Advan i5C Plus, Kandidat Kuat Raja HP Low-end

Posted on

Vendor dalam negeri Advan, kembali meluncurkan seri smartphone yakni Advan i5C Plus. Smartphone ini hadir di kelas low-end, dan kabarnya membawa spesifikasi yang mumpuni serta tidak kalah dengan spek dari smartphone low-end keluaran vendor yang lainnya.

Spesifikasi Advan i5C Plus

Advan i5C Plus

Ya, I5C Plus ini memang digadang-gadang siap untuk membuat persaingan di kelas low-end semakin ketat. Lalu apakah hal tersebut sesuai dengan spesifikasi yang dibawanya? Langsung saja, mari kita simak tabel spek HP Advan i5C Plus yang ada di bawah ini.

KeluaranAgustus 2017
Platform
RAM2 GB
ChipsetMT6737
Penyimpanan16 GB, up to 64GB
CPUQuad core 1,5 GHz + GPU Mali-400MP
Sistem OperasiAndroid v5.1 Lollipop
Kamera Belakang
Single Camera8 MP
Video720p @30fps
FiturAutofocus, LED Flash
Kamera Depan
Single Camera5 MP
Video720p @30fps
FiturLED Flash
Bodi
Dimensi143 x 72.4 mm
WarnaHitam, Putih
LayarIPS LCD Capacitive 5.0 inci
Proteksi
BateraiLi-Po (2600 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G (GSM 900 / 1800), 3G (WCDMA 2100), 4G (LTE Cat 4 150/50 Mbps)
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth4.0, A2DP
GPSA-GPS
NFCNo
USBUSB Type-C
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorAccelerometer, Proximity
RadioFM Radio

Review Advan i5C Plus

Review Advan i5C Plus

Dari tabel spesifikasi yang ada di atas, sebenarnya sudah bisa diketahui apa saja yang dimiliki oleh smartphone keluaran dalam negeri tersebut. Namun jika kamu merasa masih kurang jelas, mari kita bahas lebih rinci lagi tentang i5C Plus.

Desain dan Layar

Bodi dari HP ini, masih terbuat dari bahan plastik. i5C Plus mengusung layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels, dan kerapatan 294 ppi. Dengan ukuran tersebut, tentu saja akan membuat bodi fisiknya terasa cukup lebar untuk digenggam, namun tetap bisa leluasa untuk mengoperasikan.

Kemudian untuk tipe layar yang digunakan, smartphone yang satu ini menggunakan layar tipe IPS Capacitive touchscreen 16 M colors, sehingga membuatnya tampak cukup jernih dan juga tajam. Namun sayangnya, HP ini belum dilengkapi dengan proteksi layar untuk menahan goresan dan benturan.

Selain itu, tidak ada pula sensor fingerprint untuk keamanannya. Meskipun begitu, hal ini bisa dimaklumi karena pasar yang dituju memang kelas low-end. Pada intinya, desain luar dari i5C Plus ini sudah cukup membuat para pengguna merasa lebih percaya diri.

Hardware dan Software

Untuk dapur pacunya, ponsel besutan Advan ini menggunakan sistem operasi yang tergolong cukup baru, yakni Android Nougat. Tentu saja hal ini bisa menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh perangkat ini, mengingat rata-rata perangkat sekelasnya belum menggunakan OS Android Nougat.

Tidak hanya itu, tampilan dari HP ini juga mampu menarik, karena adanya dukungan sistem antarmuka IDOS yang dikolaborasikan dengan chipset Mediatek da juga processor Quad-Core berkecepatan 1.25 GHz. Chipset advan i5c plus ini akan didukung dengan RAM 2 GB untuk menambah kinerjanya.

Walaupun masih tergolong standar, namun kapasitas RAM tersebut sudah terbilang cukup untuk penggunaan harian. Ponsel ini juga menggunakan GPU Mali-720, yang akan membuat grafis yang ditampilkan menjadi lebih baik.

Kamera Depan dan Belakang

Nah, mungkin kamu akan merasa sedikit kecewa karena perangkat ini hanya dibekali dengan resolusi kamera depan sebesar 8 MP serta kamera belakang yang terbilang standar, yaitu 5 MP. Tetapi, dengan resolusi kamera depan yang lebih besar dari kamera utama, sepertinya HP ini lebih cocok untuk selfie.

Terlebih lagi, kamu juga akan menemukan fitur fotografi yang cukup lengkap seperti Sticker Selfie, Beauty Selfie, Sweet Selfie, Filter Selfie, hingga Video Selfie. Selain itu, baik kamera depan maupun kamera belakang advan i5c plus ini pun juga sudah mendukung perekaman video yang cukup baik.

Konektivitas

Kemudian untuk sektor konektivitas internetnya, Advan i5C Plus telah mendukung konektivitas jaringan 4G LTE. Seperti yang kita tahu, jaringan tersebut mampu memberikan kecepatan download hingga 150 Mbps serta kecepatan upload mencapai 50 Mbps.

Jadi bisa bebas berselancar di dunia maya dengan cepat tanpa takut akan internet yang lelet. Untuk jenis kartu yang digunakan, smartphone besutan vendor dalam negeri ini menyediakan dua buat slot untuk kartu SIM.

Jadi kamu bisa mengganti kartu sesuai kebutuhan, ataupun menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan. Tidak lupa, HP ini juga telah dilengkapi beberapa fitur konektivitas yang sangat dibutuhkan seperti bluetooth, sistem navigasi Anda-GPS, hingga USB berjenis microUSB v2.0.

Pastinya hal tersebut bisa menjadi sebuah kelebihan tersendiri bagi perangkat kelas pemula ini. Di samping itu, jika melihat segmennya yang menyasar kelas menengah ke bawah, memang tidak bisa dipungkiri lagi jika sektor konektivitas menjadi salah satu hal yang sangat diunggulkan oleh HP ini.

Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

Kekurangan Advan i5C Plus

Bisa dikatakan jika kapasitas dan daya tahan baterai menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan pada saat akan membeli sebuah HP. Nah, untuk menopang daya pada saat digunakan, Advan i5C Plus memiliki baterai dengan kapasitas 2600 mAh.

Apabila kamu melihat spesifikasi yang dibawa olehnya, baterai dari HP yang satu ini memang terbilang terasa sangat pas untuk menyuplai kebutuhan daya energi. Dengan besaran kapasitasnya, kamu dapat menggunakan HP ini seharian penuh dalam penggunaan secara normal.

Akan tetapi, jika kamu ada seorang pengguna gadget yang aktif, maka kamu membutuhkan suplai daya cadangan seperti powerbank agar HP yang digunakan tetap hidup dalam waktu yang lebih lama. Suplai daya cadangan juga sangat diperlukan saat kamu bepergian jauh.

Namun jika kamu keluar rumah hanya sebentar atau tidak sampai seharian, tentu saja tidak perlu menyiapkan suplai daya cadangan. Hal ini karena jika baterai pada awal penggunaan sudah berada dalam kondisi penuh, maka baterai tersebut telah mencukupi ketika dibawa.

Kelebihan dan Kekurangan Advan i5C Plus

Nah, kini saatnya kita merangkum apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari i5C Plus dari beberapa penjelasan di atas. Mari kita mulai dari kelebihannya terlebih dahulu, sekiranya di bawah ini beberapa kelebihan dari HP tersebut.

  • Desain HP yang terbilang keren dan juga stylish.
  • Layar bertipe IPS Capacitive touchscreen, yang membuat tampilan gambar tampak jelas.
  • Penggunaan OS Android Nougat, yang terbilang masih baru.
  • Filter kamera yang cukup lengkap, untuk memenuhi kebutuhan pengambilan gambar.
  • Dukungan teknologi 4 LTE yang mampu menyediakan konektivitas jaringan internet super cepat.

Sama halnya seperti semua smartphone yang lainnya, i5C Plus ini juga masih mengantongi beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Langsung saja, berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh i5C Plus.

  • Resolusi layar yang belum Full HD, jadi tidak benar-benar tajam.
  • Tidak memiliki proteksi layar, sehingga rawan akan goresan.
  • Tidak memiliki sensor Fingerprint untuk menambah keamanan HP.
  • Resolusi kamera yang terbilang cukup rendah, dan kurang mampu untuk menghasilkan foto dan video yang baik.
  • Daya pacu yang kurang jika digunakan untuk aktivitas-aktivitas berat, seperti bermain game, grafis, dan lain sebagainya.

Harga Advan i5C Plus

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki Advan i5C Plus dalam kondisi baru, untuk saat harga dari HP tersebut berada di angka Rp1,5 jutaan. Namun jika ingin mencari yang bekas, maka sediakan dana paling tidak Rp700 ribuan.

Video Promosi Official Advan i5C Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published.