Review Lengkap Advan G9, Cuma 1 Jutaan

Posted on

Pada awal 2021 lalu, Advan kembali merilis salah satu lini produk terbaru. Namanya adalah Advan G9 yang dijual dengan harga 1 jutaan saja. Dengan harga semurah itu, Advan seri G9 membawa banyak keunggulan. Simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan review lengkapnya.

Advan G9

Spesifikasi Lengkap Advan G9

Spesifikasi Lengkap Advan G9

Sebelum membahas lebih jauh mengenai smartphone Advan seri G9, sebaiknya kamu simak tabel spesifikasi lengkapnya di bawah ini terlebih dahulu.

Informasi Umum
RilisAgustus 2021
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual nano SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi16,5 x 7,63 x 0,95 cm
Bobot191 gram
MaterialBodi dan bingkai plastik
WarnaGreen blue, gold blue
Display
Jenis layarIPS LCD
Ukuran6,6″
Refresh rate60 Hertz
Rasio20:9
Resolusi720 x 1600 pixel
Kerapatan layar266 dpi
ProteksiTidak ada
Processing Hardware
ChipsetUnisoc SC9863A
GPUPowerVR GE8320
CPUOcta Core

4×1.6 GHz Cortex-A55

4×21,2 GHz Cortex-A55

Memori
Memori Internal32 GB
RAM4 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama16 MP wide + 3 x 0,3 MP
Depan8 MP wide
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 b/g/n
USBMicro USB 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas5.200 mAh
JenisLi-Po
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorProximity, akselerometer, ambient light
Sistem operasiAndroid 10

tokopedia button

lazada button

Kelebihan

Kelebihan Advan G9

Terdapat beberapa hal yang menjadi keunggulan atau kelebihan dari smartphone Advan G9. Berikut ini rangkuman keunggulan-keunggulannya.

●        Ukuran Layar Besar

Hal pertama yang diandalkan dari smartphone satu ini adalah ukuran layarnya yang besar. Ukuran layar yang diberikan oleh Advan untuk seri G9 adalah 6,6 inci dengan resolusi HD. Layar sebesar ini sudah cukup untuk meningkatkan pengalaman saat menonton video atau film.

Layar berukuran besar ini juga sudah didukung dengan bezel cukup tipis. Bahkan Advan juga sudah mengadopsi teknologi tear drop untuk menaruh speaker, kamera, dan beberapa sensor. Dengan begitu, ukuran layar terasa lebih lega dan besar.

Meski ukuran layarnya besar, sertifikasi Widevinenya hanya L3. Hal ini membuat kamu tidak bisa nonton Netflix HD di smartphone ini. Kalau hobi nonton Netflix, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli G9.

●        Kapasitas Baterai Besar

Nggak cuma ukuran layarnya saja yang besar. Ada satu lagi hal besar yang bisa kamu dapatkan dari smartphone Advan seri G9, yaitu kapasitas baterainya. Bagaimana tidak besar, smartphone ini menyediakan baterai dengan kapasitas 5.200 mAh.

Padahal smartphone lain yang ada di pasaran rata-rata hanya menggunakan baterai 4.000 hingga 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai besar, kamu nggak perlu sering-sering charging HP. Sekali charge sampai penuh, kamu bisa menggunakannya secara intens selama seharian.

Kalau kamu adalah tipe orang yang tidak terlalu sering menggunakan HP, baterai Advan G9 ini pasti akan jauh lebih awet.

●        Speaker Bagus

Smartphone Advan keluaran dua tahun belakangan ini memang sudah menggunakan speaker dengan kualitas bagus. Meski belum dilengkapi dengan dual speaker atau stereo, smartphone ini bisa menghasilkan suara yang enak didengar dan lantang.

Speaker yang bagus akan membuat kamu lebih nyaman ketika menonton video, mendengarkan musik, bahkan bermain game.

Advan tidak hanya ingin memanjakan pengguna dengan speaker berkualitas, kamu juga berkesempatan mendapatkan earphone JBL secara gratis yang disertakan dalam paket penjualan.

●        Quad Camera

Single camera sudah nggak jaman lagi di 2022 ini. Nggak heran kalau Advan memilih untuk menggunakan quad camera di produk G9 kali ini. Kamera yang digunakan ada 4 jumlahnya. Untuk konfigurasinya sendiri bisa kamu lihat di bawah ini.

Terdapat 1 buah kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2. Dibantu dengan 3 buah lensa yang ukurannya seragam yaitu 0,3 MP. Untuk membantu kamu di kondisi low light atau backlight, terdapat LED flash yang bisa diaktifkan saat dibutuhkan.

●        Face Unlock

Keunggulan selanjutnya dari Advan seri G9 adalah kehadiran face unlock. Meski tidak menggunakan teknologi face ID seperti di Apple, performa face unlock di G9 ini sudah bisa bekerja dengan baik. Meski begitu, kamu mungkin akan kesusahan kalau sedang menggunakan masker atau saat gelap.

Keberadaan face unlock ini adalah pertanda bahwa Advan tidak main-main dalam menghadirkan produk yang berkualitas.

●        Desain Bodi Apik

Satu lagi keunggulan yang bisa kamu temukan dari Advan seri G9 adalah desainnya yang apik. Kamu bisa menyandingkannya dengan smartphone merek lain seperti Xiaomi, bahkan Samsung. Desainnya sama sekali nggak ketinggalan zaman dan terlihat kekinian.

Pada bagian belakang atau back door terdapat material plastik yang didesain dengan pola reflektif. Ini menampilkan kesan premium. Ditambah dengan modul kamera yang seolah menjadi pusat dari desain HP tersebut.

Sedangkan di bagian depan, kamu bisa melihat layar full display yang sudah dilengkapi dengan tear drop. Penampilan smartphone ini akan semakin terlihat menarik ketika dipadukan dengan casing bawaan Advan yang unik.

Kekurangan

Sedangkan kekurangannya juga akan dirangkum di bawah ini. Mengetahui kekurangan smartphone memang wajib dilakukan untuk pertimbangan sebelum membeli. Ini dia kekurangan dari Advan seri G9.

●        Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Meski sudah terdapat teknologi deteksi wajah untuk keamanan, Advan ternyata tidak menambahkan sensor sidik jari pada produknya yang satu ini. Hal ini sangat disayangkan karena sensor sidik jari lebih bisa diandalkan pada semua situasi.

Hal ini menjadi nilai minus bagi Advan karena tidak sedikit smartphone entry level yang sudah menambahkan sensor sidik jari. Umumnya, mereka meletakkan sensor tersebut di bagian belakang smartphone.

●        Tidak Dilengkapi NFC

Sensor di smartphone entry level ini juga terbilang minim. Jangan harap kamu bisa menemukan NFC pada smartphone murah yang satu ini. Andai Advan berani membawa teknologi NFC di ponsel murahnya, hal tersebut pasti akan menjadi gebrakan baru.

Namun hal ini masih sangat bisa dimaklumi mengingat masih sangat sedikit smartphone entry level yang sudah memiliki NFC.

●        Tidak Support Fast Charging

Kapasitas baterai smartphone Advan G9 ini memang sangat besar, yaitu 5.200 mAh. Sayangnya, smartphone Android ini masih belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

Jadi, kamu hanya bisa charging HP ini dengan kecepatan 10 Watt saja. Butuh waktu lebih dari 2 jam untuk charge dari 0 hingga 100%.

●      Tidak Cocok Untuk Gaming

Satu kekurangan terakhir dari Advan seri G9 adalah Soc atau chipsetnya. Meski dibuat untuk tujuan gaming, ternyata game yang bisa dimainkan di HP ini cukup terbatas. Kamu mungkin tidak bisa memainkan game berat seperti Genshin Impact di HP 1 jutaan tersebut.

Advan G9 adalah pilihan terbaik untuk kamu yang sedang mencari HP Android murah di tahun 2022. Namun ada beberapa kekurangan dari smartphone ini yang mungkin sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum membelinya.

 

tokopedia button

lazada button

Video Promosi Official Advan G9

Leave a Reply

Your email address will not be published.