Cara Mencari Menu Settings di HP Samsung

Posted on

Cara mencari menu settings di HP Samsung sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari jenis HP yang digunakan, hingga lokasi dari pencarian agar tidak salah.

Cara Mencari Menu Settings di HP Samsung

Cara Mencari Menu Settings di HP Samsung

Cara mencari dimana letak menu setting di HP Samsung bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1.     Cek Logo di Layar

Cara mencari menu settings di HP Samsung yang pertama adalah dengan melakukan proses pengecekan pada layar. Kamu bisa menggeser layar ke kiri atau ke kanan hingga menemukan logo yang biasanya berbentuk gerigi.

Di bawah logo itu akan ada tulisan settings ataupun pengaturan. Jadi pastikan untuk mengecek seluruh logo yang ada di bagian layar dan apabila berada di dalam folder sebaiknya dikeluarkan dan diletakkan di tempat yang mudah dicari.

Biasanya beberapa orang akan memindahkan logo dari gerigi ini ke bagian depan seperti bagian home. Jadi apabila ingin mengaksesnya secara langsung bisa menekan untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci.

2.     Geser Layar Atas ke Bawah

Selain dengan mencari logo yang ada pada layar cara selanjutnya bisa dilakukan adalah dengan menggeser layar dari atas ke bawah. Pergeseran layar yang dilakukan dari atas ke bawah ini akan memunculkan beberapa menu baru termasuk pengaturan.

Kamu bisa melihat pengaturan dari tulisan yang ada secara langsung di sana. Selain itu bisa juga mendapatkannya dari logo gerigi yang biasanya terletak di bagian atas ataupun di bagian bawah dengan ukuran yang cukup besar.

Setelah menemukannya bisa langsung menekan sekali untuk membuka menu settings atau pengaturan. Selanjutnya kamu bisa langsung memanfaatkannya untuk melakukan proses perubahan sistem atau perubahan lainnya.

3.     Sesuaikan dengan Varian HP

Ada baiknya untuk selalu menyesuaikan pencarian ini dengan jenis HP yang nantinya akan dipakai. Karena biasanya HP Samsung akan berbeda-beda letak pengaturan ataupun setting sehingga harus dicari dengan benar.

Itulah kenapa wajib untuk mengetahui jenis HP yang digunakan. Apabila menggunakan versi yang lama atau jadul bisa melihat pengaturannya secara langsung dengan melihat tutorial yang ada pada internet.

Terkadang di beberapa HP yang lama pengaturan atau settings ini tidak bisa ditemukan dengan mudah. Jadi kamu harus mencari satu persatu hingga akhirnya mendapatkan pengaturan untuk mengganti apa pun di HP.

Cara Memanfaatkan Menu Settings di HP Samsung

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan menu setting di HP Samsung. Kamu bisa memanfaatkannya untuk beberapa poin berikut ini.

1.     Mengatur Keamanan dan Privasi

Mengatur Keamanan dan Privasi

Manfaat pertama yang dimiliki oleh pengaturan atau setting adalah untuk memodifikasi keamanan dan juga privasi yang dimiliki oleh HP. Pada bagian ini kamu bisa memberikan keamanan seperti menerapkan password ataupun fingerprint.

Selain itu keamanan juga berhubungan dengan sistem ketika menjalankan internet dan juga memasang aplikasi. Kamu bisa menyenangkan proses pemindahan otomatis sehingga apabila ada virus atau malware bisa dideteksi.

Selain itu apabila ingin melakukan proses pemasangan dari sumber tidak dikenal juga harus diizinkan terlebih dahulu. Intinya ponsel akan berusaha untuk menjaga keamanan dan privasi agar data-data yang ada di dalamnya tetap aman.

2.     Mengatur Koneksi

Periksa Koneksi Internet

Proses pengaturan koneksi juga sangat penting untuk diperhatikan karena hal ini akan menentukan kualitas dari HP. Pada koneksi kita bisa mengatur kira-kira akan menggunakan jaringan apa. Bisa menggunakan jaringan wi-fi atau seluler.

Selain itu apabila ingin memodifikasi hal-hal yang berhubungan dengan VPN juga bisa dilakukan di sini. Intinya berbagai hal yang berhubungan dengan koneksi bisa diatur dengan mudah asalkan mengakses pengaturan.

Bahkan kamu juga bisa melakukan modifikasi pada pembatasan koneksi. Jadi apabila sudah menggunakan koneksi hingga jumlah tertentu akan mendapatkan notifikasi atau secara otomatis akan dilakukan blokir.

3.     Mengatur Aplikasi

Selanjutnya adalah dengan mengatur berbagai jenis aplikasi yang terpasang atau belum dipasang pada HP. Kamu bisa melakukan proses pengecekan kira-kira aplikasi apa saja yang sering digunakan dan mana saja yang jarang dipakai.

Apabila ada aplikasi yang jarang dipakai maka kamu bisa langsung melakukan proses penghapusan secara otomatis dari sana. Selain itu juga bisa melakukan proses penghapusan dari beberapa data yang terlalu banyak.

Dengan melakukan ini kamu bisa selalu memantau memori internal dan juga eksternal yang dimiliki oleh HP. Apabila memori internal sudah terlalu penuh maka harus ada aplikasi yang akhirnya dikorbankan yaitu dihapus atau uninstall.

4.     Mengatur Notifikasi

Mengatur Notifikasi

Dengan menggunakan menu setting kamu juga bisa melakukan proses pengaturan pada notifikasi. Setiap ponsel akan memiliki notifikasi yang berbeda-beda mulai dari notifikasi untuk pesan hingga notifikasi untuk telepon.

Proses pengaturan ini dilakukan dengan melakukan proses perubahan pada nada dering dan lainnya. Perubahan ini sangat penting dan harus disesuaikan dengan kebutuhan agar mendapatkan hasil yang sesuai.

Selain melakukan pengaturan pada notifikasi kasih secara langsung kamu juga bisa melakukan proses pengaturan di beberapa aplikasi. Selain itu kamu juga bisa mengubah pengaturan agar ponsel hanya bergetar.

5.     Mengatur Backup

Proses selanjutnya adalah melakukan backup secara rutin yang nantinya bisa dilakukan secara manual atau bisa juga dengan memanfaatkan cloud. Beberapa jenis ponsel termasuk Samsung sudah menyediakan ini.

Jadi apabila ingin memindah beberapa data bisa dilakukan secara otomatis asalkan tersambung ke koneksi internet. Jadi tidak akan ada masalah sama sekali ketika menggunakannya.

Mengapa Beberapa Menu Settings Hilang?

Ada beberapa alasan kenapa menu setting di HP Samsung atau beberapa HP Android lainnya terkadang tidak bisa ditemukan.

1.     Kerusakan pada Sistem

Sistem Android Rusak

Salah satu alasan kenapa menu settings di HP Samsung atau beberapa HP Android lainnya hilang adalah kerusakan pada sistem. Kerusakan pada sistem ini bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah sistem yang memang tidak sempurna.

Biasanya ini bisa terjadi karena ponsel terkena virus ataupun malware yang berbahaya. Masalah ini akhirnya menyebar dengan sangat kuat dan menyebabkan beberapa hal yang sulit untuk diatasi.

Apabila kerusakan sudah muncul pada HP Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan instal ulang. Tanpa adanya instal ulang pada sistem akan sulit untuk mendapatkan performa yang.

2.     Bug Pada Sistem

Selanjutnya adalah bug pada sistem yang terjadi. Ini juga bisa muncul karena ketika melakukan proses update sumber memang mengalami masalah. Jadi mau tidak mau memang harus menunggu update selanjutnya.

Apabila tidak ada update selanjutnya maka proses yang bisa dilakukan adalah melakukan downgrade pada sistem Android yang dipakai. Kita harus mengembalikan ke sistem yang lama agar bisa digunakan lagi.

3.     Terkena Virus

Virus yang ikut masuk ke dalam HP juga bisa menghilangkan beberapa menu secara langsung. Salah satunya adalah menu settings yang sangat penting karena akan berisi banyak hal.

Cara mencari menu settings di HP Samsung bisa dilakukan oleh siapapun. Namun untuk mereka yang masih sangat pemula mungkin akan sedikit mengalami masalah karena belum terbiasa saja. Setelah itu bisa langsung menemukan menu untuk memodifikasi ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.