Mengenal Tentang iPhone Wifi Only

Posted on

Pengguna produk Apple yang sering, terutama iPhone, juga dapat sering mendapatkan informasi dari grup jual beli yang menawarkan ponsel iPhone Wifi Only saja. Kebanyakan orang tidak begitu memahami arti atau tujuan dari Wi-Fi only ini Untuk menghindari kebingungan, Anda perlu memahami konsep Wi-Fi only di iPhone sebelum membelinya agar tidak menyesal nantinya.

Arti iPhone Wifi Only

Seperti namanya, Wi-Fi only adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan iPhone yang hanya dapat diakses melalui koneksi internet Wi-Fi only. Istilah ini juga sering muncul di produk Apple lainnya bukan hanya iPhone namun juga iPad. Mengapa iPhone dan iPad? Faktanya, istilah “Wi-Fi only” lebih umum digunakan pada produk iPad.

Sebab, seperti yang kita ketahui, iPad hanya menawarkan dua pilihan dalam hal konektivitas. Tentu saja kedua opsi tersebut menggunakan kartu SIM atau data seluler, dan hanya menggunakan jaringan Wi-Fi. Hanya iPad dengan koneksi data seluler dari kartu SIM yang dapat digunakan. Atau cukup gunakan akses internet karena Anda tidak dapat mengakses jaringan melalui kartu SIM. Namun iPhone juga memiliki pilihan Wi-Fi only.

Penjelesan iPhone Wifi Only

Fitur Wi-Fi saja tidak hanya tersedia di iPad, tetapi juga di iPhone Apple yang terkenal. Jika Anda pergi ke toko tertentu, Anda mungkin melihat produk iPhone dengan tulisan “Wi-Fi only” di atasnya. Melihat arti dari istilah di atas, mungkin Anda akan bingung dan bertanya-tanya mengapa iPhone didesain hanya dengan Wi-Fi saja?

Kita tahu bahwa produk iPhone umumnya dirancang khusus untuk menjalankan fungsi yang sama seperti smartphone pada umumnya. Lalu apa maksud dari Wi-Fi only ini pada iPhone maupun iPad? Apakah masih bisa digunakan untuk kebutuhan smartphone pada umumnya? Bagaimana dengan koneksi iPhone ini? Inilah alasan mengapa ada iPhone Wi-Fi only:

  1. Pemblokiran IMEI

Jika Anda kebetulan embeli produk iPhone saat bepergian ke luar negeri, Anda harus membayar pajak yang berlaku sebelum bisa menggunakannya. Jika Anda tidak membayar pajak, IMEI iPhone Anda akan otomatis batal atau diblokir. Jadi Anda tidak dapat menggunakan kartu SIM dari penyedia mana pun yang dimasukkan ke dalam slot iPhone Anda. Oleh karena itu, iPhone hanya dapat menjelajah Internet melalui Wi-Fi saja.

  1. iPhone Lock Carrier

SIM mungkin tidak berfungsi pada semua jenis iPhone karena ada beberapa jenis iPhone yang memiliki perjanjian kemitraan dengan vendor tertentu. Alhasil, beberapa produk iPhone didatangkan ke Tanah Air dan sebelumnya sudah menjalin kerja sama dengan vendor tertentu. Ini tentu saja salah satu alasan mengapa iPhone hanya menggunakan sistem Wi-Fi saja.

  1. iPhone Bypass

iPhone Bypass merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah kunci telepon, bersama dengan risiko kartu SIM tidak dapat memulai jaringan. Jika iPhone Bypass, konsekuensi yang mungkin terjadi adalah iPhone mungkin hanya Wi-Fi only. Nah, jika Anda menemukan penjual iPhone yang hanya mem-bypass Wi-Fi, berarti iPhone Anda tidak bisa menggunakan kartu SIM penyedia, hanya bisa menggunakan jaringan Wi-Fi.

  1. Terjadi Kerusakan

Alasan terakhir yaitu iPhone Anda telah disusupi dan Anda hanya dapat mengakses jaringan internet melalui jaringan Wi-Fi saja.

Kekurangan dan Kelemahan iPhone Wifi Only

Jika Anda pergi ke toko resmi Apple, Anda bisa melihat bahwa harga iPhone Wifi Only memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang bisa menggunakan Wi-Fi + SIM Card. Memang harganya lebih murah sehingga banyak orang yang langsung membeli iPhone ini tanpa mencari tahu apa artinya dan juga kekurangannya.

Karena harganya yang murah, tentunya iPhone ini memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya sangat sulit untuk digunakan. Berikut beberapa kekurangannya:

  • iPhone tidak dapat memperbarui iOS.
  • iPhone tidak dapat direset.
  • Keamanan rapuh.
  • Hanya iPhone Wi-Fi yang telah jailbreak (tetapi tidak semua).
  • Koneksi internet hanya bisa menggunakan Wi-Fi.
  • iPhone Anda dapat terkunci tiba-tiba kapan saja atau artinya tidak dapat digunakan.

Keunggulannya memang terletak pada harga yang lebih murah namun tentu Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal di atas sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari setelah membeli iPhone Wi-Fi only.

Cara Memperbaiki iPhone WiFi Only

Ingin tahu apakah Wi-Fi only iPhone bisa diperbaiki? Sebenarnya, sangat mudah untuk memperbaiki iPhone yang hanya berfungsi di Wi-Fi ini. Yang terpenting, Anda harus tahu terlebih dahulu mengapa iPhone Anda hanya berfungsi di Wi-Fi. Jika salah satu faktornya rusak, Anda bisa mencoba memperbaikinya di counter terdekat.

Di sisi lain, jika kerusakan iPhone tidak dapat diperbaiki, satu-satunya pilihan adalah menggunakan jaringan Wi-Fi. iPhone yang hanya bisa menggunakan jaringan Wi-Fi biasa digunakan oleh para gamer karena tidak memerlukan fitur lainnya. Penting bahwa Anda harus memiliki koneksi Wi-Fi yang lancar agar bisa menggunakan koneksi internet di iPhone Wifi Only.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *