Apa yang Harus Dilakukan Jika Kartu Telkomsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar?

Posted on

Saat kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar, saat itulah momen paling menyebalkan terjadi. Padahal saat dicek, pulsa masih ada & cukup untuk melakukan panggilan keluar. Jika ini terjadi pada kalian, mungkin kalian akan bingung, bahkan panik. Apalagi kalau ini terjadi di saat penting. Sebagai pengguna Telkomsel, kalian harus tahu cara mengatasinya.

Penyebab Kartu Telkomsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Ada berbagai faktor yang menyebabkan kartu Telkomsel tak dapat melakukan panggilan keluar. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Jaringan hilang

Bisa jadi, jaringan menghilang sehingga nomor Telkomsel yang kalian pakai tidak bisa digunakan untuk menelpon. Hal ini bisa terjadi karena lokasi kalian jauh dari tower Telkomsel. Bisa juga, kalian sedang berada di dalam ruangan tertutup sehingga sinyal Telkomsel tidak bisa masuk.

  1. Jaringan 4G sedang gangguan

Tak selamanya jaringan 4G Telkomsel dalam keadaan normal dan stabil. Ada kalanya jaringan Telkomsel mengalami gangguan saat kalian ingin melakukan panggilan keluar. Jika memang demikian, tidak ada cara lain selain menunggu hingga jaringan normal Kembali.

  1. Tak ada pulsa

Kadang, kalian lupa tidak mengecek pulsa saat hendak menelpon. Padahal yang terjadi adalah pulsa kalian habis atau tidak mencukupi untuk melakukan panggilan keluar. Untuk itu, cobalah cek pulsa terlebih dahulu untuk memastikan apakah pulsa masih ada/mencukupi atau tidak.

  1. Tidak melakukan registrasi

Ini juga termasuk salah satu penyebab tidak bisanya nomor Telkomsel dipakai untuk melakukan panggilan keluar, namun sering dilupakan banyak orang. Karena sering ganti kartu untuk mendapat paket internet murah, sangat mungkin kalian lupa melakukan registrasi. Pasalnya, memang ada kuota internet Telkomsel yang dapat dipakai tanpa registrasi terlebih dahulu. Jadi, jangan lupa untuk mengecek apakah kartu/nomor Telkomsel kalian sudah didaftarkan atau diregistrasi atau belum.

  1. Nomor terblokir

Satu lagi penyebab kalian tidak bisa melakukan panggilan keluar dengan nomor Telkomsel adalah karena nomor terblokir. Nomor terblokir maksudnya bisa jadi nomor kalian atau nomor yang dituju yang terblokir. Biasanya, nomor terblokir karena masa tenggang sudah habis atau karena kebanyakan tagihan. Jika salah satunya terjadi, jelas kalian tidak dapat melakukan panggilan keluar dengan atau ke nomor Telkomsel tersebut.

Mengapa Muncul Keterangan Panggilan Diakhiri Telkomsel?

Jika kalian ingin menelpon seseorang dengan nomor Telkomsel tapi tiba-tiba muncul keterangan panggilan diakhiri, artinya panggilan tersebut diakhiri secara otomatis ataupun diakhiri secara paksa baik oleh orang yang kalian telpon atau oleh operator Telkomsel. Tapi biasanya, ada alasan lain yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, antara lain:

  • Panggilan diakhiri oleh Telkomsel sebab jaringan kalian terkunci di 4G LTE.
  • Kalian belum mengaktifkan VoLTE di HP yang kalian gunakan.
  • Nomor tujuan yang kalian hubungi mengunci jaringan ke 4G.
  • Nomor tujuan yang kalian hubungi tidak mengaktifkan jaringan VoLTE.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Kartu Telkomsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar?

Setelah tahu kenapa kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar, sekarang kalian dapat mengetahui cara memperbaikinya. Dengan beberapa cara di bawah ini, kalian dapat melanjutkan aktifitas menelpon orang lain tanpa kendala. Berikut beberapa solusi yang bisa kalian coba:

  1. Melakukan panggilan ulang

Ini adalah cara paling tradisional dan sederhana. Tak ada salahnya untuk terus mencoba melakukan panggilan keluar lagi sampai bisa. Meski terkesan tidak canggih, tapi memang nyatanya banyak orang yang berhasil dengan cra ini. Bahkan, banyak orang yang baru berhasil tersambung setelah melakukan panggilan keluar puluhan kali.

  1. Pindah lokasi

Jika kalian gagal melakukan panggilan keluar karena masalah sinyal, satu-satunya jalan keluar adalah pindah ke tempat yang lebih mudah menerima sinyal. Setelah dirasa sinyal lebih bagus, kalian bisa mencoba lagi untuk melakukan panggilan keluar. Biasanya, posisi di dalam ruangan akan lebih sulit menerima sinyal dibanding saat sedang di luar ruangan.

  1. Cek pulsa

Kadang, kalian mengira bahwa nomor Telkomsel kalian masih punya pulsa banyak padahal sudah habis atau tinggal sedikit sehingga tidak dapat melakukan panggilan keluar. Untuk itu, cek dulu pulsa kalian untuk memastikan sisa saldo pulsa yang ada. Jika memang habis atau kurang, kalian bisa segera mengisi pulsa agar dapat melakukan panggiilan keluar dengan lancar.

  1. Cek masa aktif

Mungkin saja pulsa pada nomor Telkomsel kalian masih banyak. Tapi kalau masa aktif sudah habis, tetap saja kalian tidak bisa melakukan panggilan keluar. Jika pulsa sudah dalam masa tenggang, segeralah isi pulsa untuk membuat nomor Telkomsel kalian berada dalam masa aktif Kembali. Jika masa tenggang sudah habis, artinya nomor Telkomsel kalian sudah hangus dan harus beli baru lagi.

  1. Restart HP

Restart HP adalah solusi untuk banyak pasalah pada HP dan SIMcard. Selain tidak bisa melakukan panggilan keluar, mungkin HP kalian terasa lemot. Jadi, inilah saatnya kalian untuk melakukan restart HP. Biasanya, setelah HP hidup Kembali, HP sudah normal dan bisa dilakukan untuk melakukan panggilan keluar.

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Telkomsel?

Jika kasusnya adalah kartu atau nomor Telkomsel kalian belum registrasi, maka sebaiknya segera lakukan registrasi pada nomor tersebut. Di sini, kalian perlu menyiapkan beberapa data yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor KK.

Cara registrasi kartu Telkomsel dibagi menjadi 2 macam, yaitu untuk pelanggan baru dan untuk pelanggan lama. Untuk pelanggan baru Telkomsel, caranya adalah dengan mengetik REG<spasi>(NIK)#(Nomor KK)# kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 4444. Lain halnya untuk pelanggan lama Telkomsel, untuk melakukan daftar ulang yaitu dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan mengetik ULANG<spasi>(NIK)#(Nomor KK)#.

Setelah melakukan registrasi untuk pelanggan baru atau pendaftaran ulang untuk pelanggan lama Telkomsel, kalian bisa mencoba melakukan panggilan keluar lagi. Perlu diingat, pastikan kalian menggunakan data yang benar sesuai KTP dan KK kalian.

Adakah Faktor Lain Kartu Telkomsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar?

Bisa jadi, kalian tidak bisa melakukan panggilan dengan kartu Telkomsel karena kuningan pada SIMcard telah rusak. Jika kuningan pada kartu SIM rusak, maka tidak bisa terbaca oleh sistem di HP. Jika demikian, kalian bisa melakukan penggantian SIMcard ke GraPari Telkomsel terdekat.

Penyebab lainnya adalah terjadi kesalahan pengaturan HP sehingga panggilan keluar dibatasi. Jadi, pastikan bahwa kalian tidak mengaktifkan pemblokiran panggilan keluar pada pengaturan HP.

Jika kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar, kalian juga bisa minta bantuan Call Center Telkomsel dengan menghubungi 188. Kalau Call Center Telkomsel sibuk terus saat dihubungi, alternatif lain adalah dengan datang langsung ke GraPari Telkomsel dan menanyakan masalah yang terjadi. Pihak provider Telkomsel akan memberikan solusi sesuai masalah yang terjadi. Dengan penjelasan yang detail ini, semoga tidak ada masalah lagi bagi kalian dalam melakukan panggilan keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.