Cara Melihat Kode QR Whatsapp Orang Lain di Android Dan Iphone

Posted on

Sebagai aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, platform WhatsApp menyediakan banyak fitur yang berguna bagi penggunanya. Salah satu fitur tersebut terlihat dari fitur pemindaian kode QR yang terdapat di WhatsApp. Cara melihat kode QR WhatsApp orang lain tentunya juga sangat mudah. Bagi yang belum tahu, kode QR adalah kode batang dua dimensi yang memiliki bentuk dan pola yang unik.

Kode QR juga memiliki istilah lain sebagai barcode, atau kode batang. Selain WhatsApp, kode QR juga banyak digunakan oleh beberapa pihak untuk berbagai tujuan. Memang, kode QR mampu menyimpan berbagai jenis data, mulai dari teks, nomor telepon, URL, dan lainnya. Jika Anda pengguna BBM atau Blackberry Messenger, pasti sudah tidak asing lagi dengan kode tersebut bukan?

Apa Fungsi Kode QR Pada WhatsApp?

Barcode atau kode QR pada awalnya saat masih banyak pengguna BBM biasa digunakan untuk memindai kode pada PIN BBM, sehingga pengguna tidak perlu lagi repot memasukkan setiap pin BBM. Apalagi barcode ini juga sering digunakan oleh pihak lain untuk berbagai keperluan. Misalnya, lebih suka meng-host tautan URL di sana. Jadi, dengan memindahkan barcode, kita akan diarahkan ke halaman tertentu dari situs web.

Pemindaian kode QR sendiri dimungkinkan untuk membuka akun WhatsApp melalui WA Web di laptop/PC atau komputer. Berkat kode QR ini kita bisa menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa harus menyentuh smartphone.

Cara Melihat Kode QR Whatsapp

Tentu saja, sebelum Anda dapat masuk ke Whatsapp Web, Anda perlu mengetahui di mana barcode WA berada. Untuk dapat melihat kode QR WhatsApp, Anda dapat melakukannya melalui beberapa cara yang sangat sederhana.

Kami telah menemukan dan merangkum beberapa langkah untuk menemukan kode QR (barcode) yang sangat mudah diikuti baik itu melalui Android maupun iPhone. Cara ini bisa diikuti oleh siapa saja yang penting telah terhubung dengan koneksi internet yang lancar.

Cara Melihat Kode QR Whatsapp di Android

Cara melihat kode QR WhatsApp orang lain adalah melihat kode QR (Barcode) Whatsapp di smartphone Android. Cara ini sangat cocok digunakan oleh para pengguna Android. Bagaimana melakukannya? Lihat langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka kunci Android dan pastikan dalam posisi standby yang artinya siap digunakan.
  2. Langkah pertama, buka aplikasi browser di Android Anda. Anda harus menggunakan Google Chrome.
  3. Pada bagian kolom alamat website, ketik web.whatsapp.com, lalu buka dan kunjungi situs tersebut.
  4. Buka menu browser, kemudian scroll ke bawah dan Centang pada pilihan “Desktop Site/Situs Desktop”.
  5. Kemudian Anda akan langsung melihat kode QR (barcode) Whatsapp.

Catatan: Kode QR Whatsapp akan selalu berubah bentuk setelah digunakan atau saat situs web.whatsapp.com di-refresh. Jadi kita tidak perlu khawatir ada yang memotret/merekam barcode WA kita.

Melihat Kode QR Whatsapp di iPhone

Cara selanjutnya adalah dengan menampilkan kode QR Whatsapp di iPhone. Dimana cara ini sangat berguna bagi para pengguna iPhone di manapun Anda berada. Langsung saja, cara mencari kode QR (Barcode) WhatsApp di iPhone yaitu sebagai berikut:

  1. Buka kunci iPhone Anda dan alihkan ke mode standby sehingga iPhone siap digunakan.
  2. Sama seperti Android, buka aplikasi navigasi di iPhone Anda. Terserah Anda untuk menggunakan browser apa pun, Safari, Google Chrome, atau browser apa pun.
  3. Selanjutnya, buka situs web web.whatsapp.com menggunakan browser di iPhone Anda.
  4. Di menu browser, aktifkan atau pilih opsi “Desktop Site/Situs Desktop”.
  5. Kode QR (Barcode) akan segera ditampilkan dan siap dipindai untuk login dengan akun WA Anda.

Cara Scan QR Code

Setelah Anda melihat kode batang WhatsApp, Anda dapat menggunakan kode batang tersebut untuk masuk ke akun WA Anda. Lalu, bagaimana cara memindai QR Code tersebut? Cara scan barcode untuk login ke WhatsApp Web, bisa Anda lakukan dengan cara berikut yang bisa digunakan baik pada Android dan iPhone.

  1. Buka browser di laptop atau PC Anda (menggunakan Google Chrome).
  2. Kemudian kunjungi link berikut web.whatsapp.com, akan muncul WhatsApp/QR code yang perlu di scan.
  3. Buka aplikasi WhatsApp Anda melalui ponsel Anda, masuk atau login dengan akun WhatsApp Anda (jika Anda belum masuk).
  4. Kemudian, pilih dan sentuh ikon tiga titik di sudut kanan atas, menu drop-down baru akan muncul, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Klik WhatsApp Web.
  6. Pilih tombol OK, GOT IT.
  7. Arahkan kamera ponsel cerdas Anda ke kode batang yang Anda temukan di tautan tadi ketika membuka web di laptop/PC Anda.
  8. Tunggu beberapa detik, maka WhatsApp Web akan langsung menampilkan aplikasi chat WhatsApp Anda yang ada di ponsel.

Inilah cara melihat kode QR WhatsApp orang lain. Ini akan sangat berguna dalam situasi apa pun. Misalnya saat baterai ponsel habis, saat ponsel sedang diisi daya, kita tetap bisa membuka aplikasi WA melalui laptop dan chatting seperti biasa. Ini adalah beberapa fungsi dari kode QR, tetapi ada banyak fungsi lain dari kode QR yang bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.