Advan S4Z: Spesifikasi, Harga, Kekurangan dan Kelebihan

Posted on

Butuh smartphone baru tapi budget pas-pasan? Nggak perlu bingung apalagi sampai berhutang karena Advan menawarkan smartphone dengan harga super merakyat seperti salah satu yang paling murah adalah Advan S4Z. Belum pernah dengar namanya? Maka kamu bisa cek spek dan review berikut.

Spesifikasi Smartphone Advan S4Z

Spesifikasi Smartphone Advan S4Z

Memiliki nama lengkap Advan Vandroid S4Z Plus, ponsel pintar buatan vendor lokal ini termasuk salah satu smartphone jadul karena sudah rilis sejak tahun 2017 silam. Tapi jangan langsung memandang sebelah mata karena meski HP lama tapi spesifikasi yang ditawarkan termasuk lumayan seperti berikut:

Waktu RilisAgustus 2017
MaterialPlastic back, glass front, plastic frame
Pilihan WarnaHitam, Merah
Dimensi123.8 x 64.8 x 9.9 mm
Jenis Jaringan2G (GSM 900 / 1800), 3G (WCDMA 2100)
Tipe SIM CardMini SIM
SIM Slot2 slot
Ukuran Layar4 inch (tepatnya 3,67 inch)
Resolution dan Kerapatan Layar854 x 480 Pixel, 254 dot per inch (dpi)
Teknologi pada LayarCapacitive touchscreen, TFT (Thin Film Transistor)
Pancaran Warna pada Layar16 juta warna
Sistem Operasi (Saat Rilis)Android, 6.0 Marshmallow dan dengan IDOS 6.12
ProsesorQuad Core 1.3 GHz (ARM Cortex – A7)
GPUMali 400 MP
RAM1 GB (350 MB sudah terpakai untuk sistem)
Kapasitas Memori InternalTotal 8 GB tapi 4 GB untuk sistem dan pengguna hanya mendapat sisa 3 GB
Kapasitas Memori EksternalUp to 32GB
Tipe Memori EksternalMicroSD
Resolusi Kamera Utama (Belakang)5 MP dengan fitur LED Flash dan FF (Fixed Focus)
Resolusi Kamera Selfie (Depan)2 MP (640 x 480 Piksel)
Video RecordingHD 720p (1280 x 720 @ 30 fps) untuk kamera belakang, WVGA (720 x 480 Piksel @ 30 fps) untuk kamera selfie
Audio EncoderAAC 96 kbps 44 kHz
Tipe USBMicroUSB 2.0
Jaringan InternetWi-Fi Direct 802.11 b / g / n, Mobile Hotspot
BluetoothBluetooth 2.1, A2DP
GPSA-GPS
Materi BateraiLithium Ion
Tipe BateraiRemovable
Kapasitas Baterai1300 mAh
Sensor LainGyroscope, Accelerometer, Proximity
Audio PlayerMendukung MP3 / WAV / AAC / WMA / AMR / 3GPP
Video PlayerMendukung MP4, FLV, 3GP, dan AVI

Harga HP Advan S4Z dan Kelengkapannya

Advan S4Z

Jika kamu tertarik untuk meminang HP Advan seri S4Z ini, kamu cukup siapkan uang sekitar 500 ribuan saja dan untuk pembelian dalam kondisi baru maka dalam satu paket penjualan kamu akan mendapat kelengkapan yang terdiri dari berikut ini:

  • Kabel USB
  • Adapter
  • Earphone 3,5 millimeter.
  • 1 unit HP
  • Kartu garansi dan buku panduan.

Kelebihan dan Kekurangan Advan S4Z

1.     Desain Ramping yang Unik

Persaingan smartphone dengan desain kekinian dan berciri khas layar lebar belum usai tapi buat kamu yang ingin memiliki perangkat berbeda dengan sensai HP jadul yang berlayar mini maka cocok banget untuk memilih Advan seri S4Z.

Bentangan layar yang hanya 4 inch akan membuat kamu kembali merasakan sensasi saat awal kemunculan smartphone di Indonesia pada beberapa tahun silam ketika layarnya masih berukuran mungil.

Layar 4 inch pada S4Z menghadirkan kesan compact yang membuat kamu bisa dengan mudah menyimpan HP ini ke saku baju, tas ukuran kecil termasuk tas tangan, dan bahkan juga pouch.

Jika kamu yang ingin membelikan smartphone untuk anak misal, maka bisa juga nih memilih Advan Vandroid S4Z karena layarnya yang kecil akan cocok untuk tangan si kecil.

2.     Casing Halus

Bagian tepi dari keempat sisi HP Advan seri S4Z berbentuk membulat yang membuatnya cukup nyaman di tangan lho, dan karena ukurannya yang mungil maka kamu bisa mengoperasikan HP dengan gampang hanya dari satu tangan termasuk untuk kegiatan mengetik pesan.

Casing yang terbuat dari material plastik juga terasa halus meskipun tampilannya nggak sekeren berbagai smartphone masa kini misal dengan efek gradasi.

3.     Harga Terjangkau

Harga Advan S4Z

Harganya yang hanya sekitar 500 ribuan membuat Advan S4Z masuk dalam kategori Android sangat murah jika dibanding dengan berbagai merk smartphone lain terbaru yang beredar di pasaran saat ini. Jadi buat kamu yang sedang butuh smartphone baru tapi budget sangat pas-pasan bisa banget memilih S4Z.

4.     Performa Advan Vandroid S4Z

Secara fisik, Advan Vandroid S4Z mungkin lebih unik karena terlihat berbeda dengan berbagai smartphone masa kini. Tapi sayangnya, untuk performanya nggak bisa banyak diharapkan nih.

Tapi soal ini sebenarnya cukup bisa dimaklumi mengingat Advan Vandroid S4Z masuk dalam kategori smartphone entry level yang dibanderol dengan harga sangat murah.

Perangkat genggam ini hanya mengandalkan prosesor Quad Core 1.3 GHz untuk performanya dan ditambah juga dengan RAM yang terbilang kecil yaitu kurang dari 1 GB.

Tapi jangan berkecil hati dulu karena pihak Advan sudah membekalinya juga dengan ruang penyimpanan internal yang lumayan untuk sekelas HP 500 ribuan yaitu berkapasitas 4 GB.

Jika kamu menyimpan banyak file dan ruang penyimpanan ini masih kurang misal, maka kamu bisa menambahkan juga microSD pada slot yang sudah disediakan dengan kapasitas maksimal 32 GB.

Secara keseluruhan, ruang penyimpanan yang ditawarkan ini termasuk cukup besar untuk HP murah dan menurut sejumlah review yang ada HP ini termasuk jarang lag jika digunakan secara normal.

5.     Jaringan

Salah satu kelemahan lain dari Advan seri S4Z adalah jaringannya termasuk kalah keren karena sudah tertinggal satu level dengan berbagai smartphone masa kini.

Saat ini, jaringan 2G sudah hampir nggak ada dan bahkan beberapa kartu perdana sudah upgrade ke jaringan 4G. Sementara HP Advan S4Z ini maksimal hanya menyediakan jaringan 3G.

Jadi jika kamu tertarik untuk memiliki HP ini sebaiknya pastikan dulu ya apakah kartu yang kamu miliki masih bisa digunakan pada HP 3G atau sebaliknya. Jangan sampai nih kamu sudah membeli hapenya tapi malah tidak support dengan berbagai jenis kartu, kecuali HP ini memang selalu konek dengan Wi-Fi ya.

6.     Hasil Kamera

Tampak Depan Advan S4Z

Jika kamu suka sekali selfie, memotret landscape, atau mengabadikan hampir setiap momen dalam rekaman video, sepertinya kamu akan kurang cocok untuk memiliki Advan seri S4Z karena kualitas dari hasil jepretan dan rekaman videonya termasuk jauh jika dibanding lensa smartphone masa kini.

Beberapa pengguna memberikan review online bahwa hasil kameranya buram terutama jika dalam kondisi low light maka sulit sekali menangkap objek dengan jelas.  Buat kamu yang sering melakukan panggilan video call sepertinya juga akan cukup kecewa nih.

7.     Baterai

Satu lagi kelemahan yang dimiliki oleh Advan seri S4Z adalah baterai yang cepat habis karena kapasitas baterainya hanya 1300 mAh. Jadi jika HP ini akan sering kamu bawa keluar / bepergian, sebaiknya kamu selalu membawa serta powerbank ya.

Berdasarkan informasi spek dan berbagai kelebihan serta kekurangan di atas, bisa disimpulkan bahwa Advan S4Z lebih cocok untuk menjadi HP kedua. Jadi misalnya saat ini kamu sudah punya smartphone dan ingin membeli HP lain untuk aktivitas ringan seperti chat dan telepon, maka kamu bisa memilih S4Z

Leave a Reply

Your email address will not be published.