Review Advan S50 dan Spesifikasinya Lengkap

Posted on

Advan S50 merupakan produk smartphone asli dalam negeri yang saat ini banyak bertengger di pasar handphone lokal. Smartphone ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin memiliki smartphone low budget dengan spek mumpuni.

Spesifikasi Advan S50

Spesifikasi Advan S50

Smartphone Advan seri S50 adalah smartphone produksi Advan yang populer di kalangan pecinta gadget lokal. Meskipun sudah rilis sejak tahun 2018 silam, akan tetapi kepopuleran perangkat seluler ini masih terus berada di puncaknya.

Salah satu alasan yang menjadikan orang-orang tertarik dengan ponsel pintar ini adalah karena memiliki ukuran ringan serta layar lebar. Di samping itu, seri S50 Advan juga sudah dilengkapi dengan segudang fitur mumpuni. Spesifikasi tersebut diantaranya:

JaringanGSM / HSDPA / LTE
Layar5 Inchi, 480 x 854 px
Chipset / ProcessorSpreadtrum SC9850
Sistem OperasiAndroid v8.0 (Oreo) Go Edition
Memori RAM1 GB
FingerprintTidak Ada
Kamera BelakangSingle Lens
Kamera DepanSingle Lens
Memori Internal8 GB
Memori EksternalMicroSD hingga mencapai 32 GB
BluetoothYa
RadioYa, FM Radio
USBYa, v4.2
BateraiLi-ion 2000 mAH
WiFiWiFi 802.11 a/b/g/n
Harga1 jutaan

Review Advan S50

Advan S50

Jika kamu mau membeli smartphone produk lokal bagus dengan harga terjangkau, maka ada baiknya untuk coba membeli Advan dengan seri S50 ini. Dengan harga yang ramah kantong, kamu tetap bisa tampil eksis dengan smartphone baru.

1.     Desain

Smartphone Advan seri S50 hadir dengan desain good looking yang siap kamu bawa kemana-mana. Desainnya yang gampang digenggam membuat ponsel ini sangat nyaman dibawa bepergian maupun ketika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sayangnya, meskipun good looking, tidak dapat dipungkiri pula jika ponsel pintar terbitan 2018 ini cukup ketinggalan zaman. Perlu kamu ketahui juga bahwa smartphone ini memiliki bagian punggung yang apabila dibuka akan mengantarkanmu ke bagian isi smartphone.

Kamu akan melihat baterai smartphone yang bisa dilepas. Di sisi lain, kamu juga bisa melihat tiga tombol operasi di bagian belakang ponsel. Kemudian, tombol power dan volume rock terletak di bagian kanan secara berjejer.

2.     Layar

Smartphone ini menggunakan layar dengan dimensi 5.0 inchi. Selain itu, ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan layar jenis IPS LCD yang sangat hemat baterai. Resolusi layar ponsel pintar ini mencapai 480 x 854 pixel.

Namun, sebagai ponsel dalam skala entry level, sensitivitas sentuhan mungkin tidak akan menjadi permasalahan yang cukup besar. Hanya saja jika seperti ini maka bisa membuat pengoperasian smartphone terasa kurang kencang.

3.     Pengoperasian

Ponsel keluaran Advan ini sudah ditunggangi dengan processor buatan Spreadtrum. Sebagai informasi, Spreadtrum merupakan vendor chipset yang sudah banyak memasok processor bagi sejumlah brand. Termasuk di dalamnya ialah Evercoss yang dijual secara bundling dengan XL.

Pada ponsel pintar ini, Spreadtrum memberikan chipset dengan seri SC9850KL dengan clock speed 1,3 GHz yang menggunakan konfigurasi empat inti. Di samping itu, ponsel pintar ini juga dipadukan dengan prosesor grafik Mali T820 MP1.

4.     Baterai

Smartphone Advan seri ini memiliki tenaga yang dipasok lewat baterai dengan sumber daya mencapai 2000 mAH. Karena itulah, sebenarnya smartphone ini juga sangat mampu mendukung kinerja pengguna yang memang tidak membutuhkan mobilitas cukup tinggi terhadap smartphone.

Meskipun dengan daya hanya 50an % saja, nyatanya ponsel pintar ini tetap mampu bertahan mencapai 10 jam. Kemudian, durasi pengisian daya berjalan dengan normal seperti halnya pengisian daya smartphone entry level lainnya. Hanya membutuhkan waktu selama 2 jam saja untuk mengisi daya.

5.     Audio

Review Advan S50

Kali ini giliran bagian audio. Pada bagian audio, smartphone ini dilengkapi dengan pemutar musik sendiri dan bukan merupakan hasil dari pencarian Google Playstore. Jadi, kamu tidak perlu ribet mengunduhnya.

Lalu, bagian tampilan pemutar musik smartphone ini tampak sangat sederhana. Meskipun demikian, fitur ini juga sudah dilengkapi dengan audio dengan model level equalizer berjumlah 5 buah. Jika kamu ingin yang lebih praktis, maka sebaiknya pilih opsi preset sehingga bisa melakukan penyesuaian.

Tentunya penyesuaian tersebut bisa berlangsung sangat cepat dan otomatis sesuai dengan genre musik yang diputar. Kemudian, yang perlu digaris bawahi adalah fitur pengaturan surround sound hanya dapat dipakai ketika pengguna memakai headset saja.

6.     Kamera

Untuk kebutuhan pemotretan standar, tampaknya ponsel pintar Advan S50 bisa kamu andalkan. Kamera ponsel ini tersedia dengan resolusi 5 MP yang sudah dilengkapi dengan opsi push HDR. Hanya dengan menggeser ke kanan atau ke kiri, kamu bisa memperoleh fitur-fitur mutakhir Advan seri ini.

Misalnya, Beauty, Van Cam, Video maupun Mode Normal. Kemudian, pada bagian kamera depan memiliki resolusi hingga 1.9 MP. Hasil foto memang tidak terlalu tajam. Meskipun demikian, tetap bisa kamu andalkan.

9.     Hasil Pemotretan

Selain itu, kamu juga perlu melihat review hasil pemotretan smartphone ini terlebih dahulu sebelum membelinya. Jadi, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu hasil pemotretan menggunakan smartphone ini dengan cara menjepret asal.

Cek satu per satu baik dengan menggunakan kamera belakang maupun kamera depan smartphone ini. Jika sudah, maka silakan putuskan apakah kamu mau memiliki ponsel pintar produk lokal ini atau tidak. Bila perlu kamu bisa bandingkan dengan hasil pemotretan smartphone sejenis lainnya.

Pastinya akan jauh lebih unggul Advan seri S50 ini. Dengan harga terjangkau saja, kamu sudah bisa memiliki ponsel yang bisa digunakan untuk memotret dengan hasil bagus. Ditambah lagi, kamu juga dapat menikmati fitur-fitur unggulan lainnya. Dijamin akan sangat memuaskan.

10.  Daya Saing

Harga yang ditawarkan smartphone ini memang sesuai rata-rata ponsel pintar sejenis lainnya. Hanya mulai dari 1 jutaan saja, kamu sudah bisa mendapatkan ponsel ini. Tentu sangat ramah kantong sehingga aman untuk dibeli.

Jika dibandingkan dengan ponsel pintar setara lainnya, tampaknya lebih baik kamu memilih smartphone ini. Sebab, spek yang dimiliki ponsel pintar ini lebih mutakhir dibandingkan kompetitor sejenis lainnya. Kamu tidak akan rugi setelah membeli ponsel pintar ini.

11.  Aplikasi dan Sistem Android

Hal lain yang tidak kalah penting ialah bahwa smartphone ini sudah dilengkapi dengan sistem Android GO. Sistem ini tidak jauh berbeda dengan Android Oreo Standar. Hanya saja sistem Android GO memiliki entry level dengan RAM maksimal sebanyak 1 GB.

Hal ini tentunya akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih cepat. Performa smartphone bisa berjalan lebih cepat sampai 15% dibandingkan smartphone level sejenis lainnya. Hanya saja karena sistemnya yang cepat, maka akan membuat smartphone ini memiliki file size lebih kecil.

———-

Advan S50 adalah ponsel pintar keluaran Advan yang patut kamu miliki. Jenis smartphone entry level ini memiliki desain good looking yang sangat nyaman digenggam. Karena itulah kamu wajib memilikinya. Apalagi untuk budget terbatas. Mulai dari 1 jutaan saja, kamu sudah bisa memilikinya.

Review Advan S50

Leave a Reply

Your email address will not be published.