Advan X7: Spesifikasi dan Review (Lengkap)

Posted on

Kemunculan dari Advan X7 disebut sebagai tablet eazy to use bagi kalangan pelajar maupun masyarakat yang lebih suka menggunakan tablet Android. Mengingat bahwa tablet ini memberikan kemampuan multitasking yang sangat optimal dan prosesornya yang mutakhir serta tangguh.

Spesifikasi Advan X7

Advan X7

work2G bandsGSM/ 1800 / 1900/ 850 / 900
3G bandsHSDPA 2100
4G bandsNo
SpeedHSPA 21/5.76 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
BODYBody dimensionTo be confirmed
Body weightTo be confirmed
SIMDual SIM (GSM-GSM)– Dual Standby
DISPLAYDisplay type16M colors, IPS LCD capacitive touchscreen,
Display size7.0 inches
Resolution(~170 ppi pixels density)1024 x 600 pixels
MultitouchYes
ProtectionNo
SOUNDAlert typeWAV  ringtones, Vibration; MP3,
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
MEMORYInternal memory1 GB RAM dan 8 GB.
Card slotmicroSD up 32 GB
PLATFORMOSAndroid OS v5.1 Lollipop
ChipsetIntel Atom X3-C3230RK
CPUQuad-core 1.0 GHz
GPUMali-450MP4
COMMSWLANWi-Fi Direct Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot,
Bluetoothv4.0, A2DP
USBUSB OTG Support, microUSB v2.0,
GPSYes, with A-GPS
RadioFM radio
CAMERAPrimary camera2 MP, LED Flash, 1600 x 1200 pixels.
FeaturesYes, Geo-tagging, Digital zoom, Face detection.
VideoYes
Secondary cameraVGA
FEATURESSensorsProximity, Accelerometer
MessagingMMS, Email, IM SMS(threaded view)
BrowserHTML
JavaNo
ColorsWhite-Silver
BATTERYNon Removable Li-Ion 2500 mAh battery
Stand-by
Talk time
Music play

Review Lengkap Advan X7

Review Lengkap Advan X7

Tablet yang memiliki dua Slot SIM card ini mempunyai banyak informasi lengkap yang sebaiknya kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Baik itu dari segi spesifikasi, desain, processor, layar atau yang lainnya.

Oleh karena itu, kamu wajib menyimak beberapa informasi lengkap yang ada di bawah ini, di antaranya:

1.     Desain

Jika dilihat sekilas, tampilan desain dari Advan X7 ini memang hampir sama seperti Samsung Galaxy Tab 37.0. Kedua tablet ini sama-sama mempunyai ukuran layar 7 inci. Sehingga ukuran tersebut sangat standar dan memberikan kenyamanan saat digenggam tangan.

Sementara X7 ini menjadi perangkat yang mempunyai ukuran ideal, karena tidak sekecil smartphone, namun juga tidak sebesar tablet 10 inci. Di bagian body tablet sangat minimalis dan ramping. Untuk pilihan warnanya, Advan memberikan satu pilihan warna saja yaitu putih.

2.     Layar

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa tablet ini memiliki ukuran layar sebesar 7 inci. Dengan layar tersebut sudah diimbangi melalui resolusi 600×1024 pixel yang mempunyai kerapatan warna 170 PPI, dapat dikatakan bahwa resolusi layar X7 ini cukup rendah.

Namun masih diberikan beberapa teknologi. Sehingga tampilan layar tablet menjadi lebih cerah jernih dan tajam. Layar tersebut memiliki jenis IPS LCD kapasitif touchscreen dan dilengkapi dengan 16 juta warna.

3.     Processor

Walaupun harga yang ditawarkan sangat terjangkau, akan tetapi hal ini tidak membuat pihak Advan mengurangi kinerja dari prosesor tablet X7 ini. Kamu harus tahu bahwa tablet keluaran terbaru dari advan mempunyai chipset Intel Atom 64-bit X3 C3230RK dan dipadukan CPU Quad Core 1 GHz.

Penggunaan dari proses tersebut adalah keluaran terbaru yang berasal dari intel dan hal ini menjadi prosesor Intel pertama yang telah digunakan oleh Tab Advan. Kombinasi Inilah yang dikatakan sangat tangguh dalam menjalankan beberapa kegiatan multitasking.

Sementara teknologi komputasi 64 bit tersebut diusung oleh X7 yang lebih cepat dari 4 kali dari tablet yang menggunakan teknologi 32 bit. Advan memberikan dukungan berupa GPU Mali 450 MP4 karena adanya dukungan aktivitas grafis.

4.     Memori

Di dalam sektor memori, mungkin kamu merasa sedikit kecewa karena kapasitas penyimpanan internalnya yang hanya 8 GB saja. Terlebih lagi RAM yang digunakan juga dapat dikatakan lebih kecil yaitu 1 GB saja.

Namun dari segi spesifikasi tersebut dianggap cukup pas apabila melihat harga jualnya yang sangat terjangkau yaitu kisaran 1 jutaan. Kamu tidak perlu merasa kecewa karena X7 mempunyai slot Android yang dapat menyimpan memori eksternal sampai 32GB.

Dengan memori tersebut kamu dapat menyimpan data file, musik, video, dan foto di dalam memori eksternal. Sementara beberapa dari aplikasi bisa disimpan di memori internal kamera Advan X7 mempunyai dua kamera yaitu kamera belakang dan kamera depan.

Hanya saja bagian resolusi yang ada di tablet kamera tersebut cukup kecil. Di bagian kamera belakang hanya mempunyai resolusi 2 MP yang bisa mengambil foto maupun resolusi ukuran 1600 x 1200 pixel. Hal ini bisa untuk mengambil gambar di lokasi yang mempunyai pencahayaan kurang.

5.     LED Flash

Advan X7 Real Foto

Kamu dapat memanfaatkan LED Flash di tablet ini. Pengguna tidak hanya dapat mengambil gambar saja, melainkan juga dapat melakukan perekaman video melalui tablet. Ada beberapa fitur standar yang ada di dalamnya. Seperti digital Zoom, face detection, maupun geotagging.

6.     Kamera

Kelemahan yang ada di sektor kamera tidak hanya di bagian resolusi kamera belakang yang kecil saja. Melainkan juga X7 ini yang masih menggunakan VGA. Ada beberapa tablet lain yang menggunakan resolusi paling kecil yaitu 2mp pada bagian kamera depannya.

Akan tetapi di sektor kamera sebenarnya tidak menjadi masalah, mengingat fungsi utama dari tablet ini tidak hanya untuk memotret saja.

7.     Konektivitas

Tablet ini memang belum memiliki dukungan berupa 4G LTE. Namun tenang saja, karena kamu tetap bisa menggunakan tablet dengan dual SIM menggunakan jaringan GPRS, 3G dan 2G. Sehingga kamu tetap dapat menggunakan tablet ini untuk mengirim pesan melalui SMS atau telepon.

Supaya tidak boros penggunaan kuota data, maka kamu dapat memanfaatkan wi-fi hotspot yang ada di beberapa area. Cara ini lebih mempermudah proses pengiriman musik dan foto. Advan ini juga sudah memberikan fitur bluetooth versi v4.0.

8.     Harga

Keluaran tablet yang ditawarkan pertama kalinya memang mempunyai harga yang tinggi. Akan tetapi untuk harga Advan X7 itu sendiri memiliki harga yang lebih bersahabat yaitu Rp 1.099.000. Untuk harga tersebut tergolong sangat ramah dan tidak akan membuat kantong kamu jebol.

Harga tersebut termasuk sebagai harga standar karena sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Akan tetapi kamu harus mengingat bahwa harga yang ditawarkan X7 setiap wilayah tidak sama.

9.     Baterai

Aktivitas pengguna selama berselancar di dunia maya, menonton film, atau bermain game, maka Advan menyematkan baterai Lion yang berkapasitas 2500 mah. Baterai ini memang tidak terlalu kuat, namun dapat mengatasi prosesor yang digunakan.

Melalui tablet ini, X7 lebih memungkinkan tidak terlalu kuat apabila digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama. Sehingga kamu harus sering kali membawa charger maupun power bank agar berjaga-jaga apabila daya baterai habis saat digunakan.

10.  Fitur yang Tertanam

Dapat dikatakan bahwa tablet ekonomis ini mempunyai fitur konektivitas berupa TV out yang menggunakan wireless display. Fitur inilah yang tidak dapat ditemukan pada semua tablet. Tidak hanya itu saja, terdapat dua petunjuk arah seperti GPS dan GPS Built in.

Apabila beberapa tablet masih menggunakan sistem operasi Android KitKat, berbeda dengan X7 yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1 yang dapat kamu gunakan. Hal ini bisa untuk menikmati beberapa jenis aplikasi yang sangat menarik melalui tablet.

Setelah keluaran Advan X7 memang mampu memberikan kenyamanan bagi setiap para penggunanya. Mengingat bahwa tablet ini sangat direkomendasikan di berbagai kalangan. Selain harganya murah fitur yang dimilikinya pun juga lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.