Advan S5E NXT, Jagoan HP Kelas Entry-level!

Posted on

Advan kembali meramaikan pasar HP di kelas entry-level dengan menghadirkan jagoan barunya, Advan Vandroid S5E NXT. Hadir sebagai HP entry-level, tentunya harga banderolnya pun juga terjangkau. Lalu bagaimana spesifikasi dari Advan S5E NXT ini?

Spek Advan S5E NXT

Advan S5E NXT

Ya, walaupun berada di kelas entry-level dengan harga yang terjangkau, namun spesifikasi dari HP ini juga tidak bisa diremehkan. Vandroid S5E NXT tersebut, akan menjadi saingan berat ponsel-ponsel lain di kelas ini dengan spesifikasi sebagai berikut.

Keluaran2016
Platform
RAM2 GB
ChipsetMediaTek MT66580M
Penyimpanan8 GB, up to 32 GB
CPUOcta-Core 1.2 GHz.
GPUMali-400MP
Sistem OperasiAndroid v5.0 Lolipop
Kamera Belakang
Single Camera5 MP
Video720p @30fps
FiturAutofocus, Dual LED Flash
Kamera Depan
Single Camera2 MP
Video720p @30fps
Fitur
Bodi
Dimensi142,8 x 73 x 10,5 mm
WarnaHitam, Putih
LayarIPS LCD Capacitive 5.0 inci (720 x 1280 piksel)
Proteksi
BateraiLi-Po (2000 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G (GSM 900 / 1800), 3G (WCDMA 2100)
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth4.0, A2DP
GPSA-GPS
NFCNo
USBMicroUSB
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorProximity, Accelerometer, Ambient Light
RadioFM Radio

Review Advan S5E NXT

Review Advan S5E NXT

Setelah kita tahu apa saja yang dimiliki oleh HP Advan S5E NXT melalui tabel spesifikasi di atas, kini saatnya untuk me-review HP tersebut. Nah, tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja berikut ini review lengkap dari Advan Vandroid S5E NXT.

Desain dan Layar

Advan Vandroid S5E NXT hadir dibekali dengan layar yang ukurannya cukup luas, yakni 5 inch. Ya, ukuran layar yang cukup luas tersebut diberikan agar mata para pengguna merasa tetap nyaman dan tidak mudah lelah pada saat sedang menatap layarnya pada waktu yang cukup lama.

Sedangkan untuk desainnya, HP yang satu ini bisa dibilang memiliki desain yang cukup unik. Hal ini karena bagian casing belakangnya dihiasi dengan pola seperti bahan karbon. Dengan desain seperti itu, maka akan membuat kamu bisa lebih nyaman ketika menggenggamnya tanpa takut HP akan meleset.

Jeroan dan Performa

Chipset Advan S5E NXT menggunakan model MediaTek MT66580M, dengan prosesor QuadCore 1.2 GHz yang disandingkan bersama RAM berkapasitas 1 GB. Kemudian untuk ruang penyimpanan, tersedia memori internal berkapasitas 8 GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga sebesar 32 GB, lho.

Melihat jeroan dan performa yang dimiliki oleh HP tersebut, rasanya Advan Vandroid ini cukup bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai aktivitas ringan sehari-hari. Terlebih lagi, ada juga dukungan Mali-400MP untuk menampilkan grafis yang lebih baik.

Kamera

Berikutnya dari sektor fotografi, Advan Vandroid S5E NXT dibekali dengan kamera utama yang mempunyai resolusi 5 MP. Kinerja dari kamera tersebut didukung oleh fitur Autofokus dan Dual LED Flash, yang akan membantumu untuk mengambil gambar di tempat yang minim cahaya dengan baik.

Sementara untuk kamera depan atau kamera selfie-nya, Advan membelai salah satu ponsel andalannya ini dengan kamera beresolusi 2 MP. Namun, sayangnya tidak ada fitur tambahan apapun untuk membantu kinerja dari kamera tersebut. Jadi hanya benar-benar mengandalkan satu kamera 2 MP saja.

Jaringan

Advan Vandroid S5E NXT masih mengandalkan jaringan 3G sebagai kecepatan internet utamanya. Mungkin ini adalah salah satu hal yang sangat disayangkan, terlebih lagi untuk saat ini standar jaringan internet di Indonesia adalah 4G.

Sementara untuk jumlah slot SIM, tersedia dua buah slot SIM yang bisa kamu gunakan pada HP ini. Dengan adanya dua buah slot SIM, tentu saja kamu bisa menggunakan dua SIM secara bersamaan tanpa perlu repot mengganti SIM saat ingin menggunakan nomor seluler yang lain.

Konektivitas

Selanjutnya kita lihat dari sisi konektivitas, ada beberapa jenis konektivitas juga disematkan oleh Advan untuk seri Vandroid S5E NXT ini. Diantaranya seperti dukungan Wi-Fi, GPS navigasi, Hotspot, dan juga Browser. Cukup banyak kan, konektivitas yang dimiliki oleh ponsel pintar yang satu ini?

Nah, kemudian untuk transfer data, tersedia dua jenis konektivitas yang bisa kamu gunakan. Untuk mode wireless-nya, tersedia fitur transfer Bluetooth. Sedangkan untuk penghubung kabelnya, HP ini menyediakan konektivitas berupa microUSB.

Kelebihan dan Kekurangan Advan S5E NXT

Kekurangan Advan S5E NXT

Pembahasan kita yang berikutnya adalah kelebihan dan kekurangan dari Advan Vandroid S5E NXT. Sama halnya seperti smartphone yang lain, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum kamu membelinya.

Kelebihan:

  • DualSIM Card

Kelebihan yang pertama berasal dari dua slot SIM yang dimiliki oleh Advan Vandroid S5E NXT. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, dua buah slot SIM ini memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan dua buah kartu SIM secara bersamaan.

  • Layar 5.0 inch

Bisa dibilang jika sektor layar juga menjadi kelebihan dari ponsel ini. Dengan layar berukuran 5.0 inchi, membuat kamu bisa menonton video atau menjelajahi internet dalam waktu yang lama dengan nyaman. Kamu tidak perlu khawatir mata akan cepat terasa pegal saat menatap layar HP.

  • OS Android v5.1 Lollipop

Untuk ponsel entry-level dengan harga yang terbilang murah, rasanya OS Android v.5.1 Lollipop sudah menjadi sistem operasi yang cukup baik. Sistem operasi Android yang satu ini, terkenal menawarkan banyak fitur yang menguntungkan para penggunanya.

  • Processor MediaTek MT6735 Quad

MediaTek MT6735 menjadi salah satu proses terbaik yang dimiliki oleh ponsel-ponsel di kelas entry-level. Dengan empat inti, proses tersebut mampu memberi kecepatan clock hingga 1.2 GHz. Apalagi dukungan GPU Mali-400MP, membuat kinerjanya di sektor grafis menjadi lebih baik.

  • Support OTG

Dapat dikatakan jika tidak banyak smartphone di kelas entry-level yang menyediakan fitur yang satu ini, loh. Ya, dengan fitur OTG, maka kamu bisa dengan mudah memindahkan berbagai data ke jenis perangkat lainnya.

Kekurangan:

  • 1GB RAM

Kekurangan dari Advan Vandroid S5E NXT yang pertama, terletak pada kapasitas RAM yang diberikan. Ya, HP ini hanya dibekali dengan RAM berkapasitas 1 GB saja. Tentunya, kapasitas RAM tersebut terasa sangat kurang untuk penggunaan HP di jaman sekarang.

  • Belum didukung 4G LTE

Seperti yang tadi sudah dikatakan, standar jaringan internet di Indonesia saat ini adalah 4G LTE. Akan tetapi, Advan S5E NXT ini belum mendukung jenis jaringan internet tersebut. Jadi kecepatan akses internet yang diberikan akan terasa kurang maksimal.

  • Kamera depan 2MP

Kamera menjadi salah satu sektor yang selalu diperhatikan pada saat ingin membeli sebuah ponsel. Sayangnya, Advan Vandroid S5E NXT hanya dibekali dengan kamera depan beresolusi 2MP saja. Dengan ini, maka bisa disimpulkan jika gambar yang dihasilkan oleh kamera depan masih kurang bagus.

Harga Advan S5E NXT

Untuk Advan S5E NXT baru, saat ini harganya ada di angka sekitar Rp800 ribuan rupiah. Sedangkan untuk yang bekas, kurang lebih harganya ada di kisaran Rp300 ribuan rupiah. Nah, apakah kamu sudah menentukan akan membeli Advan Vandroid S5E NXT yang baru atau yang bekas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.