Cara Daftar Shopee Affiliate Program dengan Mudah

Posted on

Bagi yang sudah kerap menggunakan aplikasi Shopee, pasti tidak asing lagi dengan istilah Shopee affiliate program. Pada intinya, program ini adalah kerja sama antara pihak marketplace dan para konten kreator untuk memasarkan sebuah barang.

Cara daftar Shopee affiliate program pun juga tergolong mudah. Jika Anda tertarik bergabung, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Fenomena banyaknya content creator muncul di berbagai media seperti TikTok, YouTube, atau Instagram memang seperti membuka peluang baru.

Saat ini, tidak hanya selebriti saja yang berkesempatan mempromosikan sebuah barang, namun para pengguna baru mempunyai kesempatan sama.

Oleh karena itu, program ini bisa dijadikan sumber pemasukan tambahan karena potensi penghasilannya juga tidak main-main.

Shopee affiliate program untuk infuencer dan content creator

Apa itu Program Shopee Affiliate?

Program Shopee Affiliate merupakan sebuah program dari Shopee di mana influencer atau content creator akan mendapatkan sejumlah komisi ketika berhasil mempromosikan produk yang berada di Shopee.

Mengingat caranya cukup mudah, ini adalah sebuah peluang emas daripada hanya menggunakan media sosial untuk menghabiskan waktu saja.

Tentu saja bagi yang sudah memiliki banyak follower program ini akan sangat berpotensi menghasilkan banyak uang.

Sebagai contoh, apabila komisi sebuah produk adalah Rp10.000,00, maka jika berhasil mengajak 10 orang saja per hari akan mendapatkan Rp100.000,00.

Mungkin bagi sebagian nilai itu terlihat kecil. Akan tetapi, apabila jumlah follower sudah cukup banyak, dalam sehari mendapatkan 100 orang masih sangat memungkinkan.

Namun, untuk melakukannya memang sedikit membutuhkan strategi. Selain karena akan bersaing dengan para influencer atau content creator lainnya, asal mempromosikan produk juga tidak akan cukup membantu.

Setidaknya Anda membutuhkan kemampuan public speaking, persuasi, desain, editing, dan ilmu marketing lainnya guna membangkitkan keinginan orang membeli produk tersebut.

Keuntungan Mengikuti Shopee Afiliasi

Dilihat dari pembahasan sekilas di atas, Anda pasti sudah mengetahui bahwa program ini benar-benar akan sangat menguntungkan, terutama bagi yang sudah punya banyak traffic.

Lalu, apa saja sebenarnya keuntungan mengikuti program tersebut?

Bebas memilih produk

Ada banyak sekali produk yang bisa dipromosikan. Namun, supaya konversi penjualan bisa lebih maksimal, sebaiknya promosikan produk sesuai kesukaan Anda.

Misalnya, Anda memiliki hobi memancing, maka cobalah mempromosikan produk-produk seputar bidang tersebut seperti pancing, umpan, jaring, dan sebagainya.

Praktis dan mudah

Tidak ada sistem yang rumit dalam memasarkan produk. Pengguna cukup mengambil link melalui aplikasi kemudian tinggal menyebarkan ke media sosial.

Komisi cukup tinggi

Untuk pengguna baru biasanya akan mendapatkan komisi 10% dari harga produk dengan maksimum Rp10.000,00. Akan tetapi, pengguna lama mendapatkan komisi sedikit lebih rendah, yakni hanya 3% saja.

Oleh karena itu, mendapatkan sebanyak mungkin traffic adalah kunci kesuksesan mengikuti program ini.

Tidak ada kontrak mengikat

Mungkin beberapa orang merasa khawatir untuk ikut karena mengira akan ada banyak kontrak mengikat seperti target bulanan atau sebagainya. Padahal, semua itu tidak benar.

Sistemnya sangat fleksibel sehingga tidak akan ada denda ataupun hukuman ketika tidak berhasil melakukan penjualan pada periode waktu tertentu.

Skema Mendapatkan Penghasilan

Jika masih bingung mengenai sistem pendapatan ketika mengikutinya, silakan simak gambaran berikut ini. Sebagai contoh, Anda mendapatkan komisi Rp5.000,00 setiap terjadi penjualan.

Jika targetnya mendapatkan Rp5.000.000,00 per bulan, maka harus mendapatkan 1.000 penjualan. Angka tersebut sebenarnya tidak terlalu besar di dunia online. Memiliki 10.000 follower tertarget saja sudah cukup guna mendapatkan angka tersebut.

Ketentuan untuk Bergabung

Untuk bisa bergabung, tentu saja ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Minimal jumlah subscriber 8.000 untuk YouTube
  • Minimal 5.000 follower untuk Instagram
  • Minimal 1.000 follower untuk Fanpage Facebook
  • Minimal 5.000 follower untuk TikTok
  • Minimal 10.000 follower untuk Twitter

Mungkin beberapa orang merasa masih belum mencapai angka tersebut. Namun, jangan khawatir karena pada update terbaru, semua orang bisa bergabung menjadi affiliator, hanya saja terdapat beberapa level.

Untuk syarat di atas adalah jika ingin menjadi affiliator level 2, sedangkan pendaftar gratis akan masuk ke level 1. Tentu saja ada perbedaan dari segi jumlah komisi ataupun fasilitas lainnya.

Cara Melakukan Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka browser di ponsel atau laptop
  • Buka website affiliate.shopee.co.id
  • Jika belum memiliki akun Shopee silakan daftar terlebih dahulu atau bisa menggunakan akun Google, Facebook, dan Apple
  • Isi formulir pendaftaran Shopee Affiliate
  • Pastikan semua kolom diisi dengan benar
  • Jika sudah, tunggu sampai pihak Shopee melakukan verifikasi
  • Akan muncul pemberitahuan ketika sudah diterima
  • Selesai

Langkah-Langkah Mendapatkan Penghasilan

Seperti halnya sudah disinggung di bagian sebelumnya, cara mendapatkan penghasilan cukup mudah. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Shopee
  • Cari produk yang ingin dipromosikan
  • Pastikan seller adalah Star Seller, Star Seller Plus, atau Shopee Mall
  • Hindari menjual barang-barang yang dilarang seperti rokok, obat-obatan terlarang, dan sebagainya
  • Ambil link afiliasi produk
  • Buat konten menarik di media sosial
  • Cantumkan link tersebut pada kolom deskripsi, caption, atau link swipe up
  • Semakin banyak orang membeli, semakin besar komisi yang didapatkan

Tips Sukses Mengikuti Shopee Affiliate Program

Cara daftar Shopee Affiliate Program

Bangun traffic dan interaksi terlebih dahulu

Kunci penting keberhasilan mengikuti program ini adalah traffic, baik itu di Instagram, Facebook, TikTok, atau YouTube. Oleh karena itu, jika masih pemula jangan dulu langsung spam memposting produk jualan.

Lebih baik buat konten yang menarik serta bermanfaat sehingga jumlah follower akan meningkat. Ketika follower dirasa sudah cukup banyak, barulah bagikan link afiliasi tersebut.

Jangan terus menerus jualan

Memang benar bahwa untuk mendapatkan komisi harus terjadi pembelian. Namun, bukan berarti Anda harus selalu memposting produk jualan. Buatlah konten lebih kreatif, sebagai contoh adalah review produk.

Anda bisa membeli produk tersebut lalu membuat konten review. Konten review memang memiliki reach cukup tinggi, apalagi jika menerapkannya di YouTube serta TikTok.

Pilih produk dengan harga tinggi

Komisi setiap terjadi penjualan memang cukup kecil, yakni sekitar 3% saja dengan maksimal Rp10.000,00.

Artinya, jika ingin lebih maksimal mendapatkan penghasilan, cari produk dengan harga tinggi. Sebagai contoh, agar bisa mendapatkan komisi maksimal tersebut, setidaknya harga produk harus berkisar di angka Rp300.000,00.

Kapan Komisi Akan Dibayarkan?

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya ketika sudah berhasil mendapatkan pembelian, kapan komisi akan dibayarkan kepada affiliator. Pihak Shopee akan membayarkan komisi ketika sudah memenuhi minimal pencairan, yakni Rp10.000,00.

Biasanya komisi akan dibayarkan setiap 2 minggu sekali. Jadi, pastikan saldo sudah mencapai batas tersebut. Selain itu, pastikan juga Anda sudah menyematkan rekening untuk melakukan pembayaran.

Demikian pembahasan tentang cara daftar Shopee affiliate program dan hal-hal seputar itu. Pada intinya, ini merupakan sebuah peluang menarik, terutama jika Anda adalah seorang content creator atau influencer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *