Cara Hapus Kontak Di Iphone Dengan Mudah

Posted on

iPhone merupakan salah satu smratphone yang laris manis di pasar elektronik. Tak terkecuali di Indonesia, masyarakat indonesia menganggap seseorang yang menggunakan handphone iPhone dinilai sangat keren. iPhone sendiri hadir dengan berbagai spesifikasi yang canggih, dengan menawarkan sistem operasi yang bagus untuk menghasilkan kinerja yang maksimal. Begitu banyak kelebihian yang dimiliki tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan, selain masalah boros baterai dalam iphone sendiri sistem kontaknya tidak dapat menghapus data kontak secara bersamaan melalui aplikasi kontak bawaan.

Apalagi dijaman modern saat ini selain perkembangan gadget, banyak perilaku manusia ke arah yang semakin aneh atau biasa disebut toxic people, sehingga wajar kalau saat ini banyak orang ingin menghapus nomor orang yang mengganggu. Untuk itu opsi menghapus kontak adalah pilihan yang tepat.

Cara mengatur kontak di iphone

Sebelum membahas mengenai cara hapus kontak di iphone, hal yang perlu diketahui adalah bagaimana mengatur akun kontak itu sendiri. Anda dapat dengan mudah mengatur akun email yang dapat digunakan untuk berbagi kontak dengan aplikasi kontak itu sendiri. Jika memiliki akun kontak contohnya seperti direktori sekolah atau kolega, anda dapat dengan mudah mengaturnya dengan cara-cara berikut ini yaitu :

  1. Buka pengaturan lalu pilih kontak dan selanjutnya akun
  2. Klik tambah akun
  3. Klik layanan dimana anda memiliki akun atau dengan cara ketuk lainnya untuk mengatur akun seperti akun CardDAV atau akun LDAP
  4. Masukkan informasi dan password
  5. Klik berikutnya

Cara konfigurasi kontak di iphone

Jika sebelumnya anda memiliki beberapa daftar akun yang telah diatur dalam aplikasi kontak dan ingin meninjau kontak tertentu, anda dapat membuka kontak lalu pilih grup pada bagian pojok kiri atas, anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kontak tersebut untuk akun. Jika anda ingin menghapus atau menambahkan semua kontak yang berasal dari akun yang sudah dikonfigurasi anda dapat melakukannya dengan cara berikut :

  1. Buka pengaturan lalu pilih kontak dan akun
  2. Klik akun yang didalamnya berisi kontak yang ingin di hapus atau ditambahkan
  3. Untuk menambah kontak anda dapat mengaktifkan kontak, untuk menghapus kontak anda dapat menonaktifkan kontak lalu mengetuk hapus dari perangkat anda.

Cara menyusun kontak di iphone

Selain itu, untuk memudahkan anda melihat kontak. Anda dapat mengubah cara menampilkan dan menyusun kontak dengan cara membuka pengaturan lalu klik kontak dan pilih beberapa pilihan berikut ini sesuai keinginan anda :

  1. Menyusun urutan : mengurutkan kontak berdasarkan alfabetis menurut nama belakang atau nama depan.
  2. Urutan tampilan : menampilkan nama depan sebelum ataupun setelah nama belakang
  3. Nama pendek : dengan cara memilih menampilkan kontak pada aplikasi seperti mail, telepon, pesan, dan lain sebagainya.

Cara hapus kontak di iphone

Selanjutnya perihal mengahapus kontak, seperti yang kita ketahui apabila menghapus kontak maka secara permanen kontak akan dihapus dari perangkan anda. Nah jika cara hapus kontak di iphoneanda  dari akun email berarti anda juga menghapus secara permanen kontak yanga ada pada perangkat yang masuk ke email tersebut. Cara sederhana menghapus kontak yaitu :

  1. Buka kontak, lalu klik pada kontak yang akan dihapus.
  2. Klik edit
  3. Scroll ke bawah
  4. Klik hapus kontak
  5. Klik lagi hapus kontak untuk mengkonfirmasi

Namun menghapus kontak secara manual seperti diatas tentunya hanya bisa digunakan untuk menghapus satu kontak saja atau secara satu persatu. Untuk menghapus kontak di iphonesecara bersamaan memang tidak bisa, Pengguna perangkat iOs hanya bisa mengapus kontak dengan cara satu persatu dengan menggunakan aplikasi bawaan. Untuk itu jika ingin menghapus seluruh kontak anda memerlukan aplikasi ketiga atau trik iPhone. Yaitu dengan cara seperti berikut :

  1. Install aplikasi groups pada Apple App Store
  2. Jika sudah terpasang, buka aplikasi
  3. Lalu pilih pada All Contacts agar anda dapat mengakses semua data kontak
  4. Jika daftar data kontak sudah muncul, pilih kontak-kontak yang ingin anda hapus dengan mengetuk pada lingkatan chechklist pada sebelah kiri nama kontak. ( Pada tahap ini anda bebasa memilih kontak yang ingin dihapus karena tidak terdapat batasan)
  5. Lalu pilih opsi actions, dan klik delete contacts
  6. Jika sudah muncul notifikasi, silahkan konfirmasi dengan cara menyentuh klik tombol remove from my iPhone.

Jika kamu ingin menghapus semua kontak sekaligus tanpa bersisa, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan dengan cara :

  1. Buka pada all contacts di aplikasi groups
  2. Klik pada select all di sudut kiri
  3. Groups akan otomatis memlih semua data kontak.
  4. Pilih choose action dan delete contacts
  5. selesai

Selain itu untuk menghapus nomor-nomor toxic people anda dapat dengan cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan icloud dengan langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka pengaturan pada perangkat iPhone
  2. Masuk pada profil
  3. Masuk pada bagian iCloud
  4. Pilih opsi kontak, lalu nonaktifkan dengan cara mengeklik tombol slider
  5. Jika sudah muncul peringatan, pilih pada opsi delete from my iphone agar anda dapat menghapus semua data kontak.

Icloud juga dapat diakses melalui web icloud, langkah-langkah untuk menghapus kontak menggunakan situs web icloud adalah :

  1. Buka pada situs icloud.com melalui browser di laptop atau handphone anda
  2. Login dengan ID dan kata sandi
  3. Pilih ikon kontak
  4. Lalu pilih semua kontak yang ingin dihapus dan klik tombol hapus
  5. Tekan tombol hapus, hingga ada notifikasi untuk menghapus kontak yang diinginkan

Yang perlu menjadi catatan adalah bahwa langkah untuk mengapus seluruh kontak iPhone ini mempunyai persyaratan yang wajib dilakukan, dimana pengguna harus sudah mengsinkronisasi perangkatnya dalam sistem layanan iCloud dari Apple. Jika belum anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke menunya lalu mengaktifkan slider dulu. Lalu aktfkan backup ke icloud. Tunggu bebrapa saat karena hal ini perlu waktu lama.

Selain itu anda juga dapat menghapus kontak sekaligus dengan munggunakan  Mac dengan cara berikut ini :

  1. Tekan pada sistem preferensi pada icloud di Mac
  2. Periksa kontak agar disinkronkan
  3. Buka aplikasi kontak pada Mac
  4. Tekan perintah, dan pilih semua kontak yang ingin dihapus
  5. Lalu tekan kanan dan pilih delete cards
  6. Jangan lupa konfirmasi dihapus
  7. Tunggu sampai iPhone menyinkronkasn proses yang sudah dilakukan.

Jika ingin menghapus kontak yang ditarik dari outlokk, yahoo mail atau gmail maka anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini :

  1. Buka pengatira lalu pilih kontan dan akun
  2. Pilih akun email
  3. Selanjutnya nonaktifkan kontak
  4. Jika muncul konnfirmasi, pilih opsi hapus dari perangkat saya

Jika sudah maka anda telah menghapus konak yang disinkronkan ke Iphone dari email anda. Namun cara diatas tentunya hanya bisa memilih dan menghapus kontak tunggal pada satu waktu saja karena tidak ada pilihan untuk menghapus beberapa kontak. Untuk menghapus beberapa kontak anda dapat melakukannya dengan cara menghapus kontak dari akun sumber yaitu gmail, yaho mail, dsb dan mengizinkan akses perubahan ke sinkronkan ke ponsel anda.

Itulah beberapa cara hapus kontak di iphoneyang dapat anda lakukan untuk menghapus kontak di iPhone atau iPad anda. Tentunya mudah sekali kan. Goodbye toxic people welcome peace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *