Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Advan S50K

Posted on

Advan memang terkenal dengan produk-produknya yang murah namun berkualitas. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu smartphone entry-level yang sempat “trendy” pada masanya, yakni Advan S50K. Jika kamu penasaran dengan HP buatan dalam negeri ini, mari kita bahas bersama selengkapnya.

Spek Advan S50K

Advan S50K

Nah, kita mulai dulu dari spek atau spesifikasi yang dihadirkan. Dirilis beberapa tahun lalu dan menjadi smartphone kelas entry-level, kamu jangan terlalu berharap jika HP ini membawa spek yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak tabel spesifikasi yang ada di bawah ini.

KeluaranJuli 2017
Platform
RAM1 GB
CPUQuad Core 1.2 GHz
Penyimpanan8 GB (support microSD hingga 32 GB)
GPU
Sistem OperasiAndroid 6.0 (Marshmallow)
Kamera Depan
Single Camera5 MP, f/2.2
Video1080p @30fps
FiturLED flash
Kamera Belakang
Single Camera13 MP, f/2.0
Video1080p @30fps
FiturLED flash, Autofocus
Bodi
Dimensi142.8 x 73 x 10.5mm
WarnaBlack, White
LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M warna (480 x 854 piksel)
Proteksi
BateraiLithium Ion (2000 mAh), removable
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G (GSM 800 / 900 / 1800 / 1900), 3G (HSDPA 900 / 2100)
SIMHybrid Dual SIM
Dukungan
Bluetooth4.0, A2DP
GPSNo
NFCNo
USBmicroUSB 2.0
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
Sensor
RadioFM Radio

Kelebihan Advan S50K

Kelebihan Advan S50K

Setelah tahu rincian spesifikasi yang dibawa, kini saatnya untuk membahas tentang kelebihan dan kekurangan HP Advan S50K. Nah, kita mulai dulu dari kelebihannya, kira-kira berikut ini beberapa kelebihan dari seri s50k yang dulu banyak disukai pengguna smartphone.

1. Desain simpel nan elegan

Bisa dibilang jika s50k hadir dengan desain bodi “Glassy Body Design” yang membuatnya nampak simpel dan elegan. Glassy Body Design sendiri merupakan seperti kaca mengkilap yang akan membuat tampilannya terlihat cantik.

Desain bodinya tersebut, seolah HP yang satu ini terlihat seperti smartphone dengan harga mahal, lho. Selain itu, finishing pada desainnya juga dapat dikatakan cukup baik. Akan tetapi, Glassy Body Design tersebut bukan berarti jika bodi dari ponsel ini dibuat dari materi kaca sungguhan.

Kamu harus ingat, jika bodinya hanya nampak seperti kaca. Ya, wajar saja bodi HP kelas entry-level masih terbuat dari plastik. Hanya saja, pengemas bodi yang sangat baik, membuatnya perlu diapresiasi karena membuatnya benar-benar cantik.

2. Fitur idOS yang fungsional

Sama seperti ponsel besutan Advan yang lain, seri s50k ini mengusung antarmuka asli Indonesia bernama idOS. Banyak yang bilang jika UI idOS ini adalah tampilan antarmuka yang cukup baik. Kamu akan merasakan berbagai fitur menarik dari UI yang satu ini.

s50k sendiri menggunakan idOS versi 6.1.2 yang terkenal dengan navigasi yang lebih smooth. UI ini juga hadir dengan beberapa fitur yang menarik untuk dicoba. Beberapa diantaranya seperti Anti theft/jahil, Super AppLock, dan juga Guest Mode.

Anti theft/jahil adalah fitur yang akan melindungimu dari akses orang asing ke HP kamu. Ketika ada orang yang salah masukkan password hingga tiga kali, maka Advan akan mengambil foto dari orang yang mencoba mengakses ponsel melalui kamera depan otomatis.

Apps Lock, akan mengamankan perangkat dengan mengunci aplikasi tertentu untuk menjaga privasi pengguna. Kemudian Guest Mode, akan membuatmu tetap tenang untuk meminjamkan ponsel tanpa khawatir adanya akses yang tidak diinginkan.

3. Tiga slot dan baterai removable

Terdapat tiga buah slot dalam perangkat s50K ini, yaitu dual SIM serta satu buah slot microSD. Hal ini berarti kamu dapat menggunakan dua kartu secara bersamaan, sekaligus memasang memori tambahan jika dibutuhkan.

Ketiga slot tersebut ada di bagian belakang, karena s50k masing mengusung baterai removable alias bisa dilepas. Nah, penggunaan baterai removable ini juga menjadi salah satu keuntungan, karena kita bisa dengan mudah untuk menggantinya.

4. Dukungan USB-OTG

Satu hal menarik dari HP ini, yakni adanya dukungan USB-OTG. Perlu kamu tahu, sangat jarang ada HP lokal yang tekah mendukung fitur yang satu ini, lho. Dengan fitur ini, kamu bisa memindahkan data dari HP ke USB ataupun sebaliknya dengan lebih mudah.

Kekurangan Advan S50K

Kekurangan Advan S50K

Mungkin dulunya s50k merupakan salah satu smartphone yang banyak digunakan. Ya, wajar saja hal ini karena pada saat itu belum banyak smartphone harga terjangkau dengan spesifikasi yang tinggi. Namun jika dinilai pada tahun ini, s50k memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut ini.

1. Performa Rendah

Seperti yang telah disebutkan dalam tabel spesifikasi, HP ini masih menggunakan CPU Quad Core 1.2 GHz. Walaupun prosesornya memiliki empat inti alias quad core dengan kecepatan 1,2 GHz, namun tetap saja kinerja dari ponsel ini terasa lambat.

Selain itu, CPU tersebut hanya didukung dengan RAM sebesar 1 GB saja. Tentunya ukuran RAM yang hanya 1 GB, menjadi kendala bagi para pengguna smartphone jaman sekarang. Dapat dipastikan akan ada banyak aplikasi yang tidak bisa digunakan.

Kemudian untuk kapasitas memori internal nya juga hanya 8GB saja. Jelas saja, saat ini kebanyakan aplikasi ukurannya sudah besar, dan memori 8GB akan terasa sangat kurang. Ya, walaupun kamu bisa memperbesar dengan memori eksternal 32GB, tetapi masih saja kurang lega.

2. Masih Menggunakan OS Marshmallow

HP yang satu ini masih menggunakan OS yang berbasis pada Android 6.0 Marshmallow. Ya, untuk saat ini, umumnya HP terbaru sudah menghadirkan Android OS 12, Maka bisa digunakan jika penggunaan dari OS Marsmallow ini adalah suatu kekurangan.

Terlebih lagi, Advan juga tidak memberikan pembaruan pada OS pada HP ini agar bisa ditingkatkan. Jika kamu menggunakan s50k, bisa dipastikan jika akan ada banyak aplikasi yang tidak dapat diinstall. Mungkin hanya aplikasi-aplikasi keluaran lama saja.

3. Ukuran baterai kecil

Kapasitas dari seri s50k ini hanya 2.000 mAh saja. Bisa dibilang jika baterai Advan S50K sangat kecil. Jadi jika kamu sedang bepergian, maka disarankan untuk selalu membawa power bank. Hal ini karena daya tahan dari baterainya tergolong singkat.

4. Resolusi layar kecil

Vandroid s50k memiliki bentang layar seluas 5 inch, dengan tingkat resolusinya masih 480 x 854 piksel. Ukuran layar tersebut, tergolong kecil dan juga belum HD. Jadi gambar yang ditampilkan di layar bisa dikatakan belum terlalu tajam.

Jadi, layar ini akan membuat mata kamu merasa kurang nyaman pada saat nonton video. Terutama untuk penggunaan dalam waktu yang cukup lama, akan membuat mata kamu terasa cepat lelah.

Harga Advan S50K

Apabila kamu berminat untuk memiliki Advan S50K ini, maka cukup menyediakan budget sekitar Rp. 600 ribuan. Namun menurut beberapa sumber, harga baru dari ponsel ini kini sekitar Rp 680.000. Silahkan pertimbangkan dulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli HP yang satu ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.