Cara Menemukan Fingerprint Hilang di Pengaturan

Posted on

Pada kondisi tertentu pengaturan fingerprint mendadak hilang. Untuk mengatasinya kita harus memanfaatkan cara menemukan fingerprint hilang di pengaturan yang akan dibahas selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Menemukan Fingerprint Hilang di Pengaturan

Cara Menemukan Fingerprint Hilang di Pengaturan
kepoindonesia.id

Cara menemukan fingerprint hilang di pengaturan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ikuti beberapa pembahasan berikut untuk bisa melakukannya.

1.     Lakukan Pencarian Langsung

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan proses pencarian fingerprint secara langsung pada pengaturan atau setting adalah dengan mencari secara langsung.

Perhatikan kolom pencarian yang biasanya muncul pada setting, lalu kamu bisa langsung ketik “fingerprint”. Setelah itu menunya biasanya akan langsung muncul dengan sendirinya.

Kamu bisa langsung masuk ke dalamnya sehingga bisa mengakses untuk menambah ataupun mengurangi fingerprint yang ada. Selain itu bisa juga melakukan modifikasi lainnya yang terkait dengan password dan juga keamanan.

Apabila setelah dilakukan proses pencarian tidak muncul berarti membutuhkan cara lain. Ini akan dibahas selanjutnya pada sub bab yang berada di bagian bawah.

2.     Masuk ke Bagian Sandi

Terkadang tempat dari fingerprint sedikit sulit untuk ditemukan apalagi setelah kamu berganti HP yang baru. Untuk mengatasi itu pastikan untuk selalu masuk ke dalam bagian pengaturan dan menuju ke menu sandi ataupun keamanan.

Biasanya di sana akan langsung ada pilihan apakah ponsel akan menggunakan fingerprint atau menggunakan metode pengujian lainnya. Apabila sudah menemukan fingerprint bisa langsung digunakan saat itu juga.

Sebaliknya ketika masuk dan tidak terdapat apa-apa disarankan untuk menggunakan cara lain. Dengan begitu fingerprint masih bisa ditemukan meskipun tidak ada jaminannya.

3.     Pastikan HP Memiliki Fingerprint

Pastikan HP Memiliki Fingerprint

Pada faktanya tidak semua ponsel khususnya Android memiliki fingerprint. Jadi apabila ingin menemukannya pada HP pastikan terlebih dahulu jika fitur ini memang benar-benar ada.

Apabila fitur itu tidak ada pada HP maka akan sangat percuma jika melakukan proses pencarian. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk menggunakan panduan spesifikasi terlebih dahulu untuk mengetahuinya.

Cara Mengatasi Fingerprint Hilang

Selain cara menemukan fingerprint hilang di pengaturan yang sudah dibahas di atas. Ada cara lain untuk mengatasi masalah ini sehingga fingerprint masih bisa digunakan.

1.     Melakukan Restart

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan sidik jari yang hilang begitu saja adalah dengan melakukan proses restart. Ini berlaku untuk semua ponsel Android merk apapun khususnya versi yang paling baru.

Dengan melakukan restart maka berbagai jenis data yang mungkin mengalami kerusakan sementara bisa dikembalikan lagi. Kamu bisa melakukan proses restart secara langsung atau bisa dimatikan dahulu lalu menunggu selama beberapa saat.

Selanjutnya kamu harus melakukan proses pengecekan ulang untuk melihat apakah fingerprint sudah ada atau tidak. Apabila masalah yang terjadi hanya sementara saja biasanya fingerprint akan langsung muncul dengan sendirinya dan bisa digunakan lagi.

2.     Melakukan Update Sistem

Melakukan Update Sistem
kompas.com

Kamu harus melakukan proses update sistem terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ini. Normalnya ponsel Android versi yang terbaru akan ada proses update ini yang akan berjalan setiap beberapa bulan sekali.

Update sistem ini sangat penting untuk dilakukan untuk memperbaiki berbagai masalah atau bug yang terjadi. Salah satunya adalah hilangnya fingerprint pada bagian menu atau pengaturan. Jadi pasukan untuk melakukan update ini dengan baik.

Apabila proses update tidak dilakukan dengan baik kemungkinan besar akan terus berlanjut. Siapkan koneksi yang stabil untuk melakukan update sistem lalu pastikan untuk melakukan proses pengisian agar ketika melakukan proses restart HP tidak mati.

3.     Melakukan Reset Pabrik

Melakukan Reset Pabrik

Melakukan reset pabrik juga merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan apabila bagian fingerprint mendadak hilang dengan sendirinya. Dengan melakukan riset pada pabrik maka bisa langsung dilakukan proses modifikasi dengan mudah.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kamu ingin melakukan reset pabrik dan menghilangkan seluruh data dari dalamnya. Pastikan untuk melakukan proses backup terlebih dahulu.

Indah semua data yang kamu anggap penting sehingga akan aman ketika proses reset pabrik dilakukan. Setelah itu barulah bisa melakukan proses reset untuk melakukan proses penghapusan semua data.

Cara menemukan fingerprint hilang di pengaturan ini bisa dilakukan karena setelah melakukan reset biasanya akan kembali lagi seperti semula. Jadi berbagai kerusakan atau gangguan yang terjadi masih bisa diminimalkan.

Mengapa Fingerprint Sangat Penting?

Menemukan fingerprint yang hilang adalah satu hal yang sangat penting karena hidup ini sangat bermanfaat. Berikut beberapa alasan mengapa fingerprint sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

1.     Mengunci Ponsel

Mengunci Ponsel
qoala.app

Salah satu alasan pertama kenapa fingerprint harus benar-benar diperhatikan adalah kamu bisa melakukan proses pengujian pada ponsel. Karena menggunakan fingerprint maka orang lain tidak akan bisa membukanya.

Ini berbeda jika kamu menggunakan metode pengujian lain seperti menggunakan angka ataupun menggunakan pola. Dengan menggunakan fingerprint hanya orang-orang yang menggunakan sidik jari itu yang bisa membuka.

Dengan kemampuan ini ketika kamu meletakkan HP di manapun tidak akan ada masalah sama sekali. Jadi akan selalu aman tanpa merasa khawatir akan ada orang yang akan membukanya.

2.     Melindungi Data Penting

Kamu bisa melindungi berbagai jenis data penting yang nantinya sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan. Saat ponsel terkunci maka berbagai jenis data bisa tersimpan di sana tanpa bisa dibuka oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Itulah kenapa fingerprint sangat penting dan harus diaktifkan di berbagai jenis ponsel. Apabila tidak diaktifkan kemungkinan besar akan menyebabkan orang lain bisa masuk dan akhirnya mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Data penting harus benar-benar dilindungi untuk menghindari terjadinya masalah. Jadi pastikan untuk memikirkan hal ini dan mengaktifkan fingerprint dengan hanya kamu saja yang bisa masuk ke dalamnya.

3.     Mencegah Transaksi Ilegal

Mencegah Transaksi Ilegal
pikiran-rakyat.com

Beberapa aplikasi saat ini sudah menerapkan fingerprint sebagai salah satu cara untuk melakukan transaksi. Salah satunya adalah aplikasi marketplace yang biasanya membutuhkan ini untuk bisa melanjutkan transaksi hingga selesai.

Jika tidak ada fingerprint maka orang lain bisa dengan mudah menggunakan akun yang kamu miliki untuk melakukan transaksi. Ini akan sangat berbahaya apalagi jika terdapat banyak saldo di sana.

Isu ini harus benar-benar diperhatikan karena jika akun yang digunakan mendadak beli sesuatu yang berbahaya kamu yang akan kena. Jadi apapun yang berhubungan dengan transaksi wajib menggunakan fingerprint.

4.     Dipakai untuk Login

Selain bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi termasuk pembelian, ternyata fingerprint juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses login di beberapa aplikasi. Tanpa adanya fingerprint ini maka proses loading tidak akan bisa dilanjutkan.

Ditolak kenapa sangat dianjurkan untuk selalu melakukan proses pengujian di beberapa aplikasi. Dengan begitu mereka tidak akan bisa masuk dengan menggunakan kata sandi saja tetapi juga harus menggunakan fingerprint sebagai autentikasi selanjutnya.

Cara menemukan fingerprint hilang di pengaturan ternyata cukup mudah. Kita hanya perlu memastikan terlebih dahulu jika ponsel ini memang benar-benar memiliki itu. Selain itu perhatikan juga proses update pada sistem operasi agar semuanya dimunculkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.