Advan i5C Duo, HP Murah tapi speknya gak Murahan

Posted on

Bisa dibilang jika persaingan produk HP di kelas harga Rp1 jutaan memang cukup ketat. Hal ini karena ada banyak vendor yang banyak berebut ceruk pasar di kelas harga yang satu ini, termasuk dengan Advan. Produsen HP lokal ternama ini mengandalkan Advan i5C Duo, seri HP yang akan kita bahas.

Spesifikasi Advan i5C Duo

Advan i5C Duo

Walaupun berada di kelas entry-level dengan harga Rp1 jutaan, namun spesifikasi yang dimiliki oleh i5C Duo ini juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini tabel spesifikasi alias spek Advan i5c Duo.

KeluaranMaret 2018
Platform
RAM2 GB
ChipsetUnisoc SC9832E (28 nm)
Penyimpanan16 GB, up to 64 GB
CPUSpreadtrum SC9850K
Sistem OperasiAndroid 7.0 Nougat, IDOS 7.2
Kamera Belakang
Single CameraDual (8 MP + 0,3 MP)
Video720p @30fps
FiturDual Flash, Bokeh Solution
Kamera Depan
Single Camera8 MP
Video720p @30fps
FiturLED Flash
Bodi
Dimensi144.6 X 71.8 X 9.1 mm
WarnaSilver, Blue
LayarIPS LCD (1920 x 1080 piksel)
Proteksi
BateraiLi-Po (2500 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G (GSM 900 / 1800), 3G (WCDMA 2100), 4G (LTE B3 / BB)
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth4.0
GPSA-GPS
NFCNo
USBMicroUSB v2.0, USB On-the-Go
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
Sensor
RadioFM Radio

Kelebihan Advan i5C Duo

Spesifikasi Advan i5C Duo

Setelah melihat tabel spesifikasi yang ada di atas, apa kamu sudah bisa memutuskan kelebihan dan kekurangan dari HP ini? Jika belum bisa tidak usah khawatir, kita akan membahasnya secara lengkap mulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

1. Kelengkapan pada Fitur idOS

i5C Duo hadir dengan membawa antarmuka khas milik mereka yang disebut sebagai idOS. UI idOS tersebut, mampu menyediakan berbagai fitur menarik yang sangat bermanfaat.  Nah, untuk seri i5C ini, menjalankan idOS versi 7.2 yang lebih mengutamakan kehalusan pada navigasi.

Selain itu, UI idOS 7.2 juga kaya akan fitur. Beberapa yang menarik diantaranya seperti Super AppLock, Advan Clone, dan Antipencurian. Mungkin saja Super AppLock dan Antipencurian adalah fitur yang paling menarik di dalam idOS ini.

FItur Super AppLock akan melindungi aplikasi supaya hanya kamu yang bisa membukanya. idOS akan mengunci aplikasi tersebut dengan sensor sidik jari kamu. Oh iya, ada lagi fitur pembersih dan pemercepat (boost) untuk mempercepat kinerja dari HP.

2. Desain yang Cukup Keren

Advan i5C Duo didesain dengan bodi yang mereka sebut dengan “Glassy Body Design”. Desain yang satu ini, tampak seperti kaca mengilap dan membuat bodinya terlihat cukup cantik. Yam desain bodi tersebut memang membuat HP ini terlihat elegan dan mahal. Selain itu, finishing desainnya juga terbilang baik.

Akan tetapi, Glassy Body Design ini bukan berarti jika i5C Duo ini dibalut dengan bodi kaca. Bodi dari HP ini masih terbuat dari plastik. Hanya saja, cara mereka mengemas bodi plastik inilah yang patut untuk diapresiasi karena menjadi salah satu kelebihannya tersendiri.

3. Dukungan USB-OTG

Kelebihan Advan i5C Duo

Hal lain yang menarik dari HP ini, yakni adanya dukungan USB-OTG. Perlu diketahui, sangat jarang ada HP lokal yang telah mendukung USB-OTG di era perpindahan data saat ini. Dengan fitur yang satu ini, kamu bisa dengan mudah transfer data dari HP ini ke USB atau sebaliknya.

4. Adanya Sensor Sidik Jari

Sebagai HP kelas entry-level di harga Rp1 jutaan, adanya sensor sidik jari menjadi suatu kelebihan. Bahkan, sensor sidik jari pada HP ini juga telah diklaim mempunyai kecepatan respons 0,3 detik saja, lho. Ya, walaupun ada beberapa yang mengatakan jika sensor sidik jari pada HP ini tergolong kurang responsif.

Terlepas dari sisi kurang responsifnya, kehadiran sensor sidik jari tersebut sudah menjadi kelebihan, kok. Paling tidak sidik jari pada HP ini mampu bekerja melindungi privasi. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika fitur Super AppLock di HP ini hanya dapat dibuka dengan sensor sidik jari.

5. Dual SIM dan Slot microSD

i5C Duo didesain dengan tiga buah slot, yakni dua slot untuk SIM dan satu slot microSD. Hal ini berarti kamu dapat menggunakan dua kartu secara bersamaan sekaligus satu memori eksternal tambahan di HP yang satu ini.

i5C Duo masih mengusung model baterai yang dapat dilepas. Jadi wajar jika slot SIM dan slot microSD terletak di bagian belakang bodi HP. Nah, penggunaan baterai removable ini juga menjadi satu hal yang unik dan langka untuk ponsel keluaran baru.

Kekurangan Advan i5C Duo

Kekurangan Advan i5C Duo

 

Terlepas dari beberapa kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya, HP ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu untuk dipertimbangkan. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk membelinya atau tidak, simak dulu beberapa hal berikut ini.

1. Kapasitas Baterai Pas-pasan

 

HP ini hadir dengan membawa baterai berkapasitas 2.500 mAh. Bisa dibilang jika kapasitas baterai Advan i5c Duo tersebut masih tergolong kecil. Hal ini membuatmu harus sedia powerbank jika sedang bepergian dengan jarak yang jauh.

Bahkan menurut pengujian yang telah dilakukan dengan tes penggunaan selama satu jam, memberikan hasil jika HP ini mengalami pengurangan daya 21% untuk bermain gim HD. Sementara jika digunakan untuk menonton video, maka pengurangannya hingga 22%.

2. Dual Kamera hanya sebatas Gimmick

Kamera depan dari HP ini menggunakan lensa 5 MP, yang sebenarnya sudah pas untuk kegiatan selfie. Kemudian kamera belakangnya menggunakan mode dual kamera 8 megapixel serta 0.3 megapixel. Nah, kehadiran dua kamera belakang ini sebenarnya bertujuan agar bisa mendapatkan foto dengan efek bokeh.

Namun sayangnya, hasil dari kedua kamera tersebut masih terasa sangat kurang memuaskan. Bisa dibilang efek bokeh yang diberikan tampak kurang alami. Jadi bisa dibilang jika dual kamera yang dimilikinya, hanya sekedar gimmick saja.

3. Performa yang Dihadirkan Cukup Rendah

Hadir dengan chipset Spreadtrum SC9850K, bukanlah hal yang menarik untuk HP di kelas 1 jutaan. Walaupun prosesornya mempunyai empat inti core dengan kecepatan 1,3 GHz, namun kinerja yang dihadirkan oleh i5C Duo ini bisa dikatakan tergolong lambat.

Harga Advan i5C Duo

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, apakah tertarik untuk membeli HP yang satu ini? Jika tertarik, maka paling tidak siapkan dana sekitar Rp1,2 jutaan untuk memiliki Advan i5C Duo yang baru.

Ya, harga tersebut sangatlah terjangkau untuk HP Android saat ini. Atau jika kamu ingin yang lebih murah, maka bisa membeli yang bekas. Untuk harga HP Advan i5C Duo bekas, saat ini berada di angka Rp600 ribuan saja, lho.

Baik tidaknya sebuah ponsel atau smartphone itu, sebenarnya tergantung pada kebutuhan kita sendiri. Jika kebutuhan kamu hanya sebatas komunikasi, media sosial, dan mendengarkan musik, mungkin Advan i5C Duo bukanlah pilihan yang buruk.

Video Promosi Official Advan i5C Duo

Leave a Reply

Your email address will not be published.