Review Advan S4T: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Posted on

Advan S4T sudah dirilis sejak tahun 2016 lalu. Advan memang seringkali mengeluarkan produk terbarunya dan yang tidak boleh kamu remehkan adalah tipe ini yang menargetkan segmen entry level. Untuk info lebih lanjut, simak review, spesifikasi, sampi dengan harganya.

Spesifikasi

Berikut adalah spesifikasi dari Smartphone Advan S4T:

Jenis PerangkatSmartphone
Dimensi12,5×6,3×0,99
Tipe LayarTFT
Ukuran4 inci
Ada tidaknya layar sentuhAda
Resolusi800 x 480 pixel
Sistem OperasiAndroid OS, V5.1
RAM512 MB
Penyimpanan internal4 GB
SensorProximity dan 3D Gravity
CPUQuad-core 1.2 GHz
Resolusi kamera depan dan belakang2 MP
FlashAda
WiFiAda Wifi Direct
BluetoothVersi 4.0 A2DP
GPSA-GPS
USBMicro USB v2.0
Jaringan3G/HSDPA
Kecepatan jaringanHSPA
Kapasitas Baterai1300 mAh

Harga Advan S4T

Kamera Advan S4T

Produk S4T dari Advan memang selalu memberikan kemudahan bagi penggunanya dan jelas diperuntukkan untuk orang kelas menengah karena harganya yang terjangkau. Untuk mendapatkan Advan seri ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 500 ribuan.

Dengan adanya harga tersebut membuat penggunanya semakin mudah untuk mendapatkannya karena nominal ini dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Ini akan cocok bagi kamu yang ingin memiliki Smartphone dengan berbasis Android.

Harga ini tergolong murah dan terjangkau dengan kelebihan yang nantinya akan dijelaskan dalam penjelasan berikut ini.

Kelebihan dan Fiturnya

Bagi kamu yang masih bingung untuk membeli ponsel ini, berikut akan kami berikan kelebihan dan fiturnya sebagai bahan pertimbangan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Desain yang Menarik

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah dari segi visual Advan jika dilihat secara fisik. Desainnya khas dan yang memiliki bentuk simpel tetapi eye-catching.

Casingnya juga tidak mudah luntur karena warnanya dibuat dengan 3 lapis cat yang terdiri dari UV, cat pating, sampai lapisan vernis.

Dengan adanya pelapisan dalam casing ini membuat Smartphone menjadi anti licin sehingga mudah dipegang. Ada dua warna seri S4T Advan yang bisa dipilih yaitu abu-abu dan emas. Warnanya terlihat elegan.

Kemudian, dari segi display yang ditampilkan juga cukup menarik dan warna yang disajikan juga cukup jelas karena warnanya sampai 16 M. Resolusi yang ditawarkan juga cukup jelas untuk ponsel dengan harga yang cukup murah ini.

Resolusinya yaitu: 480×800 piksel dengan didukung kerapatan sampai 233 ppi. Adapun untuk fitur layarnya dilengkapi dengan multitouch yang memudahkan kamu untuk menggunakan gadget menjadi lebih nyaman.

2. Hardware & Software

Seri S4T Advan yang cocok untuk pemula ini memiliki desain yang sederhana tetapi sudah memiliki dapur pacu yang unggul sehingga performa menjadi lebih stabil. Namun, sayangnya chipsetnya belum diketahui detailnya.

Sistem operasinya mampu menjalankan aplikasi meskipun tentu terbilang rendah. Sistem operasinya yaitu dari Android v5.1 Lollipop. Kinerja yang dijalankan akan terasa cukup ringan.

RAM-nya memang terbilang sedikit tetapi ini cocok untuk pengguna Android pemula atau untuk diberikan kepada anak kamu yang sudah cukup umur.

Sedangkan untuk GPUnya sendiri mampu untuk memainkan game ringan yang standar. Kurangnya memori internal ini juga akan kesulitan untuk membuat penggunanya leluasa memainkan perangkat ini.

Namun, kamu bisa menambahkan microSD tambahan sehingga aplikasi yang penting dan file data lainnya dapat tersimpan di memori card ini. Adapun batasan maksimal untuk pengisian memori eksternal adalah 32 GB.

Adanya memori tambahan tersebut dapat mengatasi masalah kurangnya tempat penyimpanan internal.

3. Kamera Advan

Semua fitur yang ada di ponsel ini bisa dibilang standar termasuk pada kameranya. Kamera hanya dibekali kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi hanya 2 MP saja. Tentu kamera yang tertangkap juga tidak akan menghasilkan kualitas terbaik.

Namun, kelebihan dari kamera ini adalah sudah memiliki LED Flash yang memungkinkan kamu untuk membuat pencahayaan menjadi lebih baik di tempat gelap.

4. Konektivitas

Kekurangan Advan S4T

Dalam segi jaringan, Advan mendukung jaringan 3G dan 2G. Ini merupakan jaringan lama membuat kamu dapat berinternet. Selain itu, ada fitur jaringan yang tak kalah wajib dipunya yaitu dapat melakukan WiFi atau hotspot untuk mendapatkan jaringan internet secara gratis.

Untuk melakukan pemindahan file, kamu bisa menggunakan Bluetooth maupun micro USB. Fitur ini juga termasuk standar dan umum dimiliki oleh HP lainnya.

Dalam keterbatasannya, Advan S4T sudah memiliki dual sim yang membuat pengguna dapat praktis menggunakannya sesuai kebutuhan. Jadi, data dan nomor telepon dapat lebih dari satu.

5. Baterai

Baterai yang ada di Advan mendukung semua operasional dasar yang dimilikinya. Hal ini membuatnya tidak perlu membutuhkan daya yang besar untuk aplikasi yang normal.

Namun, apabila digunakan untuk aplikasi yang berat bahkan aktif terus, ini membuat baterai cepat habis.

Kekurangan HP

Adapun kekurangan dari Advan S4T ini adalah sebagai berikut:

1. Belum Support 4G LTE

Kekurangan pertama dari ponsel Android ini yaitu tidak bisa mendukung jaringan 4G. Hal ini karena S4T dirilis lama dan sudah termasuk gadget konvensional.

Jadi, yang bisa didukung mulai dari jaringan H+ sampai dengan 3G. Jadi, terkadang koneksi internetnya menjadi lambat sehingga akan terasa mengganggu terutama jika kamu sedang mengakses aplikasi yang berat.

2. Layar Masih TFT

Layarnya bukan seperti Smartphone modern lainnya karena masih terbuat dari teknologi TFT. TFT ini memiliki fungsi untuk menampilkan visual dari layar. Namun, kekurangannya adalah boros baterai.

Selain itu, penggunaan layar ini juga menimbulkan warna hitam yang bukan aslinya sehingga terlihat seperti berbayang. Tidak seperti ponsel dengan layar LCD atau IPS yang cukup jelas dan tidak ada perubahan warna yang terjadi.

3. Belum Ada Proteksi Layar

Dibandingkan model Advan tipe terbarunya yang sudah memiliki proteksi layar Corning Gorilla Glass, untuk Advan tipe lama ini masih belum ada proteksi layarnya.

Dengan demikian, kamu perlu menambahkannya jika ingin melindungi layar dengan membeli proteksi layar secara terpisah.

4. RAM dan ROM Kurang Besar

Selanjutnya adalah Advan tipe ini memiliki RAM dan ROM yang masih sedikit sehingga tidak bisa mengunduh aplikasi berat. Aplikasi yang diunduh juga terbatas dan harus ringan agar bisa dijalankan.

Ini akan membuat fungsi perangkat menjadi lebih berkurang apalagi jika kamu ingin mendownload game atau media sosial yang berat seperti Instagram.

5. Kapasitas Baterai Minimalis

Kekurangan selanjutnya yaitu memiliki kapasitas baterai minimalis sehingga kamu perlu mengisi daya secara berkala apalagi jika digunakan terus-menerus.

Baterai bisa cepat habis dan membuat kamu terganggu jika diperlukan untuk kebutuhan penting. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu perlu membawa power bank agar bisa mengisi daya dimanapun berada.

6. Navigasi A-GPS

Kekurangan terakhir dari Advan tipe ini adalah masih menyediakan navigasi A-GPS. Sistem ini adalah teknologi penunjuk arah yang berbasis satelit. Namun, ada kelemahan yang didapat dari navigasi ini.

Tingkat keakuratannya tidak selalu tepat atau presisi. Jadi, ketika koordinat yang tercantum dalam A-GPS ini tidak selalu benar dan ada faktor kesalahan yang berpengaruh terhadap keakuratan GPS.

Advan S4T adalah Smartphone standar yang cocok bagi kamu yang menginginkan performa menengah untuk memenuhi fungsionalnya yang wajar (telpon, kirim sms, chatting).

Video Promosi Official Advan S4T

Leave a Reply

Your email address will not be published.