5 Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Bisnis Online

Posted on

Anda sekarang sudah dapat mengirim pesan ke pengguna WhatsApp lain tanpa menyimpan nomor telepon mereka dan sebaliknya. Hal ini tentunya menjadi fitur yang ditunggu-tunggu oleh para pebisnis online, yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan, cukup dengan memasang link WhatsApp. Cara membuat link Whatsapp juga sangatlah mudah yang bisa dicoba oleh siapa saja.

Fitur Link to Chat WhatsApp sangat berguna untuk bisnis online. Bagaimana jika dulu Anda masih harus menggunakan SMS, telepon atau live chat yang membutuhkan tenaga lebih untuk sekedar menanyakan produk di mana kita juga masih harus menyimpan nomor hp yang ingin dihubungi terlebih dahulu.

Apalagi dari sisi penjual, dengan adanya link WhatsApp menjadi lebih mudah untuk menjalin komunikasi dengan calon pelanggan karena bisa langsung memberikan link chat whatsapp. Nah, untuk bisa membuat link chat WA langsung ke beberapa individu caranya sangat mudah. ada 5 cara yang akan dibahas untuk membantu Anda membuat link Whatsapp.

Apa Itu Link WhatsApp

Tautan WhatsApp atau tautan WA merupakan salah satu cara Anda dapat berkomunikasi dengan WhatsApp tanpa menyimpan nomor telepon Anda. Triknya biasanya cukup klik link tersebut dan kemudian Anda akan langsung dibawa ke nomor telepon yang dituju. Link WA ini bisa digunakan oleh siapa saja termasuk yang jualan online, tentunya akan mempermudah jualan.

Bagi Anda yang masih ragu dengan masalah keamanan, jangan khawatir karena tautan WhatsApp ini aman dan memang merupakan fitur yang diberikan oleh Whatsapp. Jika tujuan tidak langsung masuk ke chat Anda, sebaiknya berhati-hati, bisa jadi itu link phising. Jangan klik apapun apabila Anda diminta memasukkan data.

Buatlah link yang aman agar bisa mengarahkan ke halaman chat Anda dengan cepat. Adapun cara-cara yang akan dijelaskan sangatlah mudah. Anda cukup memilih mana yang sesuai dengan kenyamanan Anda dalam pembuatan link whatsapp.

Membuat Link WhatsApp Manual

Menautkan ke obrolan WhatsApp sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon di pintasan atau link WhatsApp. Untuk mengimplementasikannya, Anda dapat menggunakannya di Facebook, Instagram, Blog, Website, Toko Online, dll sesuai dengan keinginan Anda.

Yang perlu diperhatikan yaitu nomor telepon harus menggunakan kode panggilan internasional, untuk Indonesia gunakan kode 62 bukan 0 di awal nomor telepon. Jangan gunakan spasi atau tanda hubung untuk menulis nomor telepon, karena nomor tersebut tidak akan terbaca oleh server api whatsapp.

Misalnya, nomor WhatsApp Anda adalah 081987654321, jadi Anda hanya perlu mengubahnya menjadi 6281987654321. Kemudian untuk membuat link WA caranya sebagai berikut : https://api.whatsapp.com/send?phone=6281987654321 atau https://wa.me/6281987654321 Anda hanya perlu mengganti nomor ponsel api.whatsapp dan wa.me dengan nomor whatsapp yang Anda miliki.

Membuat Link WhatsApp Menggunakan Bitly

Kedua, cara membuat link Whatsapp yang bisa menggunakan bit.ly. Bit.ly sendiri merupakan software online pemendek link. Shortener adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mempersingkat link URL agar lebih mudah diingat. Ada banyak jenis penyingkat URL, tetapi kebanyakan sekarang menggunakan Bitly. Membuat tautan pendek dengan Bitly sangat sederhana, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, buka website `Bitly` dengan mengetiknya di kotak pencarian Google.
  2. Jika dibuka sudah membuka tautan Bitly, di tengah ada kolom besar silahkan masukan link yang ingin di pendekkan, contoh diatas kita gunakan https://api.whatsapp.com/send?phone=6281987654321. Jika sudah benar, silahkan klik Shorten untuk mempersingkat link tersebut.
  3. Kemudian akan muncul hasil link tadi yang telah disingkat sehingga lebih pendek dan mudah dibagikan.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang telah ditampilkan di akhir kolom, cukup klik salin atau copy saja.
  5. Untuk menerima penyingkat tautan khusus dari Bitly, Anda dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Kemudian cari saja CTA WhatsApp yang ingin dimasukkan, tapi pastikan dulu tidak ada yang menggunakan kata tersebut.

Membuat Link WhatsApp Menggunakan Gambar

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat tautan WhatsApp untuk mengobrol yaitu dengan menggunakan gambar. Penggunaan gambar yang menarik diyakini akan semakin meningkatkan tingkat konversi penjualan.

Anda dapat mencari gambar desain CTA tombol WhatsApp di Google sebagai berikut. Untuk setup cukup sederhana, jika Anda menggunakan CMS WordPress maka ikuti cara membuat link WA menggunakan gambar berikut:

  1. Harap tambahkan media ke WordPress terlebih dahulu.
  2. Buat tautan WhatsApp dengan gambar.
  3. Isi gambar dan deskripsi alternatif seperti biasa, lalu tambahkan ke halaman posting.
  4. Jika sudah selesai, silakan klik logo Insert and Edit Link di dasbor WordPress.
  5. Masukkan URL tujuan misalnya https://api.whatsapp.com/send?phone=6281987654321 lalu klik Add Link. Silahkan coba untuk melihat apakah tautan pada gambar berfungsi. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menambahkan teks pada link WhatsApp agar lebih interaktif. Ini cocok untuk anda yang menggunakan link chat whatsapp untuk bisnis online untuk melakukan pemesanan atau order.

Berikut beberapa kode penting untuk menambahkan opsi ke WA Chat:

  • &text : Perintah ini untuk menambahkan teks pada link web WhatsApp, dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • %20 : perintah untuk menambahkan spasi dalam teks.
  • %0A : Perintah untuk menambahkan jeda baris/masuk pada teks.

Contoh tautan WhatsApp:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890&text=I%20interested%20to%20buy%20product%20this%20soon. Contoh link WhatsApp menggunakan teks Untuk menggunakan enter Anda hanya perlu mengubah kodenya saja, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa menggantinya sesuai dengan kebutuhan baik itu penambahan enter, spasi, atau text yang ingin ditambahkan agar lebih menarik sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Ternyata Anda juga bisa menambahkan link WhatsApp ke akun Instagram Anda yang lokasinya ada di bio akun Instagram Anda. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara menambahkan link WhatsApp ke akun Instagram Anda, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silahkan buat link WhatsApp terlebih dahulu, bisa buat link WA yang disematkan atau gunakan Bitly seperti yang telah dijelaskan di atas.
  2. Jika sudah, silakan salin tautannya lalu buka aplikasi Instagram.
  3. Silahkan masuk ke menu “Profil” dan pilih menu “Edit Profil” untuk membuat link WA di IG.
  4. Kemudian scroll ke bawah dan paste link WA sebelumnya di bagian “Website”.
  5. Harap simpan perubahannya. Setelah itu, Anda dapat memeriksa apakah tautan WhatsApp di Instagram berhasil. Anda dapat masuk ke obrolan pribadi jika sudah berhasil menambahkannya ke bio hanya dengan klik saja. Cocok untuk bisnis online Anda yang berfokus pada promosi di Instagram.

Cara Membuat Link WA Menggunakan Generator

Selain cara di atas, cara terakhir yang bisa Anda gunakan yaitu dengan memanfaatkan fitur link generator untuk menghasilkan link WA secara otomatis pada beberapa situs yang menyediakan link generator.

Anda tidak perlu khawatir menulis rumus seperti dua contoh di atas karena aplikasi akan menulisnya untuk Anda dan Anda hanya perlu menyalinnya. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi link generator yang dapat menghasilkan tautan WA secara otomatis yaitu PostCron, WASAP, wa.link, wa.wizard.id, dll.

Cara membuat link Whatsapp ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengisikan nomor WA pada kolom yang tersedia dan Anda bahkan dapat menambahkan pesan yang dipersonalisasi untuk calon pelanggan. Kemudian situs tersebut akan meregenerasi link sesuai dengan nomor WA dan pesan yang dimasukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.