Advan Tab 7: Review Lengkap & Plus Minusnya

Posted on

Advan Tab 7 sengaja dikeluarkan dengan kemampuan 4G LTE supaya memberikan kenyamanan ketika bermain game online 3D. Ini memang produk keluaran terbaru, akan tetapi harganya sangat terjangkau. Sehingga mampu diterima dengan baik oleh masyarakat setempat.

Spesifikasi Advan Tab 7

Advan Tab 7

Info

Tanggal RilisJuli, 2020
StatusAvailable

Jaringan

SIMNano SIM
Dual SIMYes
Jaringan 2G900/1800MHz
Jaringan 3G900/2100MHz
Jaringan 4G2100, 1800, 850, 900, 2300

Bodi

Dimensi109.5×194.7×11.6 mm
WarnaHitam

Layar

Tipe LayarIPS LCD
Ukuran Layar7 inci
Resolusi1280 x 800 piksel
Jumlah Warna16 juta
PerlindunganTempered 6H

Software

Sistem OperasiAndroid 9.0 Pie

Prosesor

CPUQuad-core 1.4Ghz

Memori

RAM3 GB
Memori Internal16 GB
MicroSDUp to 64 GB
Slot MicroSDDedicated Slot

Kamera

Kamera Belakang5 MP
Kamera Depan5 MP

Fitur

SensorG-Sensor
Jack AudioYes

Konektivitas

WiFi802.11 a/b/g/n/ac
Bluetoothv4.2
GPSYa
Infrared
Radio FM
NFC
USBMicroUSB v2.0

Baterai

Kapasitas Baterai4000 mAh
Jenis BateraiLi-Po
PemasanganNon-removable
Fast ChargingYa

Kelebihan Advan Tab 7

Kelebihan Advan Tab 7

Advan tipe Tab 7 sudah berhasil merilis perangkat tablet yang beroperasi pada jaringan seluler 4G untuk pertama kali. Kelebihan yang ditawarkan oleh Advan ini sangatlah banyak, termasuk dibekali dengan adanya teknologi layar yang sangat ramah bagi penggunanya.

Berikut ini beberapa kelebihan yang tersedia di dalamnya, diantaranya:

1.     Perfoma Handal

Advan tipe ini dibekali dengan performa yang handal yaitu berupa prosesor quad core yang telah dipadukan dengan GPU Mali 720. Cocok dimainkan untuk bermain game karena resolusi 1024 x 600.

4G LTE mampu memberikan kecepatan akses maupun kepuasan saat bermain game online 3D dilengkapi dengan dua kamera dual Flash. Ada juga RAM 1 GB micro SD slot up to 32GB ROM 8GB dan baterai berkapasitas 2500 mAh.

2.     Eya Pro

Tab 7 dari Advan ini memiliki keunggulan dari segi teknologi layar, yaitu melalui teknologi eye protection. Teknologi inilah  yang secara efektif bisa mereduksi atau blue cute bahaya dari radiasi sinar biru yang dipancarkan sampai 40%.

Hal ini pun juga bisa meningkatkan ketajaman layar dan kenyamanan pengguna walaupun berlama-lama mengoperasikan tablet Advan. Melalui teknologi ini maka penggunaannya bisa merasakan kenyamanan, walaupun sudah berjam-jam mengoperasikan tablet.

Ditambah lagi dengan adanya lapisan secara khusus yang mana pada biasanya sinar biru yang terpancar ke layar mata pengguna dari tablet akan lebih berkurang. Sinar biru lebih dikenal sebagai sinar yang terjatuh dan bisa ditangkap oleh mata manusia.

Sementara tingkat konsentrasi energinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sinar lain. Sebenarnya sinar biru adalah gejala alamiah yang seringkali dipancarkan oleh matahari. Sehingga bisa menentukan siklus tidur dan bangun menjadi lebih mudah.

Fitur inilah yang membuat fitur ini sangat berguna dan menjadi pilihan smartphone terbaik dalam menjaga kesehatan mata.

3.     Harga Jual

Melalui informasi spesifikasi yang sangat lengkap yaitu mengusung prosesor 4 inti unit grafis Mali T720 RAM 1GB dan layar sebesar 7 inci. Wajar saja jika tablet ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu hanya Rp1.350.000 per unit.

Untuk segmen yang diincar oleh Advan produk ini yaitu anak-anak berusia 10 tahun hingga 45 tahun. Hal ini dikarenakan kebiasaan orang tua yang memberikan perangkat elektronik kepada anak menjadi fenomenal yang cukup lumrah ditemui.

Paling tidak, orang tua bisa memberikan perangkat kepada anak yang mempunyai derajat keamanan lebih baik. Untuk itu, bagi orang tua yang dilema dalam menentukan pilihan ponsel, maka bisa memilih smartphone yang satu ini.

4.     Desain

Jika dilihat dari posisi depan Advan Tab 7 ini memang terlihat biasa seperti pada tablet pada umumnya. Akan tetapi, di bagian belakang dibalut dengan adanya perpaduan warna putih dan material antara logam dengan plastik yang berwarna silver.

Advan itu sendiri mampu memberikan kesan yang mewah. Namun hal yang tidak diduga bahwa semuanya tidak berwarna silver. Akan tetapi di bagian bawahnya berwarna putih. Selain warna perak, ponsel ini juga menyediakan pilihan warna seperti gold yang memberikan kesan lebih mewah.

5.     Terdapat Dua Slot Sim Card

Di slot pertama menggunakan kartu micro SD. Sementara slot kedua menggunakan SIM card standar atau Mini SIM. Di bagian panel yang sama juga tersedia slot micro SD sebagai tempat untuk menambahkan memori eksternal layar dan Interface Tab 7.

6.     Teknologi IPS Atau In Plane

Tab ini memiliki resolusi berukuran 7 inci yang tampil dengan teknologi IPS atau in plane. Sehingga bisa dipastikan bahwa tampilannya sangat tajam dan jernih walaupun dilihat di beberapa sudut yang berbeda.

Kamu dapat menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android 4.4.2 KitKat. Secara interface, penggunaan dari tablet ini tidaklah terlalu sulit. Terlebih lagi Advant telah menggunakan icon menu standar yang berasal dari bawaan Google.

7.     Kamera

Pada bagian belakang Advan 7 memiliki lensa kamera 8 MP dan lampu flashlight yang berganda. Ada juga fitur HDR panorama, live photo, face beauty, Zero, shutter delay, smile shoot, face detection, dan Geo Tagging.

Ada juga 14 mode scanner dan 7 efek yang dapat kamu pilih. Melalui fitur kamera inilah yang menjadikan gambar terlihat lebih natural.

8.     Multimedia tablet

Advan ini memberikan kemampuan multimedia yang sangat baik, karena memiliki fasilitas hiburan, pemutar video, pemutar musik, dan radio FM. Dengan melalui pemutar musik, maka pengguna bisa memutar beberapa jenis file audio, Wave, MP3 dan lainnya.

9.     Fitur Music Player

Kekurangan Advan Tab 7

Advan Tab 7 bisa digunakan untuk memutar file lagu maupun klik video dengan lancar. Terlebih lagi kamu juga disuguhkan dengan pengaturan melalui efek suara atau equalizer. Sehingga pengguna dapat memilih 6 preset reverb dan 10 preset. Advan tipe Tab 7 bisa memutar file video, MP4.

Saat diputar juga tidak mengalami masalah dan dilengkapi fitur subtitle yang dapat dimasukkan ke dalamnya.

10.  Hardware

Advan memang tidak main-main dari segi jeroan, karena hal ini dibuktikan dengan adanya prosesor Octa-Core yang menjadi poros utama dari kekuatan tablet. Ini berkat adanya chipset MediaTek MT8392 yang sudah diklaim mempunyai kemampuan true Octa Core yang berkecepatan 1,7 GHz.

Namun sayangnya tablet ini hanya memiliki ram 1 GB saja. Namun tenang saja, karena Advance 7 dibekali dengan memori internal yang cukup memadai yaitu 8 GB.

Dengan memiliki layar 7 inci maka bisa mengeksekusi aplikasi secara multitasking atau game berat sekalipun dengan cepat tanpa hambatan. Tidak hanya kinerja hardware-nya yang optimal, namun Advance juga dibekali dengan berbagai penghemat baterai berupa CPU power saving mode.

Kekurangan Advan Tab 7

Meski memiliki banyak kelebihan, namun smartphone ini tetap saja memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yakni:

  • Memiliki fitur yang sangat terbatas kapasitas.
  • Baterai yang hanya 2500mah dan memiliki layar 7 inci. Tentu saja hal ini bisa terkuras lebih cepat terlebih lagi saat menggunakan tablet untuk bermain game atau aplikasi multimedia.
  • Ram 1 GB untuk sebuah tablet sangat terbatas.
  • Resolusi kamera hanya 5 MP dan untuk kamera selfie hanya 2 MP.

Advan memang menjadi vendor lokal yang cukup ternama di negara Indonesia. Sehingga Advan serius dalam menghadirkan produk berkualitasnya. Salah satu produk keluaran terbaru yaitu Advan Tab 7 yang dibanderol dengan harga dibawah 1.5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.