Review Advan GX: HP Gaming 1 Jutaan

Posted on

Merek Advan sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pentolan smartphone di kelas entry level. Cukup lama vakum, pada Juli 2021 lalu dirilislah Advan GX. Smartphone ini cukup menarik perhatian publik dengan segala kelebihan yang disematkan padanya.

Review Advan GX HP Gaming 1 Jutaan

Spesifikasi Advan GX

Spesifikasi Advan GX

 

Penasaran seperti apa spek lengkap dari Advan seri GX? Simak tabel di bawah ini untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya.

Informasi Umum
RilisJuli 2021
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual nano SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi17,33 x 7,83 x 0,89 cm
Bobot190 gram
MaterialBodi dan bingkai plastik
WarnaPutih
Display
Jenis layarIPS LCD
Ukuran6,82″
Refresh rate60 Hertz
Rasio20:9
Resolusi720 x 1640 pixel
Kerapatan layar262 dpi
ProteksiTidak ada
Processing Hardware
ChipsetUnisoc Tiger T618
GPUMali G52 MP2
CPUOcta Core

4×1.8 GHz Cortex-A55

4×2,0 GHz Cortex-A75

Memori
Memori Internal64 GB
RAM6 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama48 MP wide + 8 MP ultra wide + 2 MP macro + 0,3 MP depth
Depan25 MP wide
Konektivitas
Bluetooth5.0
WLAN802.11 b/g/n/ac
USBMicroUSB 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas5.200 mAh
JenisLi-Po
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorFingerprint (rear), proximity, akselerometer, gyro
Sistem operasiAndroid 11

tokopedia button

lazada button

Kelebihan Advan GX

Kelebihan Advan GX

Berikut ini adalah beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh Advan seri GX.

●        Layar Berukuran Besar

Kelebihan pertamanya adalah layar yang berukuran besar. Layar smartphone ini adalah 6,82 inci. Nyaris 7 inci dan menyerupai ukuran mini tablet. Dengan layar sebesar itu, kamu bisa melakukan banyak hal dengan lebih leluasa.

Misalnya adalah untuk menonton film, video Youtube, membaca e-book, atau bermain game. Namun ukuran layar yang super besar ini mungkin kurang cocok buat kamu yang lebih suka smartphone berukuran compact yang lebih mudah digenggam.

●        Dilengkapi Sensor Fingerprint

Beberapa smartphone Advan seri sebelumnya belum dilengkapi dengan sensor sidik jari. Padahal sensor ini lebih digemari oleh pengguna jika dibandingkan dengan face recognition. Advan rupanya mendengar keluhan konsumen dan gadget enthusiast.

Oleh karena itu, sensor fingerprint dihadirkan pada seri GX. Meski masih diletakkan di bagian belakang, kehadiran sensor keamanan ini sudah lebih dari cukup untuk melengkapi Advan seri GX dengan segala keunggulannya.

●        Performa Bisa Diandalkan

Advan memang dikenal dengan smartphone yang harganya murah. Sayangnya, smartphone dari merek ini kerap kurang bisa diandalkan. Namun Advan sudah berbenah saat meluncurkan seri GX tahun lalu.

Meski masih menggunakan Unisoc, performa dari Advan seri GX sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Kamu sudah bisa menggunakan smartphone ini untuk bermain game. SOC Octa Core dengan kecepatan 2 GHz sudah cukup untuk menjalankan game-game populer saat ini.

Bahkan beberapa tech reviewer juga sudah menjajal Advan seri GX ini untuk memainkan Genshin Impact.

Kalau untuk game saja sudah mampu, tentu smartphone ini akan lebih menyenangkan kalau dipakai untuk menjalankan media sosial. Aplikasi-aplikasi ringan seperti itu pasti bisa dilibas dengan mudah,

●        Baterai Besar

Baterai merupakan salah satu hal yang wajib dipertimbangkan kalau kamu akan membeli sebuah smartphone baru. Mengusung baterai Li-Po 5.200 mAh, Advan seri GX siap menemani aktivitas kamu seharian.

Sebelum seri GX, Advan juga sudah pernah menggunakan baterai dengan kapasitas sebesar ini. Setahun sebelumnya, yaitu pada 2020, Advan meluncurkan seri G9 Pro dengan kapasitas baterai yang sama besarnya.

Baterai berkapasitas 5.200 mAh tersebut hanya berukuran sebesar 5% setelah kamu pakai untuk bermain game Mobile Legends 20 menit lamanya.

●        RAM dan Memori Internal Lega

Satu hal lagi yang lega dari smartphone ini selain layar dan baterai, yaitu RAM dan memori internalnya. Kedua hal ini menjadi aspek paling dipertimbangkan ketika seseorang akan membeli sebuah smartphone baru.

RAM yang besar berkaitan dengan pengoperasian aplikasi dan multitasking. Sedangkan memori internal berhubungan dengan penyimpanan data serta file. Advan GX memiliki RAM sebesar 6 GB. Sedangkan memori internalnya adalah 4 GB yang sudah cukup lega.

●        Kamera Lengkap

Keunggulan yang terakhir dari Advan seri GX adalah konfigurasi kameranya yang cukup lengkap. Di bagian belakang, kamu akan menemukan 4 buah modul kamera yang disusun secara vertikal. Kamera utamanya adalah lensa wide dengan ukuran 48 MP.

Lensa utama tersebut ditemani dengan 3 lensa lain yang masing-masing adalah ultrawide 8 MP, macro 2 MP, dan depth 0,3 MP. Sedangkan untuk kebutuhan swafoto alias selfie, kamu bisa mengandalkan kamera depan yang punya ukuran 25 MP wide.

Kekurangan Advan GX

Kekurangan Advan GX

Kalau sudah bahan keunggulan, kurang lengkap rasanya kalau nggak bahas bagian minus dari smartphone seri GX dari Advan. Nah, biar kamu nggak penasaran, ini dia beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Advan seri GX.

●        Resolusi Layar Hanya HD

Ukuran layarnya memang besar. Tidak hanya besar, tapi bisa dibilang sangat besar. Sayangnya, layar sebesar itu hanya dibekali dengan resolusi HD. Jadi, rasanya akan kurang puas ketika menonton film atau bermain game menggunakan HP ini.

Advan memilih untuk menggunakan resolusi HD saja pada seri GX untuk menekan biaya produksi. Kalau dipaksa untuk menggunakan resolusi FHD, mungkin harganya bisa 2 jutaan.

●        Desain Bodi Biasa Saja

Selain layar, bodi pada smartphone ini biasa saja. Tidak ada yang spesial. Kamu juga mungkin sudah sering menemukan bahasa desain seperti ini pada kebanyakan smartphone yang ada saat ini.

Di bagian depan, kamu akan menemukan layar penuh dengan bezel tipis dan poni kecil bergaya tear drop di bagian atas. Pada bagian belakangnya nyaris polos. Kamu hanya akan menemukan body glossy berwarna putih dengan sensor sidik jari dan modul kamera di salah satu sudutnya.

●        Tidak Ada Pilihan Warna

Kekurangan yang terakhir dari Advan GX adalah minimnya pilihan warna yang tersedia. Bayangkan saja, smartphone seri ini hanya memiliki satu jenis warna, yaitu putih. Jarang sekali ada brand yang hanya memiliki satu pilihan warna untuk smartphonenya.

Kalau kamu tidak masalah dengan warna putih, GX dari Advan bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk dibeli. Lain halnya kamu tidak suka dengan gadget warna putih. Semoga saja Advan tidak mengulangi kesalahan ini saat meluncurkan smartphone seri lainnya.

Harga Advan GX

Hal terakhir yang wajib dibahas saat mereview gadget adalah harganya. Apakah kamu bisa menebak berapa harga dari Advan seri GX yang sedang dibahas kali ini?

Benar sekali, kamu bisa mendapatkan smartphone satu ini dengan harga 1 jutaan aja. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah smartphone berkapasitas baterai besar dan sudah bisa digunakan untuk bermain game.

Dari penjelasan mengenai review Advan GX di atas, bisa disimpulkan bahwa smartphone ini cukup murah untuk spesifikasi yang diberikan. Tentu beberapa kekurangannya akan menjadi sangat wajar mengingat harganya yang bisa dibilang sangat murah.

tokopedia button

lazada button

Video Promosi Official Advan GX

Leave a Reply

Your email address will not be published.