Advan i5C Lite, Eks ‘HP Sultan’ yang Wajib Dimiliki

Posted on

Seiring dengan trend gadget saat ini, dual kamera menjadi salah satu hal yang wajib keberadaannya. Akan tetapi, HP dengan fitur tersebut biasanya harganya relatif mahal. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada Advan i5C Lite yang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang budget-nya terbatas.

Spek HP Advan i5C Lite

Advan i5C Lite

Setelah tahu jika i5C Lite adalah HP murah yang punya dual kamera, mungkin kamu berpikir jika spek yang dibawa tidak terlalu menjanjikan. Namun apakah hal itu benar, jika spek dari HP ini rendah? Agar kamu tidak penasaran, silahkan perhatikan tabel spesifikasi berikut ini.

KeluaranNovember 2017
Platform
RAM1 GB
ChipsetSC9850K
Penyimpanan8 GB
CPUQuad Core
Sistem OperasiAndroid v5.1 Lollipop
Kamera Belakang
Single Camera5 MP (Dual 8 + 0)
Video720p @30fps
FiturPenandaan
Kamera Depan
Single Camera5 MP
Video720p @30fps
Fitur
Bodi
Dimensi144.6 x 71 mm
WarnaBlack, Gold
LayarIPS LCD (HD x 1280)
Proteksi
BateraiLi-Po (2500 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G (GSM 900 / 1800), 3G (WCDMA 2100), 4G (LTE B3 / BB)
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth4.0
GPSA-GPS
NFCNo
USBMicroUSB v2.0
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorSensor Cah, Fingerprint
RadioFM Radio

Review hp Advan i5C Lite

Advan i5C Lite

Usai membaca tabel spesifikasi di atas, apakah kamu sudah paham dengan jelas mengenai apa saja yang dimiliki oleh HP tersebut? Jika belum tidak usah khawatir, mari kita bahas secara jelas melalui review yang ada di bawah ini.

1. Dapur Pacu dan Tenaga

Nah, kita mulai bahas dari spesifikasi yang dibawanya terlebih dahulu. Bicara soal spek alias spesifikasi, kamu tidak bisa berharap terlalu banyak. Ya, HP ini menggunakan Chipset andalan Advan, yakni SC9850K dengan empat inti, namun hal itu ternyata tidaklah cukup.

Pasalnya, kinerja dari chipset Advan i5C Lite tersebut hanya disokong oleh RAM sebesar 1GB dengan dukungan memori internal 8GB saja. Meski sudah membawa Android v5.1 Lollipop, namun kecepatan yang dihasilkan oleh HP ini juga terbilang biasa saja, yakni hanya mampu mencapai clock 1.3 GHz saja.

2. Desain dan Layar

Advan i5C Lite sendiri mengusung layar dengan ukuran 5 inci yang telah menggunakan teknologi IPS LCD kapasitif. Ini adalah sebuah kelebihan yang patut untuk diapresiasi mengingat harga dari HP ini yang tergolong murah, namun mampu memberi teknologi yang cukup baik.

Nah, dari segi desain bodinya, mungkin akan mengingatkan kamu pada beberapa produk Apple yang sempat jaya pada masanya, yakni iPhone 6 dan juga 6S. Hal ini bisa kamu lihat dari setiap lekukan yang ada pada sudut-sudut dari bodi HP tersebut.

Apabila kamu melihatnya dari sisi bagian belakang, dapat dikatakan jika smartphone yang satu ini terlihat cukup keren. Kamu akan menemukan susunan dari fitur fingerprint dan dual kamera secara horizontal yang akan membuatnya tampak elegan.

Tapi sangat disayangkan, karena seri i5C Lite belum menggunakan desain fullview ala-ala HP jaman sekarang. Jadi jika dilihat dari sisi depan, HP ini terlihat sedikit kuno karena masih ada beberapa bagian body di sisi atas dan bawah.

3. Kamera dan Baterai

Kemudian untuk urusan kamera dan baterai, memang i5C Lite ini telah dibekali dengan fitur dual kamera. Akan tetapi, dual kamera belakang tersebut hanya memiliki resolusi 8MP + 0.3MP saja. Jadi bisa dibilang jika dual kamera pada HP ini hanya sebatas “gaya” saja, karena hasilnya juga kurang maksimal.

Lalu untuk kamera depan, Advan hanya membekalinya dengan kamera beresolusi 5MP. Kamera tersebut nantinya akan didukung dengan fitur LED Flash yang akan mendukung pengambilan gambar atau video pada tempat yang gelap.

Sedangkan di bagian baterai, HP yang satu ini mempunyai baterai dengan kapasitas daya sebesar 2.500 mAh. Ya, kapasitas daya baterai tersebut, memang menjadi standar dan juga digunakan pada beberapa seri i5C lainnya.

Kelebihan Advan i5C Lite

Advan i5C Lite Real Photo

Dari review yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya sudah bisa disimpulkan kelebihan dan kekurangan dari HP yang satu ini. Namun untuk lebih memastikannya, mari kita rangkum mulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

  • Walaupun mengusung desain dengan bodi yang terbuat dari plastik, namun tampilan yang dihadirkan tetap terkesan sangat cantik dan juga menarik.
  • Dengan layar berukuran 5.0 inci dan resolusi 720 x 1280 pixels, tentunya membuat HP ini sangat ideal dan nyaman pada saat digunakan untuk bermain game maupun menonton video. Hal ini juga didukung oleh paduan teknologi layar IPS LCD yang disematkan di dalamnya.
  • Selain itu, teknologi layar IPS LCD ini juga dikenal mampu memberikan akurasi warna layar agar terlihat lebih jernih dan jelas.
  • Telah mendukung jaringan cepat 4G LTE yang sangat kencang dan mulus pada saat digunakan untuk menjelajahi berbagai macam sosial media.
  • Ada fitur fingerprint, yang akan membantu kamu untuk mengamankan HP dengan menggunakan sidik jari.

Kekurangan Advan i5C Lite

Tidak hanya kelebihan saja, HP ini ternyata juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Sesuai seperti review yang sudah diberikan sebelumnya, berikut ini beberapa kekurangan dari Advan seri i5C Lite yang perlu kamu tahu.

  • Kinerja dari prosesor yang digunakan pada HP ini masih tergolong rendah, yakni SC9850K. Bahkan kecepatan clock-nya saja hanya mencapai angka 1.3 GHz.
  • Ukuran RAM yang dimiliki hanya 1 GB, yang tentunya akan menjadi kendala pada saat multitasking alias membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Terlebih lagi, kebanyakan aplikasi jaman sekarang juga membutuhkan RAM yang cukup besar.
  • Memori Internal yang digunakan hanya 8 GB saja. Seperti yang telah diketahui, ukuran dari aplikasi-aplikasi keluaran terbaru cukup besar, bahkan bisa lebih dari 1GB untuk satu aplikasi saja.
  • Walaupun luas memori tersebut masih bisa diperluas menggunakan microSD mencapai 32 GB, namun tentu saja kamu masih membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpan berbagai macam file penting yang dibutuhkan.
  • Meski telah dibekali dengan sistem dual kamera di bagian belakang, namun resolusi dari kamera tersebut hanya resolusi 8MP + 0.3MP. Ya, dengan resolusi kamera seperti itu, sebenarnya hal ini sama saja karena hasil foto yang diinginkan juga tidak akan bisa maksimal.
  • Kamera depan atau kamera selfie-nya memiliki resolusi 5 MP. Walaupun sudah cukup baik, namun resolusi sebesar itu masih terasa kurang, terutama bagi kamu yang suka melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan kamera depan.
  • Kapasitas daya baterainya hanya 2200 mAh. Bisa dibilang jika daya baterai 2200 mAh tersebut sangatlah kecil. Jadi jika kamu bepergian dengan jarak yang jauh, kamu harus mempersiapkan power bank karena daya baterai dari HP ini tergolong cepat habis.

Silahkan pertimbangkan beberapa hal di atas sebelum kamu membeli i5C Lite. Jangan sampai kamu menyesal setelah membelinya, ya. Nah, jika kamu tertarik untuk memilikinya, harga hp Advan i5C Lite saat ini ada di angka Rp800 ribuan.

Video Promosi Official Advan i5C Lite

Leave a Reply

Your email address will not be published.