Aplikasi Merangkum Video Youtube Terbaik

Aplikasi untuk merangkum video youtube belakangan ini sedang banyak dicari. Kegiatan belajar online membuat para guru memberikan tugas untuk meringkas video pembelajaran di youtube. Bukan tanpa alasan, hal ini agar para peserta didik bisa menguasi materi yang disampaikan. Nah dengan tool yang kita rekomendasikan ini nantinya kamu bisa mengubah video jadi teks secara otomatis.

Youtube merupakan platform berbagi video yang paling banyak digunakan diseluruh dunia saat ini. Popularitas aplikasi besutan google tersebut rasanya belum tertandingi meski beberapa pesaing terus bermunculan. Ini lantaran konten yang tersedia di youtube sangat beragam. Mulai dari berita/ news, hiburan hingga video edukasi. Pengguna juga bisa mengaksesnya secara gratis hanya bermodalkan internet.

Ada banyak video edukasi di youtube yang sangat bermanfaat bagi para siswa. Tak heran jika sering kali bapak/ibu guru memberikan tugas untuk merangkum atau meresume video di youtube. Apalagi saat masih pandemi seperti ini, dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Acap kali para murid diberikan link youtube tentang pembelajaran tertentu dan kemudian disuruh untuk meresume isi video terebut. Tujuanya tak lain adalah agar bisa menguasai materi dalam video.

Aplikasi Merangkum Online

Untuk merangkum video di youtube, umumnya dilakukan dengan mendengarkan serta menontonya terlebih dahulu. Setelah itu baru kemudian kita bisa mencatat apa isi dari video tersebut. Namun terkadang hal itu menjadi kendala bagi sebagian orang apalagi kalau materi yang disampaikan terlalu cepat. Sering kali kita harus mengulang ngulang videonya untuk memahaminya.

Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan aplikasi resume video yang bisa mengubah video menjadi teks. Dengan tools ini kita bisa mengubah video jadi teks secara otomatis. Setelah itu barulah kemudian kita bisa mempelajari materinya.

Aplikasi Untuk Merangkum Video Di Youtube

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk merangkum video secara online. Aplikasi tersebut rata rata berbasis website dan bisa kita gunakan secara gratis. Nah berikut ini sejumlah platform yang bisakalian gunakan.

Merangkum Youtube Dengan Anthiago

aplikasi merangkum video youtube terbaik
aplikasi merangkum video youtube terbaik

Anthiago merupakan tools berbasis website yang bisa digunakan seara gratis. Tools ini bisa mengekstrak teks subtitle di youtube. Silahkan ikuti langkah langkahnya berikut:

  1. Bukalah video youtube yang mau diresume.
  2. Setelah itu silahkan salin linknya atau URLnnya
  3. Buka browser kalian, bukalah website bernama anthiago.com
  4. Jika sudah terbuka silahkan pilih bahasa indonesia
  5. Paste link youtube di kotak yang disediakan.
  6. Klik transkrip dan tunggu prosesnya selesaii
  7. Selanjutnya tinggal copy teksnya dan gunakan sesuai kebutuhan

Resume Youtube Dengan Google Docs

  1. Nyalakan laptop/pc kalian lalu buka control panel
  2. Silahkan pilih menu hardware and sound
  3. Selanjuntya klik sound, maka akan muncul pop up. Pilih recording, pada bagian streo mix pilihlah enable.
  4. Sekarang klik streo mix lalu pilih set as default devices.
  5. Sekarang buka google docs, start a new document
  6. Bukalah menu tools dan pilih voice typing
  7. Bukalah video di youtube yang mau kamu resume
  8. Kembali ke google docs, pilih google voice. Atur ke bahasa indonesia
  9. Tunggu sampai proses selesai

Tips Membuat Rangkuman Dari Video

Ada beberapa tips untuk merangkum dari video youtube atau zoom agar efisien. Yang pertama, baiknya kamu tonton dulu video tersebut sampai tuntas. Umumnya video pembelajaran berdurasi pendek yakni hanya 10-20 menit saja. Dengan menonton video, otak akan lebih mudah mencerna materi dan membentuk imajinasi.

Selanjutnya kamu perlu menentukan 5W+1H. Sebelumnya mungkin kamu bisa menggunakan website untuk merangkum video youtube seperti yang dijelaskan diatas tadi. Selanjuntya kamu tinggal membuat rangkuman mulai dari apa yang dihabas?, siapa tokoh atau benda yang terlibat didalamnya? kenapa bisa terjadi? dan lain sebagainya. Tentu kalian sudah paham kan metode 5W+1H?

Terakhir, kamu bisa membaca kembali resume yang sudha kamu buat. Ini sekaligus untuk mengoreksi materi, tulisan ataupun penjelasan yang mungkin kurang tepat. Selain itu tentu saja kamu bisa sambil menghafal atau menguasai resume tersebut.

Akhir Kata

Well, itulah tadi aplikasi merangkum video terbaik yang bisa kamu gunakan. Dengan aplikasi tersebut, kini kamu bisa meringkas youtube lebih cepat dan efisien. Selamat mencoba yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *