan internet yang sesuai. Jadi, untuk penyebab jaringan yang salah tidak akan terjadi paket data tidak bisa digunakan.

2.     Registrasikan Kartu SIM

Registrasikan Kartu SIM

Untuk mengatasi permasalahan registrasi kartu SIM maka cukup dengan meregistrasikan ulang untuk kartu Indosat kamu. Sebenarnya, caranya cukup mudah dan secara default sama saja. Namun, untuk lebih mudahnya bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Pesan yang ada pada smartphone kamu.
  • Kemudian, pilihlah Pesan Baru untuk mengirimkan pesan.
  • Kamu bisa mengisikan nomor tujuan dengan 4444.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi badan pesan dengan format REG(spasi)NIK#NomorKK#.
  • Jika sudah mengetikkan dengan benar maka klik tombol Kirim.

Untuk satu NIK yang digunakan bisa digunakan untuk meregistrasikan sampai dengan 3 kali kartu SIM yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan satu NIK saja untuk 3 nomor dan provider yang berbeda.

3.     Restart Ulang Handphone

Sistem Android juga bisa mengalami permasalahan sehingga harus diselesaikan. Untuk solusinya, kamu bisa melakukan restart ulang handphone tersebut. Dengan cara merestart ulang maka error ringan pada ponsel akan terselesaikan.

Caranya cukup mudah karena hanya dengan menahan tombol Power hingga ada pilihan beberapa opsi di layar. Kamu bisa memilih pada Restart HP kemudian handphone akan memulai ulang.

Dengan melakukan restart ulang maka bisa mendapatkan sebuah sinyal baru pada jaringan provider ini. Bagaimana? Apakah kamu sudah pernah melakukan sebuah restart handphone sehingga mampu mendapatkan sinyal yang stabil?

4.     Mengecek SIM Card

2 Cara Ganti Kartu Indosat dengan Nomor yang Sama Online dan Offline
popbela.com

SIM Card ini bisa dilakukan pengecekan terlebih dahulu karena jika penempatannya kurang tepat maka bisa dibenarkan. Pada SIM Card ini adalah kunci untuk mendapatkan sebuah sinyal sehingga harus ditempatkan dengan baik.

Kuningan SIM Card harus sesuai di tempat yang sudah disediakan sehingga bisa terbaca pada smartphone. Cobalah untuk mengeluarkan dan membersihkan bagian kuningannya dengan hati-hati sampai tidak ada kotoran atau goresan.

Kemudian, pasangkan kembali SIM Card tersebut pada smartphone. Saat masih tidak bisa digunakan atau tidak bisa terbaca maka lakukan penggantian SIM Card pada gerai Indosat agar diberikan SIM Card yang baru.

Namun, jika SIM Card sudah pada tempat yang sesuai maka harus dilihat masa tenggang dari kartu Indosat. Apakah masih dalam masa aktif dan mendapatkan cukup sinyal? Jika dalam masa tenggang maka harus diisi pulsa agar mendapatkan masa aktif kembali.

Pasalnya, untuk SIM Card yang masuk ke dalam masa tenggang maka tidak akan bisa digunakan untuk kuota internet yang masih tersisa. Lakukan perpanjangan masa aktif atau membeli isi ulang pulsa.

5.     Mengatur Mode Jaringan Smartphone

Untuk selanjutnya yang bisa dibuat untuk mengatasi paket Indosat tidak bisa digunakan adalah dengan mengatur mode jaringan smartphone. Pada mode ini biasanya tidak sesuai dengan yang diatur atau mode jaringan yang ada.

Contohnya saja untuk kuota internet ini hanya bisa digunakan pada jaringan 4G LTE sehingga untuk smartphone masih diatur pada jaringan 2G/3G sehingga tidak sesuai. Maka, jika terjadi hal tersebut pengguna harus melakukan setting ulang dengan cara mengganti mode jaringan 4G Only.

Akan tetapi, kamu perlu menyesuaikan pengaturan pada mode jaringan yang sesuai dengan jenis kuota yang ada. Pada pergantiannya cukup dengan masuk ke menu Pengaturan dan memilih Jaringan Seluler sehingga menyesuaikan jaringan yang dimiliki.

Jika cara mengatasi paket Indosat tidak bisa digunakan di atas belum berhasil dilakukan maka yang bisa dijadikan solusi adalah menghubungi call center pada nomor 185 atau 021 3000 3000. Dengan menghubungi call center maka bisa mendapatkan solusi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.