Review Advan G2, Si Mid Range yang Kaya Fitur

Posted on

Ngomongin Advan memang nggak pernah bisa dilepaskan dari image Android murah. Salah satu produk yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah Advan G2. Saat pertama dirilis, harga jual smartphone ini adalah 2 jutaan.

Tentang Advan G2

Advan G2

Advan seri G2 diluncurkan pada bulan Februari 2018 yang lalu. Kalau dilihat sekilas, tampilan luarnya sangat mirip dengan iPhone 7 atau iPhone 8. Tak sedikit pembeli yang tertarik karena desain tersebut.

Kalau dibandingkan dengan smartphone Advan lain, G2 ini terbilang punya harga yang cukup tinggi. Dibanderol dengan harga 2 jutaan, G2 bisa dikategorikan ke kelas menengah atau mid range. Berbeda dengan kebiasaan Advan yang kerap merilis smartphone low end alias entry level.

G2 merupakan generasi penerus dari seri G yang sudah ada sebelumnya, yaitu G1. Karena berada di kelas mid range, Advan seri G2 tampil lebih menawan dibanding seri lainnya yang dibanderol dengan harga 1 jutaan atau kurang.

Advan meluncurkan seri G2 sebagai pembuktian bahwa merek lokal juga bisa bersaing di mid range bersama dengan merek-merek luar negeri. Seperti apa review lengkap dari Advan seri G2? Yuk, simak penjelasannya.

Spesifikasi Lengkap Advan G2

Spesifikasi Lengkap Advan G2

Sebelum membahas soal review, ada baiknya kita lihat dulu bagaimana spesifikasi lengkap dari Advan G2. Yuk, simak bareng-bareng di tabel berikut ini.

Informasi Umum
RilisFebruari 2018
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi15,63 x 7,64 x 0,76 cm
Bobot159 gram
MaterialMetal
WarnaBlack
Display
Jenis layarLTPS LCD
Ukuran5,5”
Rasio16:9
Resolusi1920 x 1080 pixel
Kerapatan401 dpi
PerlindunganStratch Resistant Glass
Processing Hardware
ChipsetMediatek MTK 6750 T
GPUMali T720 MP2
CPUQuad Core 1.3 GHz
Memori
Memori Internal32 GB
RAM3 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama13 MP
Depan16 MP
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 b/g/n, hotspot
USBUSB Type C
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas3.500 mAh
JenisLi-ion
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorProximity, akselerometer, gyroscope, compass, Face ID
Sistem operasiAndroid 7 (Nougat)

Kelebihan Advan G2

Kelebihan Advan G2

Smartphone Advan seri G2 memiliki banyak kelebihan atau keunggulan. Yuk, simak penjelasannya.

●        Desain Elegan

Kalau dilihat sekilas dan tidak terlalu detail, orang akan mengira kamu menggunakan iPhone ketika memegang Advan seri G2. Banyak yang berpendapat bahwa desain HP ini mirip dengan iPhone 7 atau iPhone 8.

Hal pertama yang membuat smartphone ini tampak elegan adalah pemilihan material full metal untuk bodi dan rangkanya. Karena terbuat dari metal, tampilannya menjadi glossy.

Saat kamu menggenggamnya, kesan solid akan langsung terasa. Semakin menguatkan bahwa Advan seri G2 memang benar-benar elegan.

●        Sensor Keamanan Lengkap

Hal selanjutnya yang menjadi keunggulan dari Advan G2 adalah sensor keamanannya. Ada dua jenis sensor yang disertakan pada produk ini.

Sensor yang pertama adalah sidik jari atau fingerprint. Sensornya diletakkan di bagian bezel di bawah layar. Desain seperti ini mengingatkan kita pada iPhone, bukan?

Nggak cukup dengan fingerprint, Advan juga menambahkan satu lagi jenis sensor keamanan di HP ini. Namanya adalah face ID atau face recognition. HP ini diberi kemampuan untuk mengenali wajah pemiliknya.

Jadi, hanya wajah kamu yang bisa membuka kunci smartphone ini. Orang lain tidak bisa melakukannya karena tidak dikenali oleh sistem.

●        Kualitas Kamera Bagus

Meski hanya menggunakan single camera di bagian belakang dan depan, kualitasnya tidak perlu diragukan. Kamera belakangnya memiliki sensor berukuran 13 MP yang dilengkapi dengan autofocus. Sangat cocok untuk mengabadikan momen yang ada di sekitar kamu.

Sedangkan untuk kamera depannya menggunakan sensor berukuran lebih besar, yaitu 16 MP. Cocok banget buat kamu yang suka selfie. Foto juga bisa tampak lebih terang karena sudah ada LED flash di kamera depan dan belakang.

●        Interface yang Menarik dan Smooth

Android Nougat yang dipadukan dengan idOS merupakan kombinasi sempurna. Keduanya mampu menghasilkan interface yang menarik. Yang lebih menyenangkan lagi adalah performanya sangat smooth.

Membuka dan menutup aplikasi atau berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain sangat mudah dilakukan. Tidak ada lag sama sekali.

●        Kapasitas Memori Besar

Untuk ukuran smartphone yang dirilis pada tahun 2018, Advan G2 sudah membawa memori dengan ukuran yang besar. Baik internal memori maupun RAM sama besarnya.

Internal memori yang ada di smartphone ini berukuran 32 GB. Sudah sangat cukup untuk menyimpan ribuan file, foto, dan video. Kamu juga nggak perlu khawatir memori cepat penuh saat install banyak aplikasi.

Sedangkan RAM yang dimiliki oleh smartphone ini berukuran 3 GB. Kapasitas yang sudah cukup besar untuk menjalankan multitasking.

●        Tahan Akan Percikan Air

Salah satu musuh terbesar dari benda-benda elektronik adalah air. Tapi kamu nggak perlu khawatir kalau punya Advan seri G2.

Pasalnya, smartphone ini sudah mengantongi sertifikat tahan percikan air. Akan sangat aman jika tiba-tiba ada cipratan air mengenai smartphone kamu. Keringkan saja menggunakan tisu atau kain lap hingga bersih.

●        Sensor Gyro untuk Para Gamers

Keunggulan terakhir dari Advan seri G2 adalah sensor yang sudah lengkap. Smartphone ini sudah memiliki gysroscope serta sensor kompas. Kedua sensor ini akan sangat berguna untuk para gamers,

Beberapa game memang sudah dilengkapi dengan sensor software untuk gyro dan compass. Namun pengalamannya tentu akan lebih menyenangkan kalau HP kamu sudah dilengkapi dengan kedua sensor tersebut.

Kekurangan Advan G2

Kekurangan Advan G2

Nggak bisa dipungkiri, setiap smartphone tidak hanya memiliki kelebihan. Namun ada juga kekurangan-kekurangan yang menyertai. Di bawah ini adalah beberapa kekurangan yang mungkin kamu temui dari Advan G2.

●        Chipset Kurang Bisa Diandalkan

Sudah menggunakan chipset Mediatek bukan berarti Advan seri G2 bisa ngebut. Di atas kertas saja kecepatan chipset ini cuma 1,3 GHz. Tentu kita nggak bisa berharap banyak dari kinerja chipsetnya.

Tapi kamu nggak perlu terlalu khawatir. Smartphone ini masih sangat mumpuni kalau kamu hanya menggunakannya untuk aktivitas yang ringan. Contohnya adalah membuka media sosial atau sekadar chatting.

●        Baterai Kurang Besar

Kekurangan yang berikutnya ada pada kapasitas baterai. Kapasitas baterai pada Advan seri G2 hanya 3.500 mAh. Cukup kecil dan kurang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas kamu seharian.

Kamu mungkin bisa mengecas 2 kali dalam sehari kalau aktivitas di smartphone cukup intens. Siapkan powerbank kalau kamu sedang keluar rumah.

●        Slot Kartu Hybrid

Advan memilih slot kartu hybrid untuk smartphone yang satu ini. Padahal di low end sudah menggunakan triple slot.

Karena menggunakan hybrid, kamu harus memilih untuk menggunakan 2 SIM tanpa SD Card atau 1 SIM dengan 1 SD Card. Bikin galau, kan?

Berdasarkan review di atas, harga 2 jutaan sebanding dengan semua keunggulan Advan G2. Apalagi smartphone tersebut dirilis pada 2018.

Video Promosi Official Advan G2

Leave a Reply

Your email address will not be published.