Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Advan S6 Plus

Posted on

Advan meluncurkan produk terbarunya yang dirilis tahun 2019 silam. Gadget tersebut bernama Advan S6 Plus. Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas lebih lengkap mengenai fitur, harga, kelebihan dan kelemahan dari ponsel lokal Indonesia ini.

Spesifikasi Advan S6 Plus

Advan S6 Plus

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Advan tipe S6 Plus dalam bentuk tabel:

RilisMaret 2019
Ukuran Layar5.5 inci
Resolusi Layar480 x 960 pixel
CPUQuad Core
GPUMali-T820
Memori Internal8 GB
Kapasitas Memori EksternalKapasitasnya bisa mencapat 128 GB
Kamera depan dan belakangSama-sama 5 MP
Kapasitas Baterai2450 mAh
RAM1 GB
KoneksiMicroSD

Harga Advan S6 Plus

Berikutnya adalah harga yang banyak orang ingin tahu. Dengan berbagai spesifikasi yang didapatkan di atas, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 600 ribuan saja. Murah banget kan?

Harga ini sudah terjangkau meskipun ada beberapa kelemahan yang ada dalam seri S6 Plus.

Kelebihan Advan S6 Plus

Spesifikasi Advan S6 Plus 

Kamu perlu untuk mengetahui kelebihan dari Advan S6 Plus ini agar bisa membandingkannya dengan ponsel lain sehingga dapat memilih mana yang terbaik. Berikut adalah kelebihan dari Advan merek S6 Plus.

1. Layar yang Baik dan Berkualitas

Kelebihan pertama yang akan kita bahas adalah dari layarnya. Layar yang tersedia pada merk perangkat tipe ini memiliki ukuran yang tergolong sedang karena hanya 5,5 inci.

Meskipun begitu, layarnya memiliki resolusi yang cukup baik yaitu bisa mencapai 480 x 980 piksel. Dengan kualitas ini, Anda dapat melihat video atau gambar dengan cukup jelas walaupun tidak sebagus dengan HP canggih lainnya yang bisa sampai 1080 p.

Selain itu, pada seri S6 Plus sudah memiliki teknologi IPS.

2. Performa Baik

Kelebihan selanjutnya dari Smartphone S5 Plus yaitu memiliki performa yang cukup baik karena CPU nya sudah Quad Core 1,3 GHz. Dengan kekuatan ini, sudah cukup bagi ponsel untuk menjalankan berbagai aplikasi di latar belakang ponsel.

Selain itu, Seri S6 Plus ini juga mendukung kapasitas memori internal sebesar 8 GB. Kamu juga masih bisa menambahkan kartu SD yang memiliki kapasitas sampai 128 GB. Ini sudah cukup bagi pengguna yang menggunakan HP sewajarnya.

Aplikasi yang diunduh juga bisa dijalankan dengan baik meski dengan catatan harus terdiri dari aplikasi yang ringan. Jadi, masih bisa melakukan download aplikasi YouTube, media sosial, sampai dengan WA.

Namun, jika melakukan download aplikasi berat, maka kinerja akan bergerak lambat.

3. Kualitas Kamera Cukup Baik

Advan S6 Plus memiliki kelebihan lainnya yaitu memiliki fitur kamera yang cukup baik. Kamera depan dan belakangnya memiliki kualitas 5 MP. Selain itu, ada fitur LED flash yang akan membantumu untuk memperjelas objek ketika malam hari.

Dengan resolusi yang standar ini, hasil foto yang ditampilkan oleh S6 Plus cukup baik dan masih memiliki kualitas yang mumpuni jika diposting di akun media sosial Anda.

Fitur bagus lainnya adalah fitur beauty yang dapat mempercantik tampilan foto kamu. Bisa mengubah tingkat kecerahan, menambah bingkai, stiker, atau ubah desain foto menjadi tambah menarik.

4. Face ID

Dari segi keamanan, Advan S6 Plus ini dapat diacungi jempol. Hal ini karena sudah ada fitur Face ID yang digunakan ponsel canggih pada umumnya. Dengan adanya deteksi pengenalan wajah ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengunci perangkat.

Dengan demikian, tidak sembarang orang bisa membuka ponsel kamu. Jadi, fitur Face ID adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Advan meski dengan harga yang super murah.

5. Baterai dapat Dilepas

Kelebihan Advan S6 Plus

Kelebihan lanjutan dari seri S6 Plus ini yaitu dapat melepas baterai karena bukan termasuk baterai tanam. Mengapa ini menjadi kelebihan? Saat ini memang banyak HP yang memiliki baterai tanam.

Namun, teknologi canggih dari baterai tanam ini memiliki kekurangan yaitu sulit untuk dilakukan perbaikan jika mengalami kerusakan. Biaya yang dikeluarkan untuk baterai tanam juga tidak sedikit.

Namun, berbeda dengan gadget yang dapat dicabut pasang seperti Advan tipe S6 Plus. Dengan adanya baterai ini memungkinkan perbaikan yang lebih mudah. Bahkan jika rusak total, baterai dapat diubah dengan tipe yang sejenis sehingga lebih cepat menggantinya.

Harga untuk mengganti baterainya juga lebih murah dibandingkan baterai tanam.

Kekurangan Advan S6 Plus

Pembahasan berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah kekurangan dari Advan dengan seri S6 Plus. Langsung saja, ini dia kekurangan dari Advan merk S6 Plus.

1. Desainnya Lawas

Kelemahan pertama dari ponsel ini sebenarnya memiliki desain yang lawas. Ini masuk akal karena HP tersebut sudah dirilis sejak 2019. Oleh sebab itu, tampilan fisik dari perangkat ini sudah agak lawas. Ada bingkai layar yang tebal sehingga membuat layar tidak penuh.

Bahan untuk casingnya juga berasal dari plastik sehingga mudah untuk terkelupas atau tergores. Selanjutnya, tidak ada notch yang umumnya dimiliki oleh Smartphone canggih.

2. Masih Pakai Micro USB

Adapun untuk konektivitas HP, masih menggunakan port USB yang masih lama yaitu Micro USB. Sedangkan untuk Smartphone canggih saat ini, sudah menggunakan USB tipe-c untuk mengirim file atau bertukar file.

Advan tipe ini juga masih termasuk kelas low entry. Hal ini menandakan bahwa saat kamu melakukan transfer data dari HP ke laptop, loading yang terjadi lebih lambat dibandingkan menggunakan USB tipe-C.

3. Tidak Cocok Bagi Pecinta Game

Kekurangan Advan S6 Plus

Kekurangan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah tidak cocok untuk bermain game. Banyak para pengguna Android yang menginginkan hiburan game dalam ponselnya sehingga senang untuk mengunduh berbagai aplikasi.

Namun sayangnya itu tidak berlaku pada merk yang satu ini. S6 Plus hanya memberikan memori 8 GB dengan RAM yang hanya 1 GB sehingga tidak cukup untuk mendownload aplikasi game yang umumnya berat. Contohnya seperti PUBG, Mobile Legend, Free Fire, dsb.

Oleh sebab itu, Smartphone hanya cukup untuk menjalankan aplikasi yang ringan. Untuk mengakalinya, kamu bisa bermain game secara online menggunakan situs.

Tidak perlu untuk mendownload aplikasi yang dapat menghabiskan ruang penyimpanan.

4. Kapasitas Baterai yang Minim

Kelemahan selanjutnya adalah kapasitas baterai yang hanya 2400 mAh saja. Ini memungkinkan baterai sering habis apabila dipakai terlalu lama. Adapun jika tidak dipakai berlebihan, baterai bisa bertahan sekitar 8 jam saja.

Jadi, meskipun ada keuntungan dari baterainya yang dapat dibongkar pasang, ada kelemahan dari segi kapasitasnya..

5. Tidak Punya Sensor Sidik Jari

Kelemahan yang terakhir yaitu tidak ada sensor sidik jari. Padahal, seri S6 plus sudah dilengkapi dengan fitur canggih Face ID. Namun, itu tidak berlaku pada sensor sidik jarinya. Berbeda dengan HP lain yang sudah memiliki kedua fitur yaitu sidik jari dan pengenalan wajah.

Advan S6 Plus worth it untuk dibeli jika kamu menginginkan tipe Android yang murah tetapi memiliki fitur yang standar. Ini juga cocok digunakan bagi pemula agar bisa belajar terlebih dahulu.

Video Promosi Official Advan S6 Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published.