Review Advan S5E Full View: HP 800 Ribuan Terbaik

Posted on

Pada kesempatan ini, kamu akan membaca penjelasan lengkap tentang Advan S5E. Smartphone ini pertama kali dirilis pada Mei 2017 yang lalu dengan jaringan yang sudah 4G. Smartphone ini sempat menjadi pilihan banyak orang yang ingin punya Android harga murah.

Sekilas Tentang Advan S5E

Advan S5E

Seri S5E dari Advan sudah pernah dirilis beberapa kali dalam versi yang berbeda. Ada S5E 4G, 4GS, dan yang paling baru adalah S5E Full View. Pada kesempatan kali ini, yang akan dibahas adalah S5E versi Full View.

Versi S5E yang satu ini merupakan pengembangan sekaligus penyempurnaan dari S5E yang sudah ada sebelumnya. Salah satu penyempurnaan yang dilakukan oleh Advan di smartphone ini adalah dari segi tampilan atau display.

Sebelumnya, S5E versi biasa tidak menggunakan layar penuh. Di bagian bawah layar terdapat bezel cukup tebal yang digunakan untuk menaruh tombol home, back, dan recent. Sedangkan di S5E versi full view, tombol-tombol seperti itu tidak bisa lagi kamu jumpai.

Seluruh bagian depan HP dipenuhi dengan layar dan tidak menyisakan ruang di bagian bawah untuk meletakkan tombol. Hal ini membuat ukuran layar bisa lebih besar dengan ukuran bodi yang terbilang mirip.

Perbedaan berikutnya ada pada kamera utama atau kamera belakang yang digeser ke bagian sudut atas. Di seri S5E sebelumnya, kamera diletakkan di bagian tengah smartphone.

Spesifikasi Advan S5E

Spesifikasi Advan S5E

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Advan S5E Full View, sebaiknya Anda perhatikan tabel yang ada di bawah ini.

Informasi Umum
Rilis2018
Jenis jaringan4G,3G, dan 2G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi13,9 x 6,62 x 0,86 cm
MaterialBodi dan bingkai plastik
Display
Jenis layarIPS
Ukuran5″
Refresh rate60 Hertz
Rasio18:9
Resolusi960 x 480 pixel
Kerapatan199 dpi
ProteksiTidak ada
Processing Hardware
ChipsetSpreadtrum SC9850
GPUMali-T820
CPUQuad core ARM COrtex-A7 1,3 GHz
Memori
Memori Internal8 GB
RAM1 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama5 MP
Depan8 MP
Konektivitas
BluetoothYa
WLANYa
USBmicroUSB 2.0
GPSYa
Baterai
Kapasitas2.000 mAh
JenisLi-Po
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
Sistem OperasiAndroid Nougat 7.0

tokopedia button

lazada button

Keunggulan

Keunggulan Advan S5E

Mereview smartphone Advan S5E akan terasa tidak adil kalau kita melihatnya dengan kacamata tahun 2022. Kita harus menilainya dengan sudut pandang saat smartphone itu dirilis, yaitu pada 2018. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh S5E Full View.

●        Harga Sangat Terjangkau

Keunggulan pertama yang tidak bisa dipungkiri adalah harga yang sangat terjangkau dari Advan seri S5E Full View. Smartphone ini sangat murah, bahkan banderol harganya saat pertama kali dirilis adalah kurang dari 1 juta rupiah.

Seiring dengan berjalannya waktu, harga HP ini juga akan turun. Karena harganya yang super murah untuk kelas smartphone Android entry level, banyak orang yang akhirnya menjatuhkan pilihan pada Advan seri S5E Full View untuk dibeli.

●        Sudah Menggunakan Jaringan 4G

Saat tahun 2018, masih ada banyak smartphone yang masih belum mendukung jaringan 4G. Terutama untuk smartphone Android yang berada di kelas entry level. Namun Advan rupanya tidak ingin membuat konsumen kecewa.

Pihaknya sudah melengkapi seri S5E dengan teknologi jaringan 4G. Dengan begitu, penggunanya bisa mengakses internet dengan kecepatan lebih tinggi. Selain itu, jaringan internet 4G juga jauh lebih hemat baterai jika dibandingkan dengan 3G.

●        Ukuran Layar Cukup Lega

Sebelum seri Full View dirilis ke pasaran, S5E hadir dengan tampilan layar yang tidak penuh. Di bagian bawah layar tersebut terdapat baris tombol yang mau tidak mau mengurangi luas layar.

Selanjutnya Advan merilis S5E seri Full View yang memiliki tampilan layar lebih luas. Kamu bisa mendapatkan layar berukuran 5 inci dengan rasio 18:9. Ukuran layar 5 inci sudah cukup lega untuk smartphone keluaran tahun 2018.

●        SOC Cukup Bisa Diandalkan

Salah satu kelemahan utama dari smartphone entry level adalah kemampuan SOC atau prosesornya. Namun kamu tidak akan mengeluhkan performa Spreadtrum yang disematkan pada Advan S5E Full View. Prosesor ini sudah memiliki kecepatan hingga 1,3 Giga Hertz.

Kecepatan tersebut sudah cukup baik untuk smartphone keluaran 2018. Untuk menjalankan aplikasi ringan, SOC Spreadtrum sangat bisa diandalkan. Jangan bandingkan dengan smartphone keluaran 2022 yang 4 tahun lebih muda.

●        Dilengkapi LED Flash pada Kamera

Keunggulan yang terakhir dari S5E Full View adalah kamera yang sudah dilengkapi dengan LED Flash. Hal ini membantu smartphone kamu menangkap gambar dengan kualitas lebih baik di kondisi low light.

Kelemahan

Kelemahan Advan S5E

Meski memiliki keunggulan seperti yang sudah dijelaskan di atas, S5E Full View masih tetap memiliki beberapa kelemahan. Adapun kelemahan dari smartphone ini ada di sektor memori serta baterai. Penasaran bagaimana reviewnya? Simak penjelasan di bawah ini.

●        Memori dan RAM Terbatas

Kamu tentu sudah melihat tabel spesifikasi Advan seri S5E Full View di atas bukan? Berdasarkan tabel spesifikasi di atas, RAM yang dimiliki smartphone ini hanya 1 GB. RAM ini sudah digunakan setengahnya untuk menjalankan sistem Android secara default.

Jadi, kamu tidak bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan. Kalau tetap dipaksa, HP akan lag, bahkan hang dan tidak mau merespons sama sekali. Sangat tidak nyaman, bukan?

Untuk kapasitas memori internalnya sendiri juga terbilang kecil. Kamu hanya akan mendapatkan penyimpanan sebesar 8 GB. Kapasitas ini terasa sangat kurang. Kamu mungkin tidak akan bisa menginstall banyak aplikasi atau menyimpan banyak file.

Tapi tak perlu terlalu khawatir karena Advan seri S5E Full View memiliki slot memori eksternal. Kamu bisa menambahkan Micro SD Card pada slot tersebut. Batas maksimal kapasitas SD card tersebut adalah 64 GB.

●        Kapasitas Baterai Kecil

Satu hal lagi yang menjadi kelemahan untuk Advan seri S5E Full View adalah kapasitas baterai yang kecil. Kapasitasnya hanya 2.000 mAh. Dalam keadaan full charge, baterai tersebut mungkin tidak akan bertahan seharian.

Kapasitas baterai yang kecil kurang cocok untuk kamu yang menggunakan smartphone secara intens. Mungkin kamu bisa mengecas HP ini dua kali dalam sehari. Ada baiknya sediakan power bank jika kamu banyak beraktivitas di luar rumah.

Jika punya budget lebih, sebaiknya kamu mencari smartphone lain untuk mendapatkan kapasitas baterai yang lebih besar.

Harga Advan S5E

Saat dirilis pertama kali, S5E Full View dijual dengan harga 800 ribuan. Harga yang sangat murah untuk sebuah smartphone Android yang sudah mendukung jaringan 4G. Saat 2018, masih banyak smartphone yang masih belum menggunakan jaringan 4G.

Dengan harga yang hanya 800 ribuan dalam keadaan baru, seluruh kekurangan yang sudah dijelaskan di atas rasanya bisa dimaklumi.

Setelah membaca penjelasan lengkap tentang review Advan S5E Full View di atas, apakah kesimpulan yang bisa kamu ambil? Smartphone dari Advan ini adalah salah satu alternatif untuk orang-orang yang ingin punya smartphone dengan harga murah.

tokopedia button

lazada button

Video Promosi Official Advan S5E

Leave a Reply

Your email address will not be published.