Advan S6: Harga Terbaru, Tabel Spesifikasi dan Review


Advan S6 bukan termasuk salah satu smartphone terbaru, tapi masih cukup keren untuk dibeli tahun ini dan dijamin cocok untuk kaum low budget. Produsen lokal Advan memang menyasar pasar menengah ke bawah atau yang punya dana relatif terbatas. Jangan khawatir, kualitas S6 nggak asal-asalan kok.

Harga HP Advan Tipe S6 Saat Ini

Advan S6

Sejak awal kemunculannya sampai saat ini, produk-produk dari Advan masih bertahan dalam golongan smartphone kelas entry-level yang dikenal dengan harga super hemat anggaran tak terkecuali untuk Advan tipe S6 tadi.

Saat awal perilisannya yaitu pada Oktober 2018 silam, harga smartphone ini dalam kondisi baru termasuk sangat murah yaitu di bawah 1 jutaan lho, atau lebih tepatnya lagi sekitar 800 ribuan. Nah, jika kamu ingin membelinya di tahun ini maka harganya pasti jauh lebih murah lagi nih apalagi jika dalam kondisi second.

Advan S6 Spesifikasi

Advan S6 Spesifikasi

Tak sepenuhnya salah kalau ada yang bilang bahwa harga berpengaruh pada mutu dan kualitas. Tapi meskipun Advan tipe S6 ini dibanderol dengan harga yang relatif sangat murah, kualitasnya dari smartphone ini tak bisa disepelekan lho.

Hal ini bisa dibuktikan dari spesifikasinya yang cukup mumpuni buat penggunaan sehari-hari mulai dari bermain sosmed sampai dengan chat dan telepon. Berikut detail spesifikasinya:

Jaringan
Jenis jaringan GSM / HSPA
Jaringan 2G 900/1800
Jaringan 3G WCDMA, HSD
Jaringan 4G FDD LTE, L
Kecepatan jaringan 150Mbps
GPRS Iya
Edge Iya
SIM Nano G
Body Smartphone
Bobot 166 gram
Dimensi 151.5 x 73 mm
Bahan body Crystal
Layar
Ukuran layar 5,34 inci
Jenis LCD IPS touch screen
Resolusi 960 x 480
Hardware
GPU Mali-T820
CPU SC9850KL 1
Chipset Spreadtrum
Memori
Internal 8 GB
RAM 1 GB
External MicroSD
Kamera
Tipe kamera Belakang, 2MP, GC238
Fitur kamera Lampu flash
Resolusi 5MP, GC502
Video 1080p@30fp
Konektivitas
Bluetooth BT4.2 Ener
WLAN 802.11 b/g
Infrared FM Radio
GPS Iya
USB OTG USB2.0
Baterai
Aktif 500 menit
Jenis baterai Baterai 22
Wireless charging 200 jam
Fitur – MP3 / AA
Fitur Lain pada Smartphone
Sensor G-sensor
OS IDOS 7.3@A
Peramban HTML5
Jenis pesan SMS
Pilihan warna casing Advan S6 Hitam
Ukuran audio jack 3.5 mm

Review Spek Advan S6

Review Spek Advan S6

Agar lebih memahami tabel spesifikasi di atas, mari bahas beberapa bagian yang paling umum dibicarakan seperti berikut ini:

1.     Prosesor

Prosesor sama dengan jantung komputasi dari smartphone dan untuk Advan tipe S6 menggunakan chipset spreadtrum atau lebih tepatnya adalah SPM6424-21.

Lalu untuk bagian Central Processing Unit atau biasa disingkat CPU dibekali dengan SC9850KL 1.3G Quad-Core@28nm Cortex A7, dan ada Mali-T820 untuk bagian Graphics Processing Unit (GPU).

Kinerja dari serangkaian prosesor ini dibantu dengan ruang penyimpanan jenis Random Access Memory (RAM) berkapasitas 1 GB.

Sekilas RAM segini memang terlihat rendah ya, tapi jika kamu kembali mengingat kalau produk ini masuk dalam kategori entry level dan dengan harga yang sangat murah tadi, maka RAM 1 GB ini sudah termasuk mumpuni lho.

Jadi untuk penggunaan normal sehari-hari seperti browsing, chatting, telepon, buka Youtube, dan menjelajah berbagai media sosial, Advan tipe S6 ini bisa banget melayaninya. Ditambah lagi, perangkat ini juga sudah didukung dengan koneksi 4G.

2.     Layar

Rasio dari layar Advan S6 ini sudah tergolong cukup kekinian yaitu 18:9 dengan resolusi layarnya 960 x 480 pixel. Lalu untuk diagonalnya sendiri adalah 5,34 inci yang memang tergolong agak kecil jika dibanding dengan berbagai smartphone terbaru saat ini.

Tapi untuk jenis layarnya sendiri sudah menggunakan IPS LCD yang memiliki sudut pandang dan tampilan lebih bagus dari layar jenis TFT dan juga termasuk lebih hemat baterai. Lalu untuk bagian tepi layar, bentuknya adalah sedikit melengkung alias curve, atau yang biasa disebut juga dengan istilah 2.5D.

3.     Body

Salah satu bagian yang cukup menonjol dari Advan tipe S6 ini adalah body bagian belakang yang dibalut dengan bahan crystal berwarna hitam yang membuatnya tampak elegan dan menghilangkan kesan smartphone jadul di tengah-tengah pasar smartphone berbody mewah seperti sekarang.

Tapi, hal ini cuma berlaku jika kamu melihatnya secara sekilas atau dari jarak agak jauh. Sebaliknya, kalau kamu perhatikan lebih lanjut dan secara seksama, kamu akan langsung tahu bahwa Advan tipe S6 merupakan jenis smartphone lama karena desain dari layarnya adalah tanpa menggunakan poni.

Karena memang tahun perilisannya sudah lama, smartphone ini masih mengusung desain bezel tipis di bagian body kiri dan kanan ditambah dengan bezel tebal untuk bagian atas dan bawah. Beda banget kan dengan desain smartphone kekinian yang sudah serentak menggunakan poni.

Body bagian belakang juga menjadi tempat bertenggernya lensa kamera utama yang dibingkai menjadi satu bersama dengan flash dan bentuk bingkainya sendiri lumayan cantik nih untuk ukuran smartphone keluaran tahun 2018 silam.

Masih di body belakang, kamu juga akan menemukan sensor sidik jari dengan bentuk membulat yang membuatnya kompak dengan desain body secara keseluruhan.

Berat smartphone ini sekitar 166 gram dengan lebar 73.9 mm, tinggi sekitar 151.5 mm, dan ketebalan body sekitar 8.9 mm yang secara keseluruhan membuatnya cukup nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan dan bisa banget nih dimasukkan ke dalam saku baju dengan ukuran sedang.

4.     Kamera

Kamera utama Advan tipe S6 yang disematkan di body belakang tadi memiliki resolusi khas smartphone jaman dulu yaitu sekitar 5 MP saja, dengan bukaan f/2.2 dan dilengkapi dengan fitur auto focus. Lalu untuk sensor dari kamera ini adalah GC5025.

Beberapa smartphone lama memang hanya memiliki satu kamera yaitu di belakang tapi untuk Advan S6 sudah dilengkapi dengan kamera depan buat kamu yang gemar selfie atau sering melakukan video call. Resolusi kamera depannya adalah 2 MP dengan bukaan f/2.2 dan sensor GC2385.

5.     Baterai

Pihak produsen menyematkan baterai berkapasitas 2200 mAh untuk Advan tipe S6 dengan klaim baterai dapat bertahan sampai sehari tapi dengan catatan digunakan secara normal ya. Jadi bukan untuk main game secara terus menerus atau streaming video sampai berjam-jam.

Lalu untuk model baterai Advan S6 ini sangat identik dengan smartphone jaman dulu yaitu tipe baterai yang bisa dilepas pasang. Jadi jika nantinya ada kerusakan pada baterai misal, maka baterai ini bisa kamu lepas sendiri dengan mudah untuk diganti dengan baterai yang baru.

6.     Ruang Penyimpanan

Advan tipe S6 dibekali dengan ruang penyimpanan sekitar 8 GB dan jika kamu hobi menyimpan banyak foto, video, atau file jenis lain misal dan merasa kurang dengan kapasitas simpan ini maka kamu bisa memperluasnya dengan menambah memori SD yang kapasitas maksimal bisa sampai 32 GB lho.

Jika kamu mencari smartphone murah namun mumpuni untuk penggunaan sehari-hari (bukan untuk main game dan penggunaan berat lain), maka bisa memilih Advan S6. Tapi buat kamu yang hobi selfie atau suka merekam video harus puas dengan resolusi kamera yang tak setinggi smartphone terbaru saat ini.