Review Spesifikasi dan Harga Lengkap Advan X7 Pro

Posted on

Sedang mencari tablet yang ‘easy-to-use’ untuk menunjang aktivitas sehari-hari? Mungkin Advan X7 Pro bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Selain mudah digunakan, tablet yang satu ini juga menyediakan spesifikasi yang ‘lumayan’ dengan harga yang cukup terjangkau, lho.

Spek Tab Advan X7 Pro

Advan X7 Pro

Mungkin pada awalnya banyak yang meragukan spek alias spesifikasi dari tablet yang satu ini. Wajar saja, harga ditawarkan oleh Advan bisa dibilang lebih rendah dari kebanyakan tablet lain. Lalu bagaimana spek dari tablet besutan vendor dalam negeri tersebut? Simak dulu tabel spesifikasi berikut ini.

Keluaran2019
Platform
RAM1 GB
ChipsetUnisoc SC7731E
Penyimpanan8 GB, up to 32 GB
CPUQuad-core 1.3 GHz Cortex A-7
GPUMali-T820 MP1
Sistem OperasiAndroid 8.1 Oreo (Go Edition)
Kamera Belakang
Single Camera2 MP (Wide)
Video720p @30fps
FiturLED Flash
Kamera Depan
Single Camera0,3 MP
Video720p @30fps
Fitur
Bodi
Dimensi196.6 x 110 x 10.85 mm
WarnaHitam, Gold
LayarTFT 7 inchi (600 x 1024 piksel)
Proteksi
BateraiLi-Po (2500 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G (GSM 900 / 1800), 3G (WCDMA 2100)
SIMDual SIM, dengan slot khusus
Dukungan
Bluetooth4.2, LE, A2DP
GPSA-GPS, GPS
NFCNo
USBUSB On-The-Go, microUSB 2.0
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorAccelerometer
RadioFM Radio

Review Tab Advan X7 Pro

Spek Advan X7 Pro

Setelah melihat tabel spesifikasi di atas, sekarang mari kita me-review tablet Advan Vandroid X7 Pro secara lengkap, mulai dari bodi, performa, hingga baterai yang digunakan olehnya. Tidak perlu basa-basi lagi, berikut ini review lengkap dari tablet tersebut.

Desain

Jika dilihat dari desainnya, sekilas Vandroid X7 Pro ini mirip seperti Samsung Galaxy Tab 3 7.0. Ya, kedua tablet tersebut memang sama-sama mempunyai ukuran layar sebesar 7 inch. Bisa dibilang itu adalah ukuran yang cukup standar tablet dan juga nyaman dalam genggaman tangan.

Vandroid X7 Pro merupakan perangkat dengan ukuran yang ideal. Tidak sekecil smartphone biasa, namun tidak juga sebesar tablet 10 inch. Bodi dari tablet ini juga cukup ramping serta minimalis. Kemudian untuk pilihan warnanya, Advan menawarkan dua pilihan warna yang bisa kamu pilih, yakni hitam dan gold.

Layar

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Vandroid X7 Pro ini dibekali dengan layar berukuran 7 inch berjenis TFT. Nah, layar tersebut diimbangi dengan resolusi sebesar 600 x 1024 piksel yang memiliki kerapatan warna sebanyak 169 ppi.

Ya, bisa dibilang resolusi layar dari tablet tersebut memang cukup rendah. Terlebih lagi resolusi 600 x 1024 piksel ini digunakan pada layar yang terbentang selebar 7 inchi. Jadi rasanya kegiatan seperti bermain game atau menonton video terlalu lama akan membuat mata kamu cepat pegal.

Prosesor

Dibandrol dengan harga yang murah, ternyata tidak membuat Advan mengesampingkan kinerja prosesor dari tablet yang satu ini. Advan X7 Pro ditenagai chipset Unisoc SC7731E dengan CPU Quad-Core berkecepatan 1.3 GHz.

Kombinasi tersebut memang cukup tangguh untuk menjalankan kegiatan-kegiatan multitasking. Sedangkan untuk mendukung kebutuhan grafis, Advan juga telah menyematkan Mali-T820 MP1. Nah, GPU ini akan sedikit membantu tampilan layar yang resolusinya terbilang cukup rendah tadi.

Memori

Memori Advan X7 Pro

Kemudian masuk di sektor memori, mungkin kamu akan merasa sedikit kecewa saat mengetahui jika tablet ini hanya dibekali dengan kapasitas RAM yang hanya 1 GB saja. Belum lagi, penyimpanan internal yang disediakan cukup kecil untuk smartphone jaman sekarang, yakni hanya sebesar 8 GB saja.

Namun kamu bisa merasa sedikit lega, karena Vandroid X7 Pro menyediakan slot microSD yang dapat digunakan untuk menyimpan memori eksternal sampai 32 GB. Dengan ini, kamu bisa menyimpan lebih banyak file, data, musik, foto, dan juga video di memori eksternal.

Kamera

Seperti halnya pada tablet lainnya, tersedia dua kamera pada tablet Vandroid X7 Pro, yakni kamera depan dan juga kamera belakang. Hanya saja, resolusi yang digunakan pada kedua kamera tablet tersebut sangat kecil. Untuk kamera belakangnya, hanya memiliki resolusi sebesar 2 MP saja.

Kamera belakang dari tablet ini dilengkapi dengan fitur LED Flash, yang berguna untuk mengambil gambar di tempat dengan pencahayaan rendah. Tidak hanya mengambil gambar, ada beberapa fitur standar yang disematkan untuk pengambilan video, seperti geo-tagging, face detection dan lain sebagainya.

Ya, kelemahan dari sektor kamera ini tidak hanya terletak pada resolusi kamera belakang yang kecil saja. Namun, kamera depan dari Advan X7 Pro juga masih menggunakan model VGA. Jadi tablet ini memang kurang cocok digunakan untuk aktivitas-aktivitas yang mengutamakan kamera depan.

Konektivitas

Perlu untuk kamu tahu, jika Advan X7 Pro ini belum mendukung oleh jaringan 4G LTE, walaupun kamu bisa menggunakan dua SIM secara bersamaan. Jadi jenis jaringan yang disediakan oleh tablet ini hanyalah 2G, EDGE, GPRS, dan 3G.

Nah, untuk lebih menghemat kuota data yang dimiliki, kamu dapat memanfaatkan Wi-Fi Hotspot gratis di beberapa area dengan tablet yang satu ini. Dan untuk mempermudah proses pengiriman data dan media, Advan telah menyediakan fitur Bluetooth v4.0 pada Vandroid X7 Pro.

Baterai

Untuk mengimbangi berbagai kegiatan yang dilakukan seperti berselancar di dunia maya, menonton film, hingga bermain game, Advan telah menyematkan baterai Li-Ion dengan kapasitas 2500 mAh. Memang baterai tersebut tidak terlalu besar, namun dapat mendukung prosesor untuk memacu dayanya.

Ya, Vandroid X7 Pro mungkin tidak terlalu kuat apabila digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Jadi, kamu harus selalu membawa charger maupun power bank, untuk berjaga-jaga apabila daya baterainya tiba-tiba habis pada saat digunakan.

Fitur

Ada beberapa fitur menarik yang disediakan oleh Vandroid X7 Pro ini, salah satunya adalah dua penunjuk arah yang terdiri dari GPS built-in dan A-GPS. Jika beberapa tablet lain masih menggunakan OS Android KitKat, tidak dengan tablet yang satu ini.

Vandroid X7 Pro telah berhasil mengungguli para kompetitornya dengan mengusung OS Android Lollipop v5.1. Jadi kamu bisa menikmati berbagai aplikasi dan juga fitur menarik yang disediakan oleh tablet ini. Selain itu, ada juga FM Radio yang memungkinkanmu untuk mendengarkan radio dimana saja.

Harga Advan X7 Pro

Dulunya, tablet yang satu ini memang ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi. Namun kini kamu dapat membawa pulang tablet canggih seperti Vandroid X7 Pro ini dengan harga yang lebih terjangkau. Di pasaran, Advan X7 Pro new alias baru hanya dibanderol dengan harga Rp900 ribuan saja, lho.

Banderol harga untuk tablet ini memang terbilang cukup standar. Harga tersebut juga sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan olehnya. Meskipun begitu, spesifikasi dari Advan X7 Pro ini sebenarnya sudah cukup untuk menunjang berbagai kegiatan harian, kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.