Review Lengkap Advan Tab 8: Spek, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga!

Posted on

Beberapa waktu lalu, Advan telah merilis tablet Tab 8 untuk mendukung berbagai macam kegiatan sehari-hari. Harga dari Advan Tab 8 ini juga terbilang murah, namun spesifikasi yang dimiliki juga telah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Spek Advan Tab 8

Advan Tab 8

Bisa dikatakan jika Advan telah melakukan riset terhadap kebutuhan konsumen terlebih dahulu, kemudian menghasilkan spesifikasi yang paling tepat. Nah, berikut ini rincian spesifikasi dari tablet Tab 8 besutan Advan.

KeluaranFebruari 2021
Platform
RAM1 GB
ChipsetUnisoc SC9832E (28 nm)
Penyimpanan16 GB
CPUSC9863A Octa Core A55 (1.6GHz + 1.2GHz)
Sistem OperasiAndroid 9.0, IDOS 9.42
Kamera Belakang
Single Camera5 MP (wide), f/2.2
Video720p @30fps
FiturLED Flash, AF
Kamera Depan
Single Camera5 MP, f/2.0
Video720p @30fps
Fitur
Bodi
Dimensi211 x 124 x 9.7 mm
WarnaBlack. Grey
LayarIPS LCD (1280 x 800 piksel)
Proteksi
BateraiLi-Po (4300 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G
SIMSingle SIM
Dukungan
Bluetooth4.0, A2DP
GPSGPS, A-GPS
NFCNo
USBmicroUSB 2.0
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorAkselerometer
RadioFM Radio

Kelebihan Advan Tab 8

Spesifikasi Advan Tab 8

Jika kamu sudah membaca spesifikasi di atas, apa kamu sudah paham apa saja kelebihan dan kekurangan Advan Tab 8 ini? Nah, tidak usah risau jika kamu belum paham, karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai kelebihannya terlebih dahulu.

1. Rancangan layar yang luas

Sudah sewajarnya jika sebuah tablet dibuat dengan layar yang ukurannya luas. Layar seluas 8 inci ini, mempunyai resolusi HD dan dilengkapi dengan ketajaman gambar hingga 189 ppi. Dengan layar tersebut kenyamanan bagi mata pengguna saat menatap layar benar-benar terjamin.

Selain itu, layar dari tablet ini mengusung panel berteknologi IPS LCD, yang dipercaya memiliki kecerahan dan sudut pandang terbaik di kelasnya. Kemudian panel tersebut juga telah diklaim tidak akan mengkonsumsi terlalu banyak daya baterai alias irit.

2. Daya baterai yang irit

Tentu saja rasanya sangat kesal kalau tiba-tiba perangkat yang sedang digunakan mendadak mati atau baterainya mulai menipis. Akan tetapi, kejadian seperti itu tidak akan pernah terjadi jika kamu menggunakan tablet Advan yang satu ini.

Hal itu karena tablet tersebut telah dibekali dengan sistem baterai yang mumpuni. Para pengguna dari tablet ini akan disuguhkan dengan daya baterai Li-Po tanam dengan kapasitas yang terbilang besar, yakni 4.300 mAh.

Nah, dengan sistem manajemen power yang baik, maka baterai dari tablet ini dipercaya mampu bertahan dalam waktu yang lama dalam penggunaan normal. Kamu juga tidak perlu repot membawa powerbank saat bepergian kemana pun.

3. SoC yang berjalan dengan mulus

Aspek lain yang patut untuk diperhitungkan dari Advan Tab 8 ini adalah System on Chips (SoC). Dapur pacu yang digunakan, dinilai mampu melaju dengan gesit sesuai dengan kelasnya. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan chipset Unisoc SC9832E dengan proses 28 nanometer.

Agar kinerjanya lebih maksimal, Advan juga turut menyematkan CPU Quad-core dengan clock speed 1.4 GHz pada perangkat ini. CPU tersebut dipadukan dengan Mali-T820 MP1 sebagai GPU-nya, agar tablet ini mampu memberikan tampilan visual yang lebih baik dan optimal.

Bahkan kecepatannya akan semakin tinggi, karena adanya ruang penyimpanan lumayan memadai dalam kombinasi kapasitas memori 3/16 GB. Apabila kamu merasa penyimpanan masih kurang, kamu juga bisa menggunakan microSDXC.

Gabungan dari jeroan-jeroan tersebut, tentu saja mampu menghasilkan performa yang cukup memuaskan. Kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin memainkan aplikasi-aplikasi yang cukup berat, seperti game dan aplikasi yang berhubungan dengan visual.

4. Konektivitas yang bisa diandalkan

Sistem navigasi yang dibawa Tab 8, adalah hasil kolaborasi dengan perusahaan A-GPS dari Amerika. Dapat dikatakan jika sistem navigasi tersebut cukup akurat dalam menentukan lokasi atau posisi, karena menerapkan metode titik yang berbasis pada waktu.

Sementara itu, fitur WLAN-nya terdiri dari Wi-Fi Direct, Wi-Fi 802.11 b/g/n, dan juga hotspot. Ketiga fitur WLAN tersebut, diklaim mampu terhubung dengan jaringan internet dalam waktu yang cepat. Jadi kamu tidak perlu menunggu lama untuk terhubung dengan internet.

Kemudian beralih pada teknologi bluetooth. Perangkat besutan Advan ini mengusung edisi 4.0, yang diklaim mampu menyuguhkan keamanan tinggi dengan kecepatan pengiriman yang lebih cepat. Ya, walaupun edisi tersebut bukan yang paling baru, paling tidak sudah cukup untuk kebutuhan harian.

Kekurangan Advan Tab 8

Kekurangan Advan Tab 8

Sama seperti perangkat elektronik yang lainnya, Tablet Advan Tab 8 ini juga menyimpan beberapa kekurangan pada beberapa aspek. Bagi kamu yang penasaran berikut ini poin serta uraian penjelasan mengenai kekurangan dari tablet tersebut.

1. Suguhan sensor yang minim

Jika kamu menggunakan tablet ini, maka pastikan keamanan seperti kata sandi, pola, atau sejenisnya sudah dipasang, ya. Pasalnya, tablet ini belum memiliki teknologi pemindai sidik jari pada bagian bodinya.  Padahal, saat ini banyak tablet yang mengimplementasikan sidik jari sebagai.

Perlu untuk kamu tahu, bahwa tablet Advan ini hanya menghadirkan sensor akselerometer yang mempunyai fungsi untuk mengukur kecepatan suatu objek. Selain itu, fungsi dari sensor tersebut adalah untuk membantu perangkat dalam mengubah layar dari landscape ke portrait atau sebaliknya.

Jadi, jika kamu merasa butuh sensor lain seperti gyro, kompas, dan proksimiti, sebaiknya pikirkan kembali untuk membelinya atau tidak. Tapi jika penggunaan dari perangkat ini tidak jauh dari rumah atau kantor, rasanya sensor akselerometer saja sudah cukup.

2. Modul kamera kecil

Tampaknya tablet besutan Advan yang satu ini kurang menyoroti aspek fotografi ataupun videografi. Hal ini bisa dilihat dari konfigurasi kamera belakangnya, yang hanya memiliki satu sensor berukuran 5 MP dengan teknologi Autofocus.

Bahkan, fitur dari kamera tersebut juga hanya LED flash, yang berguna ketika ingin memotret gambar di tempat minim cahaya. Resolusi pada kamera depannya juga kecil, yakni hanya sebesar 2 MP tanpa adanya satu fitur apapun.

3. Tidak dilengkapi pen

Pada saat kamu membeli Tab 8 dari Advan, sebaiknya jangan berekspektasi terlalu tinggi. Ya, bisa dibilang salah satu hal yang sangat disayangkan, yakni tidak tersedia pen khusus tablet yang bisa digunakan. Berbeda dengan kebanyakan tablet lain yang sudah memasukkannya dalam paket pembeliannya.

Walaupun sebenarnya kekurangan ini bisa ditolerir, namun tetap saja rasanya sangat disayangkan. Pasalnya penggunaan tablet akan jauh lebih maksimal dengan adanya pen khusus, misalnya untuk menggambar, membuat desain, dan lain sebagainya.

Harga Advan Tab 8

Dengan segala kelebihan dan juga kekurangannya, untuk saat ini Tab 8 dibanderol dengan harga sekitar 1,2 jutaan rupiah. Tentu saja harga tersebut sangatlah terjangkau, mengingat spesifikasi “lumayan” yang dimiliki olehnya.

Namun bagaimanapun juga, hanya kamu sendiri yang bisa menentukan apakah Advan Tab 8 ini layak untuk dijadikan sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari atau tidak. Silahkan pertimbangkan keputusanmu berdasarkan informasi yang sudah dijelaskan di atas.

Video Promosi OfficialAdvan Tab 8

Leave a Reply

Your email address will not be published.