Review Advan G3, Harga, dan Detail Spesifikasinya

Posted on

Butuh smartphone baru tapi dana pas-pasan? Maka kamu bisa pilih Advan G3 karya pabrikan lokal yang terkenal menyediakan berbagai seri tab dan smartphone dengan harga ramah anggaran. Meski murah tapi seri G3 ini punya spek yang tak kalah berkualitas dari para kompetitor di range harga yang sama lho.

Spek dan Harga Advan G3

Advan G3

Android Advan seri G3 memang bukan tergolong smartphone baru kekinian karena tahun rilisnya adalah pada 2018 silam.

Saat awal kemunculan, perangkat ini dilepas ke pasar lokal dengan harga sekitar 2 jutaan, dan pada tahun 2022 ini diperkirakan sudah turun menjadi sekitar 1 jutaan saja dengan spesifikasi berikut:

Waktu rilisOktober 2018
OS saat rilisOS Android Nougat
ChipsetMediatek MTK6750T
Memori internal64GB
Memori eksternalSlot khusus microSD, up to 64 GB
RAM4GB
Dimensi perangkat159.9 x 76.9 x 7.6 mm
Kamera utama / belakang16 MP, f/2.0
Kamera selfie / depan8 MP, f/2.4
Fitur kamera belakangPDAF, Geo-tagging, HDR, Smart AI, 10880p, Slo-mo
BateraiNon-removable Li-Ion
Kapasitas baterai3500 mAh
Jenis layarIPS LCD 5.9 inches
Resolusi layar1440 x720 pixels, 18:9 ratio
GPUMali-T860
CPUOcta-core 1.5 GHz Cortex-A53
Pilihan warnaJade Green, Peacock Blue

Review Lengkap Advan G3 Spesifikasi

Saat membeli smartphone Advan seri G3 dalam kondisi baru kamu akan mendapat satu unit smartphone, kabel data micro USB, adapter charging, earphone JBL, SIM ejector, silicon case, buku panduan dan kartu garansi. Lalu untuk review lebih lengkap tentang spek dari perangkat ini adalah sebagai berikut:

1.     Desain

Mari mulai dari bagian paling luar dan yang seringkali menjadi perhatian para pembeli smartphone yaitu desain. Mengingat bahwa ponsel pintar ini sudah dirilis sejak 4 tahun silam, desain yang dibawanya masih tergolong keren untuk digunakan pada tahun ini lho.

Desainnya terasa premium di dalam genggaman dan terlihat cukup berkelas karena Advan seri G3 mengaplikasikan Thermoplastic Polyurethane (TPU) sebagai material casing bagian belakang dengan sentuhan akhir glass-like yang membuatnya tampak mengkilap.

Bentang layarnya 5.9 inch dengan aspek rasio 18:9 yang membuatnya cukup nyaman saat dipegang dengan satu tangan. Desain bagian depan hadir tanpa notch dan terlihat satu kamera selfie yang hadir bersama dengan speaker berkualitas hasil kerjasama Advan dengan Harman Kardon.

Lalu untuk bagian punggung ada single kamera, LED flash, dan sensor sidik jari yang berjejer secara vertikal. Tak ketinggalan juga nih tulisan “sound by Harman Kardon” yang mengisi bagian belakang smartphone ini.

Jika meraba ke body bagian kanan maka kamu akan menemukan tombol volume dan power dengan posisi agak ke tengah yang membuatnya cukup mudah dijangkau. Sedangkan untuk SIM tray ada di body bagian kiri dengan jumlah tiga buah slot yang terdiri dari satu slot untuk microSD dan dua lainnya untuk SIM card.

Lalu untuk jack audio berukuran 3,5mm, port micro USB, dan mikrofon sekunder bisa kamu jumpai di bagian body bawah ya.

2.     Layar

Tidak jauh beda dengan sejumlah smartphone Android lain, HP Advan G3 menggunakan panel IPS tapi sayangnya belum didukung dengan resolusi HD+ nih. Alhasil, kerapatan layar yang dihasilkan sekitar 272 ppi hanya dapat menyuguhkan konten di level “cukup”.

Tapi jangan khawatir, smartphone ini untuk berselancar di Instagram, baca berita, browsing, dan nonton video YouTube masih tergolong asik kok. Menariknya lagi, tampilan layar G3 ini didukung dengan teknologi keren bernama MiraVision yang hadir dengan tiga pilihan mode, yaitu tajam, standar, dan mode pengguna.

Opsi terakhir memungkinkan kamu untuk mengatur sendiri warna dasar layar seperti saturasi, kontras, suhu warna, kecerahan gambar, ketajaman, dan bahkan ada juga mode perlindungan mata dari blue light. Cukup keren, kan?

3.     Kamera

Advan G3 Review

Main camera dari Advan G3 memang termasuk rendah jika dibanding dengan berbagai smartphone terbaru kekinian, tapi menariknya ada sensor ISOCELL besutan Samsung dan disematkan pula mode Artificial intelligence (AI).

Mode AI ini diklaim dapat mengenali sekitar 12 jenis latar belakang dan bersamaan dengan ini juga bisa memaksimalkan pengaturan kamera secara otomatis lho. Ada juga nih mode HDR untuk hasil foto yang lebih optimal.

Lalu untuk kualitas gambar, foto jarak dekat alias close up dengan cahaya ideal hasilnya cukup memuaskan, tapi sayangnya untuk foto landscape masih terbilang biasa saja terutama untuk detail jarak jauh hasilnya kurang jelas.

Tapi kekurangan ini segera ditutupi oleh pihak dengan menghadirkan beragam stiker lucu dan unik yang bisa kamu gunakan untuk berkreasi dengan hasil jepretan kamu. Ada juga barisan filter keren dan sejumlah mode umum lain seperti Panorama, Slo-Mo, Audio Image, dan juga Time-lapse.

4.     Audio dan Speaker

Salah satu fitur paling menonjol dari Advan seri G3 adalah speaker hasil kerja sama dengan Harman Kardon tadi.

Jika dari segi kualitas, dijamin kamu nggak akan kecewa karena speaker ini menawarkan pengalaman mendengarkan musik atau menonton video yang lebih seru jika dibanding dengan smartphone merk lain di kelas harga yang sama.

Jadi buat kamu yang sering memutar playlist apalagi dengan volume yang lumayan kencang, bisa banget nih mendapat sensasi seperti berada di TKP.

Dua speaker pada perangkat ini cukup jernih dan kencang yang dipadukan dengan efek audio berupa pengaturan equalizer seperti rock, normal, classic, dance, dan lainnya.

Selain itu, ada lagi nih tambahan Enhanced Surround untuk meningkatkan kualitas audio dan ada juga beberapa ambience yang bisa kamu pilih sendiri berupa medium room, small room, large room, dan juga plate.

Sedangkan untuk kamu yang lebih suka mendengarkan musik atau menonton film dengan earphone, Advan seri G3 juga menyertakan earphone yang tak kalah berkualitas dari JBL. Konon suara yang dihasilkan cukup smooth di telinga lho.

5.     Face Unlock

Bukan hanya sensor sidik jari tapi Advan G3 juga sudah dilengkapi dengan fitur face unlock yang termasuk punya respon cukup cepat yaitu sekitar 0,4 detik saja. Nggak heran jika fitur ini pada akhirnya menjadi salah satu nilai jual dari Advan seri G3.

6.     Baterai dan Fitur Fast Charging

Satu lagi yang menarik dan menjadi salah satu kelebihan dari Advan seri G3 adalah adanya fitur fast charging. Termasuk jarang nih ada smartphone harga 2 jutaan sudah dilengkapi dengan fitur seperti ini bahkan untuk brand luar di kelas yang sama.

Fitur fast charging ini diklaim bisa mengisi baterai menjadi 50% selama 30 menit saja. Sedangkan untuk kapasitas baterai 3.500 mAh tadi diklaim bisa bertahan sampai seharian dengan penggunaan normal atau sedikit lebih intensif. Lalu untuk mode standby, baterai dari seri G3 ini bisa bertahan sampai dua hari lho.

Hadir dengan berbagai kelebihan bukan berarti Advan G3 nggak punya kekurangan ya. Salah satu kekurangan yang membuat kamu perlu berhati-hati saat menggunakannya adalah tidak ada teknologi anti gores. Tapi sebagai gantinya, Advan menyertakan jelly case dan screen protector dalam paket penjualan.

Video Promosi Official Advan G3

Leave a Reply

Your email address will not be published.