Cara Cek Layar Xiaomi Rusak yang Mudah Dilakukan

Posted on

Layar smartphone memang menjadi bagian penting dari smartphone itu sendiri, termasuk layar smartphone atau hp Xiaomi. Mungkin jika kerusakan fisik pada layar seperti layar tergores bisa dilihat secara langsung dengan mata dan cepat diketahui.

Tapi jika kerusakan bukan di bagian fisik layar, jelas anda akan cukup kesulitan mengetahuinya. Salah satu kerusakan yang cukup sering terjadi dead pixel dan kerusakan lainnya.

Untuk mengetahui kerusakan dead pixel, bisa dilihat dari ciri-cirinya, yaitu dengan munculnya bintik hitam atau putih pada layar.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap untuk mengetahui kerusakan layar, maka langsung saja berikut ini yang akan membahas berbagai cara cek layar Xiaomi rusak.

Cara cek layar Xiaomi

Berbagai Cara Cek Untuk Cek Layar Xiaomi

Layar memang menjadi elemen penting pada smartphone, jika layar rusak jelas akan menimbulkan berbagai masalah seperti kesulitan dalam menyentuh layar misal untuk mengetik, kemudian kesulitan melihat objek dalam layar dengan jelas, dan masih banyak lagi.

Untuk itu memang penting untuk mengecek layar ponsel pintar anda, untuk mengidentifikasi kerusakan lebih cepat. Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya jika layar yang mengalami dead pixel akan ditunjuk dengan ciri-ciri adanya titik hitam atau putih pada layar.

Untuk mengetahui ciri-ciri tersebut, maka anda dapat membuka gambar berwarna putih, jika ada titik hitam pada layarnya, maka bisa dipastikan ada kerusakan. Dead pixel tak hanya ditandai dengan titik hitam, tapi juga titik putih. Untuk titik putih biasa lebih mudah dilihat atau jelas secara fisik.

Selain dead pixel, HP Xiaomi juga cukup sering mengalami shadow. Untuk masalah satu ini biasanya terjadi pada ponsel dengan layar Amoled, tapi bisa juga terjadi pada tipe lainnya, termasuk IPS. Untuk mengetahuinya bisa lihat saja apakah ada bayangan di layar atau tidak.

Nah, beberapa cara lain dapat dilakukan untuk mengecek kerusakan pada layar adalah sebagai berikut ini.

1. Cek Masalah Layar Retak

Retakan pada layar atau screen smartphone memang cukup sering terjadi. Retakan biasanya terjadi jika perangkat jatuh. Maka dari itu penting untuk menjaganya agar tidak jatuh, atau melindunginya dengan tampere glass.

Biasanya screen yang retak dapat dilihat secara langsung dengan mata telanjang, tapi bisa juga cukup sulit untuk dideteksi. Karena hal inilah anda bisa menggunakan senter untuk mendeteksinya. Cara menggunakan senter pun sangat mudah dilakukan.

Jadi, tinggal arahkan senter ke layarnya, dan mulailah cek apakah ada retakan atau tidak. Retakan pada screen bisa membuat proses sentuh cukup terganggu dan menyulitkan untuk melihat objek pada screen.

Untuk bisa kembali normal, maka jelas anda harus mengganti layar smartphone dengan layar baru.

2. Cek Layar Longgar

Masalah selanjutnya yang masih berjuang dengan kerusakan pada screen ponsel adalah adanya kelonggaran pada screen. Ya, layar smartphone pun bisa longgar, dan akan bisa mengakibatkan ketidakberdayaan dalam menggunakan perangkat.

Bukan hal sulit untuk mencek kelonggaran pada bagi layarnya. Untuk mengeceknya, tinggal tekan-tekan saja screen atau layarnya, jika saat ditekan masih stabil dan masih terasa nempel maka tidak ada kerusakan.

Tapi jika layarnya sedikit bergoyang dan seperti tidak menempel secara permanen, maka ini menjadi salah satu indikasi layar sudah tidak menempel pada body smartphone. Hal ini bisa terjadi karena perangkat pernah terjatuh dengan cukup keras.

3. Cek Layar Berubah Warna

Masalah satu ini juga cukup sering terjadi pada ponsel merk apapun termasuk Xiaomi. Ya, untuk masalah ini bisa dilihat secara langsung. Tinggal lihat saja apakah layarnya berubah warna seperti menjadi kuning, atau bahkan kecoklatan.

Hal ini biasanya disebabkan karena adanya kerusakan pada software ataupun hardware. Jelas perubahan warna ini dapat menggunakan kenyamanan saat memandang layar smartphone.

4. Layar Hang dan Tidak Menampilkan Gambar

Kerusakan satu ini pun tentunya sangat mudah diketahui. Tapi apakah anda tahu apa yang mengakibatkan kerusakan layar hang dan tidak memunculkan gambar?

Perlu diketahui hal tersebut bisa terjadi karena aplikasi tidak berjalan dengan sempurna, RAM tidak cukup, dan bisa juga dikarenakan penggunaan smartphone secara tidak sehat.

Nah, jika terjadi demikian pada smartphone anda, maka bisa diatasi dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama silakan untuk tekan tombol power Xiaomi
  2. Sepanjang tinggal tahan tombolnya selama kurang lebih 1 menit
  3. Nantinya ponsel akan mengalami shutdown dengan paksa dan akan restart secara otomatis

Jika masalah ini cukup sering terjadi, maka disarankan untuk melakukan flashing via metode Fastboost.

5. Cek Layar Gelap dan Tidak Responsif

Selanjutnya masalah yang sering terjadi adalah screen ponsel menjadi gelap dan tidak responsif lagi. Ini juga bisa dilihat dan dirasakan secara langsung.

Nah, perlu diketahui juga jika ada beberapa faktor yang bisa membuat terjadinya kerusakan ini, sebagai pengguna smartphone Xiaomi jelas harus mengetahui faktor tersebut.

Beberapa faktor yang bisa mengakibatkan screen terlihat gelap dan tidak responsif, antara lain :

  • Karena sering gonta-ganti LCD.
  • Perangkat sering jatuh.
  • Tercebur ke dalam air.
  • Sering mengantongi perangkat ponsel pada saku celana yang ketat.
  • Mengoperasikan HP saat sedang diisi daya.
  • Adanya crash pada firmware yang akan menyebabkan kegagalan fungsi layar.

Cek Layar Xiaomi Menggunakan Kode Dial

Selain melakukan pengecekan secara manual dengan berbagai cara di atas, ada juga cara untuk mengetahui latar Xiaomi asli atau tidak, dapat dilakukan dengan menggunakan kode rahasia. Ya, hampir semua smartphone Android memiliki kode rahasia.

Dengan kode ini, pengguna bisa mengakses dengan fitur-fitur tertentu dalam smartphone, seperti untuk pengecekan layar. Nah, langsung saja inilah beberapa cara dapat dilakukan untuk cek layar menggunakan kode rahasia atau kode dial.

  1. Pertama silakan ketikan kode *#*#64663#*#* pada papan telepon, kemudian klik call, atau akan langsung masuk ke tampilan menu
  2. Pilihan “Color” lalu ikuti panduan
  3. Akan ada pengetesan warna dengan warna Red, Green, dan Blue
  4. Pilihan warna yang diinginkan, jika pengetesan menampilkan warna yang dipilih, maka tidak ada masalah
  5. Jika sudah kembali ke tampilan menu
  6. Silakan untuk memilih “Touchscreen Edge/Touch Sensor”
  7. Akan muncul kotak-kotak dengan garis tertentu
  8. Silakan untuk geser atau sentuh mengikuti garis kontak yang ada. Jika adanya perubahan warna seperti berubah menjadi biru atau hijau, maka kondisi layar baik-baik saja, tapi jika tidak ada perubahan warna maka ada indikasi kerusakan pada layarnya.

Itulah beberapa cara cek layar Xiaomi rusak. Pengecekan penting dilakukan, terlebih lagi jika anda ingin menjual atau malah membeli hp Xiaomi bekas. Jika ada kerusakan layarnya maka harga jual akan turun.

Begitu pula bagi yang mau membeli hp Xiaomi second, jelas tidak akan mau jika layarnya rusak. Untuk itu cek terlebih dahulu.

Perlu diketahui juga ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk cek layar, seperti aplikasi Dead Pixels Test and Fix, Multi Touch Test, dan sebagainya yang dapat didownload di platform download Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *